Sukses


Macam-Macam Manfaat Senam Tabata bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar, tidak ada salahnya untuk mencoba senam Tabata. Olahraga ini ditemukan oleh seorang dokter dan peneliti asal Jepang, Dr. Izumi Tabata.

Senam ini merupakan bentuk HIIT atau latihan interval intensitas tinggi, olahraga Tabata dirancang untuk meningkatkan detak jantung dalam waktu singkat.

Senam tabata tergolong baik untuk membangun daya tahan tubuh karena menerapkan jeda latihan dan istirahat yang singkat.

Format olahraga Tabata meliputi latihan intensitas tinggi, seperti sprint, burpee, atau squat selama 20 detik. Kemudian, dilanjutkan dengan istirahat 10 detik dan diulang sebanyak delapan kali atau selama empat menit.

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam manfaat senam tabata, disadur dari Klikdokter, Selasa (7/2/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Manfaat Senam Tabata bagi Kesehatan Tubuh

1. Hemat Waktu

Dengan durasi latihan yang singkat, yaitu empat menit, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Olahraga Tabata dapat menghemat waktu bagi kamu yang sibuk setiap harinya.

Bahkan hanya dengan waktu 20 menit yang terdiri dari lima set Tabata, kamu akan cepat mendapatkan bentuk tubuh ideal atau sesuai harapan. Tentunya, ini sebaiknya dilakukan bersama dengan pelatih yang berpengalaman untuk menghindari cedera.

2. Efektif Membakar Lemak

Merupakan latihan dengan intensitas tinggi, peran olahraga Tabata untuk membakar lemak dalam tubuh pun besar. Dengan detak jantung yang meningkat ketika melakukan Tabata, metabolisme tubuh ikut dipacu, bahkan setelah latihan selesai.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Manfaat Senam Tabata bagi Kesehatan Tubuh

3. Melindungi Jaringan Otot

Menjalani senam Tabata, kamu tidak hanya cepat membakar lemak dalam tubuh, tetapi juga membangun otot pada saat yang bersamaan. Ketika menurunkan berat badan atau diet, selain kehilangan lemak, kamu juga bisa kehilangan otot.

Untuk menjaga agar tetap dalam kondisi prima, otot perlu dilatih. Latihan intensitas tinggi yang berasal dari metode Tabata akan sangat baik untuk mengembangkan dan melindungi jaringan otot.

Dengan waktu latihan yang singkat, jaringan otot tidak akan tergerogoti seperti melakukan olahraga kardio lainnya.

4. Meningkatkan Kapasitas Aerobik dan Anaerobik

Olahraga Tabata secara langsung dapat meningkatkan kapasitas aerobik, yaitu sekitar 14 persen. Ini berarti individu yang melakukan senam Tabata akan mengalami peningkatan daya tahan dan tingkat oksigenasi.

Selain itu, olahraga Tabata dapat meningkatkan kapasitas anaerobik, yaitu jumlah energi yang dapat dihasilkan tubuh tanpa suplai oksigen yang stabil. Penelitian yang dilakukan dr. Tabata menunjukkan bahwa olahraga ini mampu meningkatkan sekitar 28 persen kapasitas anaerobik.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 07/12/2021)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer