Sukses


Macam-Macam Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup

Bola.com, Jakarta - Tumbuhan, pepohonan, bahkan rerumputan memainkan peranan sangat penting, akan tetapi mungkin selama ini mungkin kita abaikan.

Meski kerap mendengarkan dan mempelajari betapa pentingnya peran dan manfaat tumbuhan, hal tersebut kurang berbanding lurus dengan bagaimana cara kita menjaga dan melindungi alam.

Padahal, tumbuhan penting bagi bumi dan semua makhluk hidup, termasuk manusia dan hewan. Manusia bahkan menggantungkan hidupnya pada tumbuh-tumbuhan.

Banyak orang yang dengan serakah menebang pohon di hutan untuk kepentingan sendiri sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan dan alam.

Dengan itu, sayangi dan jaga berbagai tumbuhan yang ada di sekitar kita sehingga keberlangungan hidup bisa seimbang. 

Untuk lebih memotivasimu dalam menjaga tumbuhan, kamu perlu mengetahui berbagai manfaatnya bagi makhluk hidup di muka bumi ini.

Berikut macam-macam manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup, seperti disadur dari Dream, Senin (13/3/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Tumbuhan

1. Menyerap Polusi Udara

Tumbuhan bermanfaat sebagai penyerap polusi di udara. Pada siang hari, tanaman menyerap karbon dioksida. Ini juga bisa menjadi penyerap polusi.

Pohon menyerap karbon dari atmosfer yang meningkatkan kualitas udara dan membantu mengurangi jejak karbon. Selain itu, pepohonan dan lanskap membantu menyerap polutan dan partikel di udara sehingga meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan.

2. Menjaga Kualitas Tanah

Tanaman mengambil air dan nutrisi mineral melalui akarnya, dan mengembalikan bahan organik ke tanah melalui serasah, akar, dan eksudat akar. Pengomposan, penambahan bahan organik, rotasi tanaman, dan penanaman tanaman penutup akan membantu meningkatkan kualitas tanah di kebun.

3. Sumber Pangan Paling Utama

Tumbuhan berfungsi sebagai sumber utama makanan. Manusia menggunakan bagian yang berbeda dari tanaman yang berbeda sebagai makanan. Makanan berbasis tumbuhan menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan pangan, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makan makanan berbasis tumbuhan meningkatkan kesehatan usus.

Ini membuat tubuh lebih mampu menyerap nutrisi dari makanan yang mendukung sistem kekebalan dan mengurangi peradangan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tumbuhan

4. Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas

Daun hijau pada tumbuhan melakukan fotosintesis dan respirasi sepanjang waktu. Lantaran fotosintesis inilah, tumbuhan menyerap gas karbon dioksida untuk membuat gula dan menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan.

Gas oksigen yang dilepaskan oleh tumbuhan bermanfaat bagi manusia untuk bernapas. Tumbuhan melepaskan oksigen pada siang hari dengan adanya cahaya alami melalui proses fotosintesis. Pada malam hari, tumbuhan menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida, yang disebut respirasi.

5. Menjaga Suhu Udara

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup selanjutnya adalah menjaga suhu udara agar tetap sehat dan sejuk. Kondisi suhu yang panas disebabkan karena produksi oksigen yang tidak merata di suatu tempat.

Biasanya kondisi udara di perkotaan panas dan kotor. Maka itu dibuatlah taman kota dan peletakan tumbuh-tumbuhan di beberapa tempat untuk menjaga suhu udara.

Hal ini berarti makin banyak pohon dan tumbuhan di sebuah tempat, makin segar dan dingin suhu udaranya. Tidak heran udara di pegunungan lebih sejuk dan dingin dibandingkan di perkotaan yang berisi gedung-gedung tinggi.

6. Menjaga Kualitas Air

Tumbuhan berperan besar untuk menjaga air tetap bersih dengan menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Tanaman menyerap fosfor dan nitrogen tingkat tinggi dalam air limbah.

Contohnya, enceng gondok dapat memainkan peran utama dalam membersihkan danau dengan menyerap polutan dalam air.

Selain itu, tumbuhan membantu mencegah erosi tanah di sekitar danau dan kolam dengan melindungi garis pantai dari gelombang, arus, dan angin. Mereka juga membantu menstabilkan sedimen.

Bersama-sama, ini membantu meningkatkan kejernihan air dan mengurangi jumlah polusi yang masuk ke saluran air melalui erosi sedimen.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tumbuhan

7. Digunakan Sebagai Obat-Obatan

Tumbuhan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan obat-obatan. Banyak obat-obatan yang terbuat dari ekstrak tumbuhan. Ini disebut dengan tanaman obat. Tanaman obat umumnya dikenal dan populer karena berbagai manfaat kesehatan.

Banyak tanaman menghasilkan zat khusus di akar, daun, bunga, atau bijinya. Sejak zaman dahulu, orang telah mengumpulkan zat-zat ini untuk membuat obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit tertentu. Banyak tumbuhan yang kemudian digunakan dalam pengobatan modern.

8. Mengatur Siklus Air

Selain menjaga kualitas air, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang tidak kalah penting adalah untuk mengatur siklus air. Tumbuhan mendapatkan air dari akarnya dan melepaskan uap air melalui pori-pori kecil yang ada di bagian bawah daun.

Proses transpirasi ini membuat tumbuhan mengalirkan air dari tanah untuk kembali ke atmosfer.

9. Sumber Bahan Sandang

Selain bermanfaat sebagai sumber pangan dan obat-obatan, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup penting duntuk memenuhi kebutuhan sandang. Satu di antaranya serat alami terpenting di dunia saat ini berasal dari tanaman kapas.

Tumbuhan yang dijadikan sebagai bahan sandang di antaranya rami, kapas, bambu, linen, dan banyak lagi lainnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tumbuhan

10. Pupuk Alami

Limbah tanaman digunakan untuk membuat pupuk kandang. Pupuk kandang ini digunakan untuk pertumbuhan tanaman dan tanaman lain. Daun kaya akan mineral, menarik cacing tanah, mempertahankan kelembapan, dan membantu membuat tanah yang berat menjadi lebih ringan.

Jika tumbuhan tumbuh dengan subur, makhluk hidup lain bisa mengambil manfaat darinya.

11. Memenuhi Kebutuhan Hewan

Hewan cukup mudah beradaptasi, tetapi mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa tempat berlindung dan makanan. Tumbuhan biasanya menyediakan sumber keduanya bagi hewan, seperti, rusa biasanya lebih suka tinggal di daerah berhutan.

Hutan membantu melindungi mereka dari pemangsa dan mereka juga memiliki sumber makanan tetap. Mereka akan menjelajah ke daerah lain jika persediaan makanan mereka langka, tetapi biasanya lebih suka berada di daerah yang lebih terpencil.

Beberapa spesies tidak dapat bertahan hidup tanpa tanaman.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 3/1/2022)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer