Sukses


Cara Melakukan Yoga Alien beserta Risikonya yang Harus Dipahami

Bola.com, Jakarta - Yoga Alien alias nauli kriya termasuk shatkarma, yaitu jenis yoga yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Nauli kriya digunakan dalam praktik pengobatan tradisional India, Ayurveda.

Yoga alien lebih fokus untuk menguatkan otot-otot inti di perut. Selain itu, yoga alien diyakini bisa membantu menjaga kesehatan organ dalam, terutama organ pencernaan dan usus kecil.

Teknik yoga ini juga bisa membersihkan racun di saluran cerna. Nauli kriya dianggap dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.

Berdasarkan penelitian yang dimuat International Journal of Yoga, manfaat nauli kriya diduga bisa mendukung pengobatan gastroesophageal reflux disease (GERD) alias penyakit asam lambung.

Konsumsi obat GERD disertai latihan yoga alien secara rutin diyakini bisa membantu mengendalikan dan mengurangi gejala GERD.

Agar lebih paham lagi, berikut cara melakukan yoga alien beserta risikonya, disadur dari Klikdokter, Jumat (27/1/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Melakukan Yoga Alien

Pada dasarnya, sebelum melakukan yoga alien, kamu perlu menguasai latihan bandha atau mengunci badan. Untuk bisa menguasai bandha, kamu harus mempelajari sederet gerakan di bawah ini:

Latihan Uddiyana Bandha

Pertama, kamu perlu menguasai teknik uddiyana bandha atau mengunci perut. Caranya dengan mengangkat otot perut dan menguncinya pada posisi terangkat.

Kamu perlu meregangkan diafragma dan membawanya ke posisi setinggi mungkin. Ketika kamu menarik dan menahan napas, organ-organ perut akan terangkat ke posisi yang lebih tinggi dari biasanya.

Gerakan ini dapat menarik darah dari rongga perut ke dada dan jantung sehingga sirkulasi ke otot perut meningkat. Selain itu, perut yang terkunci mengurangi tekanan di pembuluh kapiler dan vena. Alhasil, aliran darah menjadi lebih lancar dan pertukaran cairan pun terjadi.

Latihan Jalandhara Bandha

Latihan jalandhar bandha alias mengunci tenggorokan bermanfaat untuk melenturkan otot perut. Kelenturan ini dapat memudahkan gerak bergulung otot perut ketika melakukan latihan yoga alien.

Latihan Agnisara Kriya

Agnisara kriya adalah teknik mencuci perut. Ketika teknik ini dilakukan, dinding perut mengembang dan mengerut dengan cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Latihan ini bermanfaat meningkatkan kekuatan organ pencernaan serta merangsang sistem kekebalan dan panas dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Melakukan Yoga Alien

Setelah menguasai ketiga teknik di atas, kamu bisa mulai melakukan yoga alien. Berikut cara melakukan yoga alien:

  1. Berdiri dan lebarkan kaki hingga 1-15 meter.
  2. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan buang melalui mulut. Kosongkan paru-paru sebanyak mungkin.
  3. Tekuk lutut dan condongkan tubuh ke depan. Letakkan telapak tangan di paha, tepat di atas lutut. Biarkan jempol menunjuk ke dalam dan jari lainnya mengarah ke luar paha untuk membuat pegangan yang kuat.
  4. Luruskan lengan, biarkan berat tubuh bagian atas bertumpu pada tangan di atas lutut dengan nyaman.
  5. Lakukan teknik jalandhar bandha sambil mempertahankan posisi buang napas.
  6. Lanjutkan gerakan uddiyana bandha dengan mengisap perut bagian bawah ke dalam dan atas.
  7. Perhatikan area perut.
  8. Lakukan gerakan vama nauli dengan sedikit mengangkat tangan kanan dari lutut untuk memindahkan beban tubuh bagian atas ke tangan kiri. Rongga di sisi kanan perut akan terlihat kosong dan muncul tonjolan otot di sisi kiri.
  9. Tahan posisi otot selama beberapa detik, kemudian angkat kepala secara perlahan dan kembali berdiri dalam posisi tegak.
  10. Tarik napas dalam-dalam sebelum menjalani tahap berikutnya.
  11. Lakukan gerakan berlawanan dari vama nauli, yakni dakshina nauli dengan memindahkan beban ke tangan kanan sehingga rongga sisi kiri terlihat kosong dan muncul tonjolan otot di sisi kanan.
4 dari 4 halaman

Risiko Melakukan Yoga Alien

Nauli kriya termasuk yoga hatha alias dasar dari semua jenis yoga. Dahulu, yoga alien adalah satu di antara gerakan awal yang harus dipelajari pemula yang ingin belajar yoga.

Hanya, gerakan nauli kriya kini tidak diajarkan secara luas di sebagian besar kelas yoga Barat. Itulah mengapa, pelatih yoga modern mungkin tidak terbiasa melakukan yoga alien.

Nauli kriya kemudian berkembang menjadi gerakan yoga tingkat lanjut. Kendati semua orang dari beragam usia boleh belajar yoga alien, teknik ini tidak boleh dilakukan tanpa bimbingan seorang guru yang berpengalaman atau praktisi Ayurveda.  

Pemula yang baru mencoba nauli kriya mungkin mengalami sejumlah efek samping, berupa ketaknyamanan dan cedera ringan di pencernaan.

Selain itu, yoga alien tidak boleh dilakukan ibu hamil maupun orang yang memiliki masalah kesehatan, seperti penderita tukak lambung, batu empedu, hernia, hipertensi, dan penyakit jantung. Orang dengan riwayat operasi, terutama di bagian perut juga tidak boleh melakukan nauli kriya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/9/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer