Sukses


Cara Ampuh Menghilangkan Stres dengan Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari ada banyak hal yang bisa membuat stres, seperti hal yang berkaitan dengan pekerjaan, keluarga, serta kehidupan percintaan.

Stres dipahami sebagai sensasi ketegangan fisik atau emosional. Ini berasal dari situasi atau pikiran yang membuat orang merasa gugup, kesal atau frustrasi.

Stres yang dibiarkan bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, tak perlu khawatir, kamu bisa melakukan aktivitas olahraga sebagai alternatif penghilag stres.

Olahraga menjadi satu di antara cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan stres karena cara ini cenderung memiliki sedikit efek samping.

Saat kamu melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Selain itu, olaharga membuat otot pada tubuh menjadi lebih aktif sehingga melancarkan peredaran darah. Kesehatan tubuh pun ikut terjamin.

Berikut cara ampuh menghilangkan stres dengan melakukan olahraga, seperti dilansir dari Everydayhealth, Kamis (26/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres dengan Melakukan Olahraga

1. Yoga

Yoga adalah latihan pereda stres yang baik karena melibatkan kekuatan tubuh dan pikiran dikombinasikan dengan pernapasan dalam.

Ketika melakukan gerakan-gerakan yoga, kamu dituntut untuk memfokuskan pikiran dan membawamu ke dalam keseimbangan yang sehat.

Untuk menghilangkan stres, lakukan yoga atau yoga ringan untuk pemula. Kamu dapat mengambil kelas yoga secara intens untuk meredakan stres yang kamu rasakan.

2. Tai Chi

Seperti yoga, tai chi adalah serangkaian gerakan tubuh dan teknik pernapasan yang mengandalkan kelenturan tubuh dan konsentrasi.

Meski gerakan ini berakar pada seni bela diri, gerakan ini dimaksudkan untuk menenangkan pikiran dan mengondisikan tubuh, membuat tai chi menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan stres.

Menurut penelitian terbaru, latihan yang berkaitan dengan pikiran dan tubuh ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tai chi dapat membantu membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, dan bahkan meringankan gejala kondisi seperti gagal jantung, artritis, dan fibromyalgia.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres dengan Melakukan Olahraga

3. Tenis

Olahraga fisik yang cukup kuat, seperti tenis, dapat mencegah banyak kondisi terkait stres, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Lantaran kamu tidak dapat bermain tenis sendirian, olahraga ini membuatmu tetap terhubung dengan orang lain, yang merupakan satu di antara komponen kunci untuk mengurangi stres.

4. Joging, Bersepeda, dan Aktivitas di Luar Ruangan Lainnya

Lari jarak jauh, joging, bersepeda, dan berbagai macam aktivitas olahraga yang dilakukan di luar ruangan dapat membantu meredakan stres.

Hal itu lantaran melihat pemandangan di luar ruangan dan bersentuhan langsung dengan alam dapat meningkatkan suasana hatimu dan meredakan stres yang kamu rasakan karena banyaknya pikiran yang menumpuk dan tekanan di dalam hidup.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menghilangkan Stres dengan Melakukan Olahraga

5. Kickboxing

Kickboxing menjadi cara ampuh untuk mengurangi stres. Olahraga ini melibatkan gerakan meninju dan menendang terkontrol, yang dilakukan dengan disiplin.

Kamu bisa mendapatkan latihan yang cukup berat di kelas kickboxing, dan itu hanya satu di antara manfaat yang baik.

Kickboxing secara teratur akan membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasimu. Kickboxing juga cara yang bagus untuk mengatasi frustrasi. Memiliki pelampiasan untuk melepaskan energi dan amarah dapat meredakan stres.

6. Pilates

Pilates adalah rangkaian latihan yang menekankan keseimbangan tubuh, kekuatan tubuh, dan keselarasan yang tepat.

Dengan fokus pada penguatan dan peremajaan otot, pilates menciptakan keselarasan fisik yang dapat menurunkan stres serta menurunkan risiko seseorang terkena stres.

Seperti yoga, konsentrasi pikiran yang diperlukan saat melakukan pilates dapat sangat membuatmu menjadi merasa tenang dan terjauh dari rasa stres.

7. Aerobik

The American Council on Exercise (ACE) yang bekerja sama dengan Asosiasi Psikologis Amerika (APA) menemukan fakta bahwa olahraga, khususnya jenis aerobik, efektif untuk membantu seseorang dalam mengatasi stres.

Kamu disarankan untuk melakukan gerakan aerobik secara rutin, setidaknya sebanyak lima kali dalam seminggu, selama 30 menit tiap kalinya untuk mengeluarkan perasaan positif dalam tubuh.

 

Sumber: Everydayhealth

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer