Sukses


Contoh-Contoh Tumbuhan di Indonesia yang Perlu Dilindungi

Bola.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman hayati berupa tumbuhan yang sangat beragam. Apalagi Indonesia mempunyai iklim tropis.

Hal itu yang membuat tanahnya menjadi subur dan memunculkan beragam tumbuhan endemik yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, tidak semua tumbuhan yang di Indonesia lestari.

Ada beberapa tumbuhan yang telah masuk sebagai daftar tanaman langka sebab populasinya makin sedikit. Kondisi itu membuat tumbuhan langka tersebut dilindungi.

Hal itu sebagai upaya untuk melestarikan keberlangsungan tumbuhan langka yang ada. Untuk mengatasi kepunahan, pemerintah memberlakukan aturan untuk melindungi tumbuhan langka yang ada di Indonesia.

Selain memberi perlindungan secara hukum, dibangun juga lingkungan konservasi berbagai tumbuhan untuk menjaga kelestariannya.

Ada banyak tumbuhan di Indonesia yang perlu dilindungi agar tetap lestari. Apa saja tumbuhan tersebut?

Berikut ini contoh tumbuhan yang perlu dilindungi, dilansir dari Modul berjudul Siklus Hidup Makhluk Hidup dan Upaya Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka terbitan Kemdikbud, Kamis (2/2/2023).

2 dari 9 halaman

1. Bunga Bangkai

Bunga bangkai atau suweg (dalam bahasa lokal untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin Amorphophallus titanum Becc, merupakan tumbuhan dari jenis talas-talasan endemik dari Sumatra, yang dikenal dengan bunga majemuk terbesar.

Dinamakan bunga bangkai karena bunga ini mengeluarkan aroma bau busuk, aroma busuk tersebut sebenarkan digunakan untuk menarik serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.

3 dari 9 halaman

2. Rafflesia Arnoldii

Bunga raksasa dalam bahasa latin Rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang terkenal karena ukuran bunga yang besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia.

Bunga ini tumbuh di jaringan merambat dan tidak memiliki daun sehingga tumbuhan ini tidak mampu berfotosintetis.

Bunga ini pertama kali ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatra) di dekat sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Rafdles, pemimpin ekspedisi itu.

4 dari 9 halaman

3. Kantong Semar

Kantong semar merupakan tanaman yang unik karena memangsa berbagai serangga di dekatnya. Kantong semar dalam bahasa latinnya disebut Nepenthes.

Kantong semar termasuk keluarga monotipik, terdiri dari 130 spesies. Habitat dengan spesies terbanyak berada di Pulau Kalimantan dan Sumatra.

Kantong semar merupakan tanaman yang memiliki karakter unik karena tidak seperti tanaman lainya yang memproduksi makanannya sendiri, tanaman ini malah memangsa berbagai serangga di dekatnya.

Tumbuhan karnivora ini keberadaannya makin susah untuk ditemui sehingga harus banyak dibudidayakan agar tidak punah. Katong semar memakan serangga dengan cara membuka kantongnya sehingga menarik serangga untuk mendekat.

Ketika serangga tersebut masuk maka kantong akan menuntup dan mulai mencerna serangga tersebut menjadi makanan.

5 dari 9 halaman

4. Cendana

Cendana atau cendana wangi merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, dan wewangian lainnya.

Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Namun, sekarang dapat ditemukan di wilayah Indonesia lainnya seperti di Pulau Jawa dan Sumatra.

6 dari 9 halaman

5. Damar

Pohon damar mempunyai nama latin Agathis dammara. Pohon damar merupakan sejenis pohon anggota tumbuhan runjung dan termasuk tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, Sumatra hingga ke Filipina.

Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getahnya. Getah ini dimanfaatkan untuk diolah menjadi kopal.

7 dari 9 halaman

6. Anggrek Hitam

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), seperti namanya, memiliki ciri khas pada bunganya yang mempunyai lidah (labellum) berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris dikatakan sebagai "Black Orchid".

Sedang di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini memiliki nama lokal "Kersik Luai".

 

8 dari 9 halaman

7. Ulin

Ulin adalah sejenis pohon besar yang sering disebut dengan pohon besi atau bulian yang merupakan tumbuhan khas dari Kalimantan.

Pohon ini mampu menghasilkan kayu yang sangat kuat sehingga banyak digunakan untuk konstruksi bangunan, jembatan, rumah, tinag listrik, dan perkapalan.

Ulin merupakan jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatra bagian selatan dan Kalimantan. Ulin belian atau kayu besi, saat ini termasuk jenis pohon yang sulit dijumpai.

Pertumbuhannya yang sangat lambat pada saat dibudidayakan dibandingkan jenis lain, menyebabkan kayu ini tergolong jenis langka. Pertumbuhan diameternya tidak sampai 1 cm per tahun.

9 dari 9 halaman

8. Daun Payung

Daun payung adalah jenis tanaman yang tumbuh tunggal. Daun payung mempunyai ukuran daun panjang sekitar 3-6 meter dengan lebar 1m.

Tanaman ini tidak tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu tanaman ini sering ditemukan tumbuh diantara pepohonan lebat.

Keberadaan tanaman raksasa ini makin berkurang karena banyaknya kebakaran hutan sehingga pohon tempatnya berlindung juga berkurang.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Persiapan Angkat Besi Indonesia Menuju SEA Games 2023

Video Populer

Foto Populer