Sukses


Contoh-Contoh Takdir Mubram dalam Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Takdir adalah ketetapan dan ketentuan Allah Swt. terhadap manusia dan makhluk lainnya sesuai kadar atau ukurannya masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari takdir adalah ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan; nasib.

Jadi, segala peristiwa yang terjadi di alam semesta ini yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Keputusan dari Allah tersebut tidak bisa diprotes atau ditolak siapa pun.

Mungkin seseorang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan sesuatu yang diharapkan, tetapi jika Allah Swt. tidak berkehendak dan menentukan lain, ia harus menyadari bahwa itu takdirnya.

Takdir ada dua macam, yaitu takdir mubram dan takdir muallaq. Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah Swt. yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.

Jadi, takdir mubram sudah ditentukan atau diputuskan dan akan terjadi. Takdir mubram tidak dapat diubah lagi, dan umat Islam harus menerimanya dengan ikhlas.

Untuk memahami lebih dalam tentang takdir mubram perlu mengetahui contohnya. Ada banyak contoh takdir mubram yang akan terjadi.

Berikut ini contoh-contoh takdir mubram dalam kehidupan, dilansir dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Senin (13/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Takdir Mubram

Contoh Takdir Mubram

Contoh dari takdir mubram adalah kematian. Umur seseorang sudah dituliskan sehingga apa pun itu tidak ada yang bisa mengubahnya.

Adapun yang perlu dilakukan sebagai umat muslim hanyalah berdoa dan berusaha agar jatah usia yang diberikan oleh Allah Swt. berkah dan diisi dengan hal-hal yang positif sesuai apa yang Allah perintahkan.

Contoh Takdir Mubram

Contoh takdir mubram lainnya ialah kelahiran. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan dilahirkan. Semua menjadi rahasia Allah Swt. dan terjadi sesuai ketetapan-Nya.

Contoh Takdir Mubram

Jenis kelamin juga termasuk takdir mubram. Kita tidak dapat mengubah jenis kelamin. Meski, ada beberapa orang yang berusaha mengubah jenis kelaminnya dengan operasi.

Hasilnya tidak akan berbeda, orang-orang itu tidak akan pernah mencapai gender yang mereka inginkan karena ada kemampuan khusus untuk setiap gender yang tidak dapat ditukar.

3 dari 4 halaman

Contoh Takdir Mubram

Contoh Takdir Mubram

Tragedi bencana alam juga termasuk takdir Mubram. Bencana seperti gunung meletus, gempa bumi, merupakan takdir yang tidak bisa diubah.

Kita sebagai umat manusia, hanya dapat terus berikhtiar serta berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui kapan bencana tersebut akan datang.

Contoh Takdir Mubram

Contoh takdir mubram ialah datangnya hari penghakiman atau kiamat. Allah Swt. telah menentukan kapan hari kiamat akan datang.

Sebagai seorang muslim yang baik, hanya bisa beriman kepada-Nya dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengubah ketentuan itu.

4 dari 4 halaman

Contoh Takdir Mubram

Contoh Takdir Mubram

Sirkulasi tata surya termasuk takdir mubram. Ini termasuk matahari terbenam, matahari terbit, bulan atau gerhana matahari.

Tak seorang pun di dunia ini dapat mengubah ketentuan itu. Hanya Allah Swt. yang diperbolehkan dan mampu mengubah ketentuan itu dengan kuasa-Nya.

Contoh Takdir Mubram

Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu secara pasti apakah orang yang saat ini dekat dan menjalin hubungan dengan kita adalah jodoh.

Hanya Allah Swt. yang mengetahui hal tersebut sehingga sebagai umat muslim, hanya perlu berserah diri, sambil berusaha dengan memperbaiki diri, serta mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer