Sukses


Contoh Teks Moderator yang Bisa Dijadikan Bahan Belajar dan Referensi

Bola.com, Jakarta - Adanya seorang moderator dalam suatu acara menjadi hal penting bagi keberlangsungan acara tersebut. Moderator bisa menjadi satu di antara kunci sukses suatu acara.

Banyak orang yang menyamakan MC atau pembawa acara dengan moderator, padahal keduanya bisa dikatakan berbeda.

Seorang MC bertugas mengendalikan seluruh kegiatan, sedangkan moderator adalah pemegang kendali pada sesi tertentu dalam sebuah kegiatan setelah dipersilakan oleh MC.

Peran utama seorang moderator adalah mengendalikan sesi presentasi dari narasumber dan sesi tanya jawab atau diskusi.

Jika kamu ingin menjadi moderator yang baik dan menyukseskan suatu acara, kamu bisa mempelajari contoh teks moderator terlebih dahulu.

Berikut contoh teks moderator yang bisa dijadikan bahan belajar dan referensi, seperti dikutip dari laman Salamadian, Senin (23/1/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator Memperkenalkan Narasumber

Baiklah, hadirin sekalian, kini saatnya kita mendengarkan pemaparan dari pembicara pertama, yaitu Bapak XX. Beliau adalah seorang sastrawan yang sudah banyak menghasilkan karya puisi, khususnya yang bertema nasionalisme.

Bapak Wildan yang lahir di Bandung 50 tahun yang lalu, pernah dipercaya menjadi Ketua Dewan Kesenian tahun 1994-1998. Aktivitas kesenian beliau saat ini adalah sebagai penggiat sastra di Bengkel Puisi "Hati", Bandung.

Karya-karya beliau telah banyak mendapatkan apresiasi dan dipublikasikan di berbagai media massa, baik lokal maupun nasional. Selain itu, beliau telah menulis dua buah buku kumpulan puisi, yaitu Menjaring Matahari dan Indonesia, Cintaku.

Pada kesempatan kali ini, beliau akan menyampaikan makalah dengan judul "Peran Penting Puisi sebagai Karya Sastra untuk Menumbuhkan Nasionalisme pada Generasi Milenial". Baiklah, langsung saja kita simak paparan beliau. Kepada Bapak Wildan Syukri, kami persilakan.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator Acara Sosialisasi

Assalaamualaikkum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak dan ibu-ibu peserta sosialisasi Sensus Ekonomi 2019 yang saya hormati.

Baiklah, mari kita lanjutkan acara sosialisasi ini dengan mendengarkan pemaparan dari narasumber kita kali ini, yaitu Bapak/Ibu …………………….. (sebutkan namanya) dari ……………………….. (sebutkan instansi atau lembaganya).

Namun, sebelumnya, saya informasikan bahwa acara sosialisasi ini terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi oleh narasumber dan sesi kedua tanya-jawab. Selanjutnya, mari kita simak bersama pemaparan dari narasumber. Kepada Bapak/Ibu ……………………. saya persilakan.

Terima kasih atas pemaparannya, kita berikan tepuk tangan sekali lagi untuk narasumber.

Selanjutnya, kita masuki sesi tanya-jawab. Untuk termin pertama, saya akan memberikan kesempatan kepada tiga orang penanya. Kepada bapak dan ibu yang ingin bertanya harap menyebutkan nama dan instansinya.

Terima kasih atas pertanyaannya, silakan Bapak/Ibu ………………. menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ketiga peserta yang telah mengajukan pertanyaan.

Terima kasih atas jawaban yang diberikan, semoga cukup jelas bagi penanya.

Bapak dan ibu sekalian, demikianlah acara sosialisasi Sensus Ekonomi 2019 pada hari ini. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, kegiatan sensus ekonomi tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar.

Akhir kata, saya mohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara ini berjalan. Selanjutnya, saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator

Contoh Teks Moderator dalam Rapat

Selamat siang,

Yth. Bapak Azhar selaku Kepala Divisi Pemasaran dan rekan sekalian yang berbahagia.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Esa, berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini untuk melakukan rapat evaluasi bulanan. Saya, Andi, selaku moderator dan rekan saya, Bunga, yang akan menjadi notulen pada hari ini.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan kita lakukan pada hari ini adalah:

- Pembukaan

- Penyajian materi

- Sesi tanya jawab

- Penutup

Berhubung sesi pembukaan telah dilaksanakan maka sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Bagi pemateri, saya persilakan untuk memaparkan kepada peserta diskusi. Kepada penyampai materi, tempat dan waktunya saya persilakan.

Sesi Tanya Jawab Rapat pada Contoh Teks Moderator

Terima kasih kepada pemateri karena telah memberikan pemaparan yang jelas bagi kami.

Selanjutnya, kita akan memasuki sesi tanya jawab. Sebelum memulai sesi tanya jawab, saya akan membacakan beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan. Adapun beberapa ketentuan tersebut adalah:

1. Kesempatan untuk melakukan kegiatan tanya jawab akan disediakan sebanyak dua kali. Dengan jumlah pertanyaan pada masing-masing kesempatan adalah tiga pertanyaan dan dua kali sanggahan.

2. Sesi tanya jawab akan kami batasi sekitar lima menit.

3. Pada saat sesi tanya jawab sedang berlangsung, diharapkan para peserta diskusi untuk selalu tertib dan tenang.

Berdasarkan hasil diskusi pada hari ini, didapatkan beberapa kesimpulan. Adapun beberapa kesimpulan tersebut adalah:

a. Kenaikan gaji pegawai sebesar tiga persen akan diberlakukan mulai bulan depan.

b. Pegawai akan mendapatkan ekstra 10 persen dari gajinya sebagai bonus pada saat Lebaran.

Demikianlah poin kesimpulan yang sudah kita sepakati tadi, saya harap semua peserta diskusi dapat memakluminya.

Demikianlah diskusi kita pada hari ini mengenai rencana kenaikan gaji karyawan pada PT. Maju Jaya. Saya selaku moderator mohon maaf jika ada kesalahan baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian pada audiens.

 

Sumber: Salamadian

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer