Sukses


Arti Sugesti beserta Bentuk dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Sugesti adalah pengaruh terhadap jiwa atau tingkah laku seseorang dengan maksud tertentu sehingga pikiran dan kemauan terpengaruh olehnya.

Sugesti menyebabkan seseorang tergerak untuk melakukan sesuatu atau mengikuti suatu ide.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sugesti adalah pengaruh dan sebagainya yang dapat menggerakkan hati orang dan sebagainya.

Sugesti bisa berarti pendapat yang dikemukakan atau dorongan yang kuat. Sugesti adalah proses psikologis di mana seseorang membimbing pikiran, perasaan, atau perilaku orang lain.

Agar lebih paham lagi, penjelasan lanjutan tentang sugesti, disadur dari Merdeka, Senin (30/1/2023).

2 dari 3 halaman

Bentuk Sugesti

Sugesti dapat dibedakan menjadi dua bentuk sesuai dengan asalnya. Ini meliputi auto sugesti dan hetero sugesti. Baik auto sugesti maupun hetero sugesti dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan penting.

Auto sugesti

Auto sugesti adalah bentuk sugesti yang datang dari diri sendiri. Sugesti ini juga disebut dengan sugesti dari dalam. Dari dalam, hal ini berarti sugesti diberikan oleh diri sendiri untuk diri sendiri.

Hetero sugesti

Hetero sugesti yakni sugesti yang datang dari orang lain. Sugesti ini disebut dengan sugesti dari luar. Dari luar, berarti sugesti diberikan oleh orang lain, atau objek yang berada di luar diri seseorang.

3 dari 3 halaman

Jenis Sugesti

Sugesti dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sugesti kerumunan, sugesti negatif, dan sugesti prestise.

Sugesti kerumunan (crowd suggestion)

Sugesti kerumunan (crowd suggestion) adalah penerimaan yang tidak didasarkan pada penalaran, melainkan karena keanggotaan atau kerumunan.

Contoh: siswa terlibat tawuran antarpelajar. Keterlibatan siswa tersebut pada umumnya dilakukan atas dasar rasa setia kawan atau merasa takut dikucilkan dari kelompoknya.

Sugesti negatif (negative suggestion)

Sugesti negatif (negative suggestion) adalah sugesti yang ditujukan untuk menghasilkan tekanan-tekanan atau pembatasan terhadap pihak lain.

Contoh: seorang preman mengancam pedagang agar memberi setoran harian kepadanya.

Sugesti prestise (prestige suggestion)

Sugesti prestise (prestige suggestion) adalah sugesti yang muncul sebagai akibat dari adanya prestise orang yang memberikan pengaruh.

Contoh: tokoh masyarakat yang dihormati menganjurkan semua warganya untuk menjalankan protokol kesehatan selama pandemi. Anjuran tersebut akan dilaksanakan tanpa didahului dengan proses berpikir.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 15/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer