Sukses


Daftar Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah saat Musim Hujan, No Mager-Mager Club

Bola.com, Jakarta - Musim hujan seharusnya tidak menjadi alasan bagi kamu untuk tidak melakukan olahraga.

Biasanya saat musim hujan, cuaca yang dingin sering kali membuat kita malas untuk bergerak, apalagi olahraga. Orang-orang hanya sekadar ingin duduk di sofa sambil menonton TV atau tidur di kasur yang empuk.

Selain itu, banyak orang yang berpikir bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di luar rumah. Padahal, banyak juga jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah.

Kamu bisa melakukannya bersama orang-orang di rumah agar tidak kesepian.

Berikut daftar olahraga yang bisa dilakukan di rumah saat musim hujan, disadur dari Klikdokter, Jumat (17/2/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah saat Musim Hujan

1. Naik Turun Tangga

Olahraga saat musim hujan yang dapat kamu coba satu di antaranya adalah naik turun tangga. Pastikan otot paha diangkat cukup tinggi hingga lutut membentuk sudut 90 derajat setiap langkahnya.

Olahraga ini efektif untuk membakar lemak sekaligus mengencangkan otot di area paha, betis, dan perut.

2. Lari di Treadmill

Pusat kebugaran atau gym dapat menjadi pilihan saat musim hujan. Banyak jenis olahraga yang biasanya dapat dilakukan di pusat kebugaran, seperti berlari di treadmill, bersepeda statis, dan sebagainya.

Lantaran banyak olahraga yang dapat dilakukan, kamu bisa bertanya atau meminta bimbingan dari instruktur yang ada di pusat kebugaran agar tidak terjadi cedera saat berolahraga.

Selain di pusat kebugaran, lari di treadmill dapat dilakukan di rumah apabila kamu memiliki peralatannya.

3. Sepeda Statis

Selain lari di treadmill, pilihan olahraga saat musim hujan lain yang dapat kamu coba adalah bersepeda statis. Sepeda statis bisa dilakukan di pusat kebugaran maupun di rumah. Jangan lupa untuk memeriksa peralatan tersebut sebelum digunakan.

3 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah saat Musim Hujan

4. Lompat Tali

Lompat tali adalah satu di antara olahraga aerobik yang dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan bermodalkan skipping rope, kamu dapat membakar banyak kalori. Kamu akan kaget dengan banyaknya keringat yang bisa kamu hasilkan dari olahraga ini.

Cobalah melakukan lompat tali dengan interval. Contoh, melompat lambat selama dua menit, lalu melompat secepat yang kamu bisa selama 30 detik, lalu lambat kembali.

5. Hula Hoop

Hula hoop dapat menjadi satu di antara pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga ini tidak selalu identik dengan anak-anak, karena nyatanya olahraga ini punya banyak manfaat, baik untuk wanita maupun pria.

Dengan melakukan hula hoop, wanita akan memperoleh panggul yang indah, sedangkan bagi pria, olahraga ini dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

6. Resistance Training

Setelah mencoba olahraga aerobik, kamu dapat melatih ototmu dengan olahraga resistance training, seperti crunches atau sit-up, push-up, dan lunges yang tidak membutuhkan alat apa pun. Namun, bila mempunyai dumbbells atau resistance bands, kamu dapat menggunakannya.

4 dari 4 halaman

Daftar Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah saat Musim Hujan

7. Senam

Bila memungkinkan, kamu dapat mengikuti senam dari video-video yang ada di internet. Kamu tidak akan mudah bosan karena hanya perlu mengikuti gerakan yang ada.

Kamu juga dapat mengajak anggota keluarga lain untuk ikut berolahraga bersama-sama denganmu sehingga dapat saling menyemangati.

8. Yoga

Bagi kamu yang menyukai olahraga dengan gerakan lembut yang memberikan efek relaksasi, kamu dapat mencoba olahraga saat musim hujan yang satu ini.

kamu tidak perlu memanggil instruktur mahal demi bisa melakukan yoga karena sudah banyak panduan gerakan yoga di internet. Namun, sebelum memulai gerakan, jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 12/5/2020)

Yuk, baca artikel olahraga lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer