Sukses


Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Cerita legenda adalah prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Legenda termasuk cerita rakyat yang diwariskan turun-menurun sejak lama, baik secara lisan maupun tulisan.

Kata legenda berasal dari bahasa Latin, yaitu "legere". Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Tokoh yang ditampilkan dalam cerita legenda ini biasanya manusia, meski terkadang memunyai sifat-sifat luar biasa dan sering dibantu oleh makhluk ajaib.

Dalam legenda, terjadi percampuran antara fakta historis dan mitos. Maka itu, legenda sering dianggap sebagai sejarah kolektif (folk history).

Berikut contoh cerita legenda yang paling populer di Indonesia, dikutip dari laman Mustakim, Rabu (8/3/2023).

2 dari 6 halaman

Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

1. Sangkuriang

Kisah legenda ini berasal dari Lembang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Legenda Sangkuriangdiyakini sebagai asal muasal gunung Tangkuban Perahu.

Sangkuriang memiliki kisah mencintai ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Dayang Sumbi yang tak mau Sangkuriang menikahinya memberikan syarat yang mustahil untuk diwujudkan sebagai mahar pernikahan.

Sangkuriang disuruh membuat perahu dan danau dari bendungan sungai Citarum. Sangkuriang yang sakti pun mengerahkan bala bantuan untuk membangun danau dan kapal tersebut.

Namun, Dayang Sumbi yang takut terwujud akhirnya membunyikan halu dan lisung untuk mengelabui Sangkuriang, dan Jin yang disuruh ketakutan hingga pengerjaan danau tidak selesai.

Hal tersebut membuat Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut hingga beberapa saat kemudian perahu tersebut berubah menjadi sebuah Gunung dan dinamakanlah Tangkuban Perahu.

2. Malin Kundang

Kisah legenda selanjutnya berasal dari Pantai Air, Padang, Sumatra Barat. Kisah anak durhaka yang setelah memiliki kekayaan dan istri yang cantik mencoba pulang kampung.

Saat pulang kampung ia disambut oleh ibunya dengan senang. Namun, tidak dengan Malin Kundang, ia malah tidak mengakui sang ibu karena malu dengan istri dan awak kapalnya.

Sang ibu yang sakit hati akhirnya memohon kepada Tuhan untuk menghukum anak kandungnya tersebut. Sumpah serapah pun terjadi, Malin kundang, istri, dan awak kapal hingga seluruh isi kapal menjadi batu.

3 dari 6 halaman

Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

3. Keong Mas

Keong Mas merupakan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Timur. Keong Mas menceritakan perjalanan cinta antara Candra Kirana dengan Raden Inu.

Galuh Ajeng yang merupakan saudara dari Candra Kirana merasa iri dan mencoba mencelakakan Candra Kirana, dengan menyuruh nenek sihir untuk mengutuk Candra Kirana menjadi seekor Keong Mas yang menjijikkan.

Namun, atas kebaikan dari Keong Mas dan kesungguhan Raden Inu yang pantang menyerah, Candra Kirana akhirnya bebas dari kutukan, dan Galuh Ajeng mendapatkan hukuman atas perbuatannya.

4. Danau Toba

Danau Toba merupakan cerita rakyat yang berasal dari Sumatra Utara. Legenda ini menceritakan Toba yang melanggar janji terhadap istrinya yang merupakan seorang jelmaan ikan, dan menjadikan tempat Toba sebagai danau karena kemarahannya.

4 dari 6 halaman

Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

5. Roro Jonggrang

Roro Jonggrang merupakan kisah yang berasal dari Desa Prambanan. Dahulu diceritakan ada satu kerajaan yang memiliki putri sangat cantik bernama Roro Jongrang.

Roro Jonggrang yang mengajukan syarat perkawinan dengan 1000 buah candi dalam satu malam. Namun, Roro Jongrang curang dan menggagalkan Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso yang tahu kelicikan Roro Jonggrang akhirnya ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca terakhir dari syarat tersebut.

6. Timun Mas

Timun Mas merupakan kisah legenda yang mengisahkan seorang janda yang menginginkan seorang anak.

Pada suatu ketika janda tersebut didatangi oleh raksasa yang ingin memberinya anak, tetapi setelah dewasa anak tersebut akan disantapnya.

Mbok Sirni merawat Timun Mas tersebut dan jadilah seorang bayi, lalu ia rawat hingga dewasa, dan ia mencoba melindungi Timun Mas dengan tiga alat sakti yaitu timun ajaib, jarum, dan bingkisan garam.

5 dari 6 halaman

Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

7. Bawang Merah Bawang Putih

Cerita berawal dari seorang ayah dan anak yang hidup bahagia. Namun, kebahagiaan itu sirna di kala ayahnya menikahi ibu tirinya dan membawa saudara tiri.

Bawang putih yang berhati baik selalu di tindas oleh ibu tirinya dan saudara tirinya yaitu bawang merah.

Hingga suatu ketika bawang putih harus mencuci di sungai dan pakaiannya hanyut dan dipertemukan dengan nenek yang memberikannya labu ajaib yang di dalamnya berisi emas.

8. Situ Bagendit

Situ Bagendit merupakan cerita legenda di Garut yaitu Situ Bagendit. Menceritakan seorang rentenir bernama Nyi Endit. Ia sangat bengis dan tidak memiliki belas kasihan.

Suatu ketika ada seorang pengemis yang meminta makanan, tapi malah diusir dan ingin dihajar oleh pengawal Nyi Endit. Namun, mereka terpental dan pengemis itu menancapkan sebuah lidi.

Tiada satu pun yang bisa mencabutnya kecuali dia sendiri, kemudian dari lidi itu tersembur air yang sangat banyak sehingga menenggelamkan Nyi Endit dan semua pengikutnya tenggelam dalam Situ Bagendit.

6 dari 6 halaman

Contoh Cerita Legenda Paling Populer di Indonesia

9. Selendang Bidadari

Cerita ini mengisahkan pemuda tampan Datu Awang Sukma yang mencuri selendang bidadari. Bidadari yang sedang mandi berjumlah tujuh orang.

Namun, ada satu bidadari yang tak bisa pulang ke kayangan karena kehilangan selendangnya. Bidadari yang tinggal di bumi akhirnya menikah dengan Datu Awang Sukma dan memiliki putri.

Namun, suatu ketika selendang itu ditemukan di bawah peti dan membuat sang bidadari kembali ke kayangan dan meninggalkan Datu juga anaknya.

10. Talaga Warna

Kisah ini merupakan kisah raja dan permaisuri yang memiliki sikap sombong dan tidak tahu terima kasih.

Saat ulang tahun yang ke-17 tahun, dia dihadiahi kalung oleng ayahnya yang dibeli dari kakek tua. Namun, kalung itu dibuang hingga permatanya bercerai berai.

Sang permaisuri yang sakit hati atas perlakuan putrinya menangis dan mengenai pecahan warna warni kalung itu, dan dari air mata itu terbentuk danau yang memiliki warna-warni seperti kalung itu.

 

Sumber: Mustakim

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer