Sukses


Macam-Macam Bahaya Merokok setelah Olahraga, Patut Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Setelah olahraga, biasanya hal yang dilakukan adalah minum dan duduk beristirahat. Bagi perokok, mungkin rokok langsung diisap sambil menikmati waktu istirahat.

Padahal, kebiasaan merokok setelah olahraga itu sepenuhnya salah dan membuat latihan fisik yang dilakukan sebelumnya menjadi sia-sia.

Merokok merupakan candu yang sulit dilepaskan. Ada berbagai macam alasan mengapa orang tidak berhasil melepaskan kebiasaan dari hasil olahan tembakau ini.

Selain candu, rokok membahayakan kesehatan. Berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, hingga tekanan darah tinggi bisa timbul dari kebiasaan merokok.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam bahaya merokok setelah olahraga, yang perlu kamu waspadai, disadur dari Klikdokter, Kamis (23/2/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Bahaya Merokok setelah Olahraga

1. Masalah Jantung

Pada dasarnya, merokok dan olahraga sama-sama memicu stres oksidatif. Dalam batas tertentu, stres oksidatif termasuk normal. 

Namun, jika kadar stres oksidatif berlebihan (yang bisa terjadi akibat merokok), akan berbahaya bagi tubuh. Apalagi bila sudah ada penyakit jantung, merokok setelah olahraga akan membuat pembuluh darah makin menyempit. 

Saat olahraga, jantung akan dipacu. Kebutuhan aliran darah akan meningkat dan jantung harus bekerja lebih keras.  Dengan mengisap asap rokok, jantung bekerja lebih keras. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, fungsi pompa jantung bisa melemah.

2. Gangguan Fungsi Otak

Merokok setelah olahraga akan meningkatkan jumlah karbon monoksida di aliran darah. Karbon monoksida memiliki efek serius terhadap fungsi otak. 

Karbon monoksida bisa mengganggu kinerja visual, mengacaukan keterampilan motorik, bahkan menghambat penalaran kognitif. Aktivitas merokok setelah olahraga berpotensi menimbulkan keluhan sakit kepala dan efek tak diinginkan lainnya bisa terjadi.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Bahaya Merokok setelah Olahraga

3. Sulit Bernapas

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan oksigen sebanyak mungkin untuk pulih. Itulah sebabnya pernapasan menjadi lebih cepat dan detak jantung meningkat. 

Menghirup asap rokok mempersempit saluran udara di paru-paru dan membuat sulit bernapas, serta mengurangi jumlah oksigen di dalam darah. 

4. Lemas

Merokok dapat mengurangi kadar oksigen di dalam darah. Karena itu, merokok setelah olahraga dapat membuat lelah selama masa pemulihan. 

Seharusnya berolahraga membuatmu semangat, tapi bagaimana kalau malah lelah? Hal ini tentu bisa membuat dorongan untuk kembali berolahraga berkurang.

5. Penurunan Kadar Testosteron

Memiliki kadar testosteron normal atau tinggi bermanfaat bagi kamu yang ingin membangun otot dari berolahraga. Merokok setelah olahraga berdampak pada testosteron. 

Mengisap rokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi testosteron di dalam tubuh. Hal ini kemudian akan menghambat produksi testosteron dan menurunkan kadar testosteron di dalam tubuh.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 10/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer