Sukses


Daftar Nama Kitab-Kitab Allah, Lengkap beserta Rasul Penerimanya

Bola.com, Jakarta - Kitab adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul. Kitab-kitab tersebut berisi kumpulan wahyu yang dibukukan dalam satu kumpulan utuh.

Setiap muslim wajib beriman kepada semua kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada para rasul-Nya. Iman kepada kitab Allah merupakan rukun iman ketiga.

Adapun yang dimaksud iman kepada kitab Allah Swt. adalah membenarkan bahwa Allah mempunyai kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul-Nya.

Kitab-kitab Allah itu berfungsi sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia. Kandungan yang ada dalam kitab tersebut berisi kebenaran yang wajib diikuti dan dilaksanakan.

Ada sejumlah kitab Allah Swt. yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadis nabi. Sebagian disebut dengan kitab, sebagian lainnya disebut suhuf.

Suhuf adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul, tetapi masih berbentuk lembaran-lembaran yang terpisah

Sebagai umat muslim yang beriman tentu harus mengetahui kitab-kitab Allah tersebut beserta penerimanya. Apa saja nama-nama kitab Allah Swt.?

Berikut ini daftar nama kitab Allah Swt. dan penerimanya, dilansir dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII terbitan Kemdikbud, Selasa (31/1/2023).

2 dari 6 halaman

Kitab Taurat

Kitab Taurat adalah kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Musa a.s. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Maidah ayat 44 bahwa kitab Taurat merupakan petunjuk bagi Nabi Musa a.s. dan nabi-nabi dari Bani Israil sesudahnya, sampai kepada Nabi Isa a.s.

Mereka disebut sebagai nabi-nabi yang telah menyerahkan diri kepada Allah dengan penuh keikhlasan. Kitab Taurat diturunkan sebagai pedoman bagi Bani Israil, yang kemudian disebut sebagai bangsa Yahudi.

Kitab Taurat hanya digunakan untuk memutuskan perkara orang-orang dari Bani Israil saja karena kitab ini memang hanya diturunkan bagi mereka.

Sepeninggal para nabi dari Bani Israil, kitab Taurat digunakan oleh tokoh-tokoh dan pendeta Yahudi sebagai undang-undang untuk memutuskan berbagai perkara orang-orang Yahudi.

3 dari 6 halaman

Kitab Zabur

Kitab Zabur adalah kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Daud a.s. Nabi Daud menggunakan kitab Zabur untuk memutus berbagai perkara orang-orang Yahudi.

Menurut Imam Qurtubi, sebagaimana dikutip dalam Tafsir Quran Kemenag, kitab Zabur tidak berisi hukum-hukum perkara seperti Taurat.

Kitab Zabur terdiri dari 150 surah yang berisi nasihat-nasihat, hikmah, pujian dan sanjungan kepada Allah Swt.

4 dari 6 halaman

Kitab Injil

Kitab inijl adalah kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Isa a.s. Seperti halnya Nabi Musa a.s. dan Nabi Daud a.s., Nabi Isa juga merupakan nabi dari Bani Israil (Yahudi).

Menurut Q.S. Al-Maidah ayat 46, Allah Swt. menurunkan Injil kepada Nabi Isa untuk menyempurnakan isi Taurat yang telah berakhir masa berlakunya.

Dalam hal ini kitab Injil berfungsi untuk membenarkan kitab Taurat yang mengandung nilai-nilai yang dapat menyelamatkan umatnya dari kesesatan dalam akidah dan amal perbuatan, seperti tauhid, memberantas syirik dan berhala yang menjadi sumber khurafat dan kebatilan.

Kitab Injil juga berisi petunjuk dan pengajaran baru. Satu di antaranya adalah ajaran yang memberitahukan bahwa akan muncul seorang nabi, yang mempunyai sifat-sifat mulia, syariatnya lebih sempurna dan bersifat universal (menyeluruh) tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Dia adalah nabi penutup dan rasul terakhir, yaitu Nabi Muhammad saw.

5 dari 6 halaman

Suhuf Musa dan Ibrahim

Suhuf Musa dan Ibrahim adalah lembaran-lembaran yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Musa dan Ibrahim.

Lembaran-lembaran ini sudah hilang dan tidak diketahui isinya. Namun, sebagian isi suhuf-suhuf itu ada yang diberitakan dalam Al-Qur'an dan hadis. Misalnya ajaran suhuf Nabi Musa a.s. dan Ibrahim a.s. yang terdapat dalam Q.S. An-Najm ayat 36-41 berikut ini:

1) Seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain

2) Manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya

3) Perbuatan manusia kelak akan diperlihatkan kepadanya

4) Perbuatan manusia akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna

6 dari 6 halaman

Al-Qur’an

Kitab Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur’an merupakan wahyu Allah terakhir yang membawa kebenaran, mencakup isi dan membenarkan kitab sebelumnya, yakni Taurat, Zabur, dan Injil.

Meski demikian, Al-Qur'an memiliki syariat tersendiri yang berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya. Syariat yang terdapat di dalam Al-Qur'an berfungsi menggantikan syariat yang terdapat dalam kitab-kitab sebelumnya.

Walau masing-masing kitab Allah memiliki syariat yang berbeda, dasar dan landasan dasarnya sama, yaitu ajaran tentang tauhid atau mengesakan Allah Swt.

Al-Qur'an diturunkan menggunakan bahasa Arab. Hingga saat ini keaslian Al-Qur'an tetap terjaga dan terus dibukukan dengan menggunakan bahasa Arab.

Kitab suci Al-Qur'an isinya terdiri dari 114 surah dan 30 juz. Surah yang ada di dalam Al-Qur'an mempunyai nama dan jumlah ayat yang berbeda-beda.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer