Sukses


Contoh Kerja Sama Regional yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Bola.com, Jakarta - Kerja sama regional termasuk satu di antara bentuk kerja sama luar negeri. Kerja sama luar negeri adalah kerja sama yang dilaksanakan pemerintah dengan negara-negara sahabat maupun dengan organisasi internasional baik Inter-Governmental Organization maupun Non-Governmental Organization.

Kerja sama regional adalah kerja sama antara negara-negara di kawasan yang melibatkan lebih dari dua negara. Kerja sama regional merupakan kerja sama yang mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan regional.

Kerja sama antarnegara ini dilakukan oleh negara-negara yang berada di suatu kawasan tertentu yang biasanya berdekatan.

Tujuan kerja sama regional biasanya sesuai kepentingan masing-masing negara. Namun, secara umum untuk memajukan negara-negara yang berada di suatu kawasan atau wilayah.

Berikut contoh kerja sama regional yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, dilansir dari laman kemlu.go.id, Rabu (15/2/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama Regional yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Forum Regional ASEAN (ARF)

ASEAN Regional Forum (ARF) merupakan suatu forum yang dibentuk oleh ASEAN pada 1994 sebagai suatu wahana bagi dialog dan konsultasi mengenai hal-hal yang terkait dengan politik dan keamanan di kawasan, serta untuk membahas dan menyamakan pandangan antara negara-negara peserta ARF untuk memperkecil ancaman terhadap stabilitas dan keamanan kawasan.

Dalam kaitan tersebut, ASEAN merupakan penggerak utama dalam ARF.

Melanesian Spearhead Group (MSG)

MSG dibentuk tahun 1988 dengan ditandatanganinya Agreed Principles of Co operation among Independent States of Melanesia di Port Vila, Vanuatu.

MSG resmi menjadi organisasi sub-regional pada 23 Maret 2007 melalui Agreement Establishing the Melanesian Spearhead Group.

Conference on Interaction and Confidence Building Measures in Asia (CICA)

CICA adalah forum antarpemerintah yang bertujuan meningkatkan kerja sama dalam mempromosikan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di Asia dan seluruh dunia. CICA juga merupakan forum antarpemerintah terbesar di Asia dengan 28 negara anggota.

Pacific Island Forum (PIF)

Semula disebut South Pacific Forum, dibentuk tahun 1971 atas inisiatif Selandia Baru. Perubahan nama di tahun 2000 ditujukan untuk merefleksikan lokasi geografis negara-negara yang berada di utara dan selatan Pasifik.

3 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama Regional yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Inisiatif Segitiga Terumbu Karang (CTI-CFF)

CTI-CFF berawal dari inisiatif Indonesia sebagai tindak lanjut dari gagasan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan di sela-sela Convention on Biological Diversity (CBD) ke-8 di Brasil pada 2006.

Hal ini didasari kenyataan bahwa perairan Indonesia dan kawasan di sekitarnya merupakan habitat bagi tingkat keanekaragaman karang (coral) tertinggi, dengan setidaknya telah teridentifikasi lebih dari 500 spesies coral.

South West Pacific Dialogue (SwPD)

SwPD telah menjadi forum dialog bagi Australia, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, Selandia Baru, dan Timor Leste untuk melakukan pertukaran pandangan dan informasi atas berbagai isu penting di kawasan.

FEALAC (Forum for East Asia and Latin America Cooperations)

FEALAC secara resmi diluncurkan pada the 1st Senior Officials' Meeting di Singapura pada September 1999 guna meningkatkan kerja sama di Kawasan Asia Timur dan Amerika Latin atas inisiatif Perdana Menteri Goh Chok Tong.

Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Pertama diselenggarakan di Santiago, Chili, pada tanggal 29-30 Maret 2001.

Uni Eropa

Framework Agreement on Comprehensive Partnership and Cooperation (PCA) mulai berlaku tahun 2014 dan memberikan fondasi yang kuat untuk kerja sama RI-Uni Eropa ke depan.

Secara politis, Uni Eropa memandang Indonesia sebagai negara demokrasi dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA)

Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dibentuk secara resmi pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-1 di Davao City, Filipina, tanggal 26 Maret 1994.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara BIMP-EAGA. Para pelaku usaha diharapkan menjadi motor penggerak kerja sama dimaksud sedangkan pemerintah bertindak sebagai regulator dan fasilitator.

4 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama Regional yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Asia-Europe Meeting (ASEM)

Asia Europe Meeting (ASEM) didirikan di Bangkok tahun 1996. Hingga saat ini keanggotaan ASEM terus berkembang hingga mencakup 53 mitra (partners) yang terdiri dari 21 negara Asia, 30 negara Eropa, Sekretariat ASEAN, dan Uni Eropa.

ASEM merupakan forum dialog dan kerjas ama antar-kawasan Asia dan Eropa yang ditujukan untuk menciptakan kemitraan dan kemajuan Asia-Eropa, memperkuat dialog yang setara dan membangun saling pengertian kedua kawasan.

Sifat kerja sama ASEM adalah informal, non-binding, multi-dimensional dan evolutionary. Fokus ASEM pada tiga pilar kerja sama yaitu politik, ekonomi, dan sosial-budaya.

Asia Cooperation Dialogue (ACD)

ACD didirikan pada Juni 2002 di Cha-Am, Thailand, oleh 18 Menteri Luar Negeri se-Asia termasuk Indonesia. ACD adalah forum tingkat benua yang pertama di Asia.

Tujuan utama didirikannya ACD adalah untuk menghubungkan missing link di Asia dengan menyediakan wadah dialog bagi negara-negara di Asia untuk membentuk Komunitas Asia tanpa membuat duplikasi organisasi yang sudah ada ataupun membentuk blok yang berseberangan dengan lainnya.

Asia-Middle East Dialogue (AMED)

Gagasan pembentukan AMED berawal dari kunjungan PM Singapura, Goh Chok, Tong tahun 2003-2004 ke beberapa negara Timur Tengah.

Dalam kunjungan tersebut, dilakukan pembicaraan mengenai perlunya suatu forum yang dapat menjembatani dan mempertemukan kawasan Asia dengan Timur Tengah yang dinilainya belum berkembang dengan baik, kendati hubungan bilateral masing-masing negara di kedua kawasan tersebut selama ini telah terjalin.

Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)

Kerja sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) berdiri pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-1 di Langkawi, Malaysia, pada 20 Juli 1993. IMT-GT ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT.

Melalui kerja sama IMT-GT, sektor swasta terus didorong menjadi "engine of growth".

Untuk tujuan tersebut telah dibentuk suatu wadah bagi para pengusaha di kawasan IMT-GT yang disebut Joint Business Council (JBC). JBC secara aktif ikut dilibatkan dalam rangkaian SOM/MM IMT-GT setiap tahunnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Kerja Sama Regional yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antar 21 ekonomi di lingkar Samudra Pasifik yang berdiri tahun 1989.

Saat ini terdapat 21 ekonomi yang menjadi anggota APEC, yaitu Australia, Brunei Darussalam, Canada, Chili, China, Hong Kong-China, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Peru, Papua Nugini, Rusia, Singapura, Chinese Taipei, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Kerja sama di APEC merupakan kerja sama non-politis, ditandai dengan keanggotaan Hong Kong-China dan Chinese Taipei. Anggota APEC disebut "Ekonomi" mengingat setiap anggota saling berinteraksi sebagai entitas ekonomi, dan bukan sebagai negara.

Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika (NAASP)

KTT AA tahun 2005 dihadiri oleh perwakilan dari 106 negara Asia dan Afrika yang terdiri dari 54 negara Asia dan 52 negara Afrika.

KTT menyepakati sebuah mekanisme tindak lanjut untuk proses institusionalisasi melalui pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) setiap empat tahun sekali yang dilaksanakan bersamaan dengan Business Summit, Pertemuan Tingkat Menteri setiap dua tahun sekali, serta Sectoral Ministerial dan Technical Meeting lainnya apabila diperlukan.

Indian Ocean Rim Association (IORA)

Indian Ocean Rim Association (IORA) adalah pelopor dan satu-satunya organisasi regional di wilayah Samudra Hindia.

Samudra Hindia merupakan wilayah perairan yang strategis terutama untuk perekonomian dunia. Samudra Hindia bertindak sebagai penghubung jalur perdagangan internasional dari Asia ke Eropa dan sebaliknya.

Indo-Pacific Economic Framework (IPEF)

IPEF merupakan economic framework yang inklusif untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang terbuka, bebas, aman dan berketahanan.

Pacific Islands Development Forum (PIDF)

​Organisasi ini disahkan oleh para pemimpin negara-negara Pasifik Kepulauan pada 23-24 Agustus 2012 di Nadi, Fiji, guna mengimplementasikan kebijakan ekonomi hijau.

Organization of African Caribbean and Pacific States (OACPS)

​Organisasi ini beranggotakan 79 negara dari Kawasan Africa, Karibia, dan Pasifik dan dibentuk tahun 1975 yang bertujuan antara lain untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, penghapusan kemiskinan, dan integrasi progresif bagi anggotanya ke dalam perekonomian dunia.

 

Sumber: kemlu.go.id

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer