Sukses


Daftar Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Tekanan Darah Tinggi

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan hal penting bagi siapa saja untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk bagi mereka yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyebab serangan jantung dan stroke. Penyakit ini sering disebut sebagai "silent killer" karena jarang menyebabkan gejala.

Tekanan darah normal memiliki angka kurang dari 120/80 mm Hg. Hipertensi stadium 1 adalah kondisi di mana angka tekanan darah menunjukkan angka 130/80 mm Hg atau lebih tinggi. Hipertensi stadium 2 adalah tekanan darah yang berada di atas 140/90 mm Hg.

Jenis olahraga apa pun dianggap bagus untuk jantung dan tekanan darah. Akan tetapi, jika terlalu memaksakan dapat berpotensi menaikkan tekanan darah yang memicu gangguan kesehatan.

Untuk lebib jelasnya, verikut daftar olahraga yang cocok untuk pengidap tekanan darah tinggi, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (1/3/2023).

2 dari 3 halaman

Daftar Olahraga yang Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

1. Senam

Senam merupakan olahraga yang aman, praktis, dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membantu melenturkan otot-otot di tubuh, senam meningkatkan ketenangan dan menurunkan stres, yang merupakan hal penting dalam penanganan penyakit hipertensi.

2. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat karena melibatkan otot-otot besar di bagian bawah tubuh dan membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen.

Maka itu, bersepeda menjadi satu di antara olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan hipertensi.

3. Yoga

Olahraga alternatif untuk pengidap hipertensi adalah yoga. Selain membuat rileks, melakukan yoga dapat menurunkan risiko stroke sebesar 10 persen dan penyakit jantung sebesar 7 persen.

Namun, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai yoga apa yang cocok dengan kondisi kesehatanmu.

3 dari 3 halaman

Daftar Olahraga yang Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

4. Lari Pagi

Lari pagi maupun joging dapat menjadi satu di antara pilihan olahraga karena relatif aman dan terjangkau berbagai kalangan. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia dan dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Apabila kamu tidak terbiasa untuk lari, kamu dapat memulainya dengan jalan pagi terlebih dahulu dan tingkatkan intensitasnya secara perlahan.

5. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang cukup aman bagi para pengidap hipertensi, khususnya yang memiliki berat badan berlebih. Dengan berenang, sebagian berat tubuh akan ditopang oleh air sehingga tidak memberatkan sendi-sendi tubuh.

Selain itu, berenang membuat seluruh tubuh bergerak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/9/2020)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer