Sukses


6 Manfaat Berpelukan di Hari Valentine yang Harus Diketahui

Bola.com, Jakarta - Hari Valentine merupakan momen kasih sayang yang diadakan setiap tanggal 14 Februari. Banyak orang yang merayakannya di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pada hari yang spesial ini, satu di antara ungkapan cinta yang bisa menjadi wujud kasih sayang kepada orang-orang terdekat ialah dengan memberi mereka pelukan.

Berpelukan merupakan satu di antara bahasa tubuh yang dapat menunjukkan sebuah perhatian dan kasih sayang.

Hal ini pun dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik orang tua kepada anaknya, pelukan dari pasangan atau juga pelukan dari teman atau sahabat.

Di balik hangatnya sebuah pelukan di hari Valentine, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Apa saja itu? Berikut enam manfaat berpelukan di hari Valentine yang harus diketahui, seperti disadur dariĀ Klikdokter, KamisĀ (9/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Berpelukan di Hari Valentine

1. Menurunkan Risiko Gangguan Mental

Tak hanya untuk orang dewasa, memberikan pelukan pada anak Anda bisa bermanfaat bagi kesehatannya. Studi yang dipublikasikan diĀ Proceedings of The National Academy of Sciences of the United States of AmericaĀ pada 2013 menyebutkan bahwa kasih sayang orang tua dapat menjadi indikator kesehatan anak di masa depan.

Hasil dari studi tersebut mengatakan bahwa anak yang jarang mendapatkan perhatian dan kasih sayang (termasuk pelukan) dari orang tua lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan mental di masa mendatang.

Gangguan kesehatan mental tersebut bisa berupa gangguan kecemasan, paranoid, dan lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Riset yang dilakukan olehĀ the University of North CarolinaĀ di Amerika Serikat menyebut bahwa berpelukan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Hal ini dikonfirmasi dari hasil penelitian bahwa wanita yang mendapatkan pelukan dari pasangannya memiliki tingkat tekanan darah dan denyut jantung yang lebih rendah daripada kelompok wanita yang tidak mendapatkannya.

Pasangan suami istri yang rutin berpelukan juga mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berpelukan di Hari Valentine

3. Menurunkan Tingkat Stres

Anda sering merasa tertekan atau sedang dilanda stres? Pelukan dari pasangan, orang tua atau anggota keluarga lainnya, kerabat maupun sahabat dapat membantu menenangkan suasana hati sehingga Anda mampu menghadapi tekanan atau stres yang melanda.

Menurut penelitian, mendapatkan pelukan dari orang tersayang atau terdekat dapat membantu proses pengeluaran hormon oksitosin. Hormon yang keluar dari kelenjar hipotalamus di otak itu dapat menimbulkan perasaan bahagia, menurunkan stres, dan rasa cemas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan olehĀ Carnegie Mellon UniversityĀ di Pennsylvania, Amerika Serikat, dukungan sosial yang baikā€•termasuk kontak fisik seperti pelukanā€•dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko infeksi.

Saat seseorang sedang stres, infeksi virus, seperti flu, rentan terjadi. Dari penelitian yang dilakukan pada 400 orang dewasa tersebut, dilaporkan bahwa mereka yang menerima pelukan dari orang terdekat saat sedang stres lebih jarang mengalami flu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Berpelukan di Hari Valentine

5. Mengurangi Rasa Takut

Ketakutan adalah perasaan yang pasti dimiliki oleh manusia. Yap, manusia cenderung memikirkan hal-hal yang belum terjadi sehingga rasa takut pun muncul. Padahal, kenyataan belum tentu seburuk itu. Terkadang ketakutan tersebut tidak menjadi nyata.

Tidak hanya pada anak-anak saja, tetapi pelukan dapat mengurangi rasa takut pada orang dewasa. Sebuah penelitian yang dipubilkasikan di Psychological Sciences, menyebutkan pelukan dapat mengurangi rasa takut mati.

6. Membangun Koneksi yang Kuat

Manfaat berpelukan bagi kesehatan juga dapat membangun koneksi yang kuat. Sentuhan fisik seperti berpelukan dapat memberikan jenis ikatan yang unik dan esensial dengan orang lain.

Hal ini terutama berlaku untuk pasangan. Berpelukan dengan pasangan setiap hari dapat meningkatkan hubungan yang lebih baik. Begitu juga dengan kesehatan fisik dan mental yang dimilikinya.

Ā 

Sumber:Ā Klikdokter.com (Published: 13/2/2019)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklikĀ tautan ini.

Video Populer

Foto Populer