Sukses


Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri yang Bisa Mengantar ke Pintu Kesuksesan

Bola.com, Jakarta - Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat memberikan berbagai manfaat nyata bagi kamu dalam menjalani kehidupan.

Banyak orang yang berusaha dengan segala cara untuk membangkitkan kepercayaan diri yang mereka punya demi mewujudkan cita-cita.

Hal itu karena memiliki kepercayaan diri yang tinggi adalah satu di antara modal besar untuk menggapai segala keberhasilan dalam hidup. 

Percaya diri juga dapat menumbuhkan jiwa pemimpin pada seseorang. Dengan percaya diri, akan lebih mudah mengambil keputusan penting dalam hidup, jauh dari rasa bimbang.

Dengan itu, sikap percaya diri perlu ditumbuhkan sejak dini. Namun, berapapun usiamu saat ini, masih belum terlambat untuk memiliki kepercayaan diri dan memiliki kebiasaan percaya diri dalam setiap tindakan.

Akan tetapi, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui manfaat percaya diri, yang menawarkan berbagai hal hebat jika ditumbuhkan sedari dini.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat memiliki rasa percaya diri yang bisa mengantar ke pintu kesuksesan, disadur dari Kapanlagi, Kamis (2/2/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

1. Lebih Menghargai Diri Sendiri

Percaya diri juga bisa membuatmu lebih menghargai diri sendiri. Penghargaan terhadap diri sendiri penting ditumbuhkan agar memberikan semangat dan keberanian untuk bangkit saat jatuh.

Dalam hal ini ketika tingkat percaya diri seseorang lebih tinggi, mereka juga dapat menghargai diri sendiri serta menghargai kemampuannya. Kondisi inilah yang akan membuat setiap orang mampu bangkit menggapai segala keinginan dan harapan.

2. Dapat Memengaruhi Orang Lain 

Manfaat percaya diri selanjutnya adalah dapat memengaruhi orang lain dengan mudah. Dalam hal ini orang dengan tingkat kepercayaan diri tinggi akan lebih mudah untuk berkomunikasi hingga mampu memengaruhi orang lain.

Kondisi inilah yang akan membuat mereka lebih mudah dalam bernegoisasi serta memberikan ide-ide di tempat kerja serta berkaitan dengan karier. Orang dengan tingkat kepercayaan diri tinggi akan lebih aktif dibanding pasif sehingga dapat menciptakan sebuah peluang-peluang baru.

3 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

3. Mengetahui Kapasitas Diri 

Memahami kapasitas diri atau penilaian diri penting dimiliki untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Sebab dengan memahami penilaian diri sendiri, seseorang akan menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki hingga merasa yakin dan layak untuk melangkah maju.

Selain itu, dengan mengetahui kapasitas diri sendiri akan menghilangkan sifat atau perasaan negatif terhadap diri sendiri. Di antaranya merasa gagal, tidak mampu melangkah, tidak menghargai diri sendiri bahkan tidak layak mendapatkan sesuatu yang lebih hebat.

Dengan munculnya rasa percaya diri, kamu dapat mengetahui kapasitas diri dan menilai diri sendiri dari kacamata yang lebih positif.

4. Siap Menghadapi Tekanan dan Tantangan 

Manfaat percaya diri selanjutnya adalah dapat menghadapi segala tekanan dan tantangan dalam karier. Seperti diketahui, orang sukses, seperti atlet dan pekerja seni, dapat membuktikan tingkat kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat tampil sukses meraih karier.

Dengan adanya rasa percaya diri tersebut mereka akan lebih yakin dengan potensi dan kemampuan diri sendiri untuk siap bekerja di bawah tekanan dan tantangan. 

4 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

5. Kesehatan Mental dan Fisik Jadi Lebih Baik  

Percaya diri akan membuat kesehatan mental menjadi lebih baik. Seseorang dengan percaya diri tidak mudah stres dan depresi sehingga kesehatan fisik juga terjaga.

Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan tingkat stres, seperti tekanan darah, jantung serta stroke dapat terhindarkan. Manfaat percaya diri satu ini cukup memberi dampak positif bagi kehidupan dan karier.

6. Motivasi Menjadi Tinggi

Percaya diri dapat membuat seseorang memiliki motivasi yang tinggi untuk tetap melangkah maju. Mereka akan lebih termotivasi melakukan beragam hal sesuai keinginan dan memberi dampak baik bagi kehidupan.

Percaya diri tersebut biasanya akan membuat seseorang menentukan tujuan hidup dan membuat mereka termotivasi untuk mencapainya. 

5 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

7. Menumbuhkan Sifat Pemimpin

Manfaat percaya diri juga dapat menumbuhkan sifat dan sikap seorang pemimpin. Seperti diketahui, dalam dunia kepemimpinan, karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin satu di antaranya adalah percaya diri.

Dengan rasa percaya diri, mereka mampu membangun semangat dan memengaruhi bawahan untuk yakin dengan kemampuan dan berpikir positif. Kepercayaan diri bisa membuat seseorang akan berani melangkah maju dengan beragam pertimbangan yang matang.

8. Memperlancar Karier 

Percaya diri bisa membuat seseorang mendapatkan karier yang cemerlang dan lancar. Sebab, sifat percaya diri tersebut akan membuat mereka tidak mudah menyerah dan selalu berusaha dalam menghadapi berbagai hal demi mencapai impian yang diinginkan.

Dalam hal ini, kepercayaan diri tersebut akan membuat seseorang memahami beragam potensi dan kemampuan yang dimiliki sehingga akan mampu melangkah lebih maksimal dan memanfaatkannya demi meraih tujuan.

Rasa percaya diri ini juga dapat mendorong seseorang untuk mendapatkan karier yang tinggi hingga mungkin dipromosikan dengan jabatan yang strategis.

6 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Rasa Percaya Diri

9. Menghilangkan Rasa Takut  

Rasa takut menghadapi suatu hal atau bahkan sebuah tantangan mungkin pernah dirasakan diri sendiri. Namun, kondisi ini berbeda jika memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, yang dapat menghilangkan rasa takut tersebut serta memicu sebuah keberanian.

Orang dengan kepercayaan diri tinggi tidak takut menghadapi sebuah perubahan melainkan menjadikan perubahan sebagai bagian dari tumbuh dan berkembang. Rasa percaya diri akan membuat mereka yakin dengan diri sendiri dan siap menghadapi segala hal yang dihadapi. 

10. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Manfaat percaya diri selanjutnya adalah dapat memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Dalam hal ini seseorang dengan tingkat percaya diri tinggi biasanya memiliki kemampuan berbicara yang baik dan yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Seseorang dengan tingkat percaya diri akan lebih menunjukkan dan mampu dengan jelas menjelaskan nilai inti atau sesuatu tanpa harus berdebat.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Nurul Wahida. Published: 2/12/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer