Sukses


Daftar Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Bengkoang termasuk satu di antara buah dengan tekstur renyah dan menyegarkan. Buahnya berwarna putih dan cocok dinikmati kapan saja. 

Di Indonesia, buah ini bisa dikonsumsi sebagai bagian dari rujak atau disantap begitu saja.

Bengkoang kaya kandungan serat makanan, serta mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan berbagai mineral seperti kalsium, kalium, serta magnesium.

Jadi, rutin mengonsumsi bengkoang baik bagi kesehatanmu. Apalagi harga bengkoang relatif terjangkau, kamu bisa kapan saja mengonsumsinya.

Lantaran berbagai kandungan tersebut, bengkoang dimanfaatkan untuk kesehatan hingga kecantikan. Banyak produk kosmetik menggunakan bengkoang sebagai bahan dasarnya, semisal masker.

Sementara untuk kesehatan, bengkoang dapat memperlancar pencernaan dan mencegah penyakit jantung.

Nah, jika kamu penasaran apa saja manfaat bengkoang bagi kesehatan, berikut daftar manfaat bengkoang untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

1. Mengatasi Darah Tinggi

Bengkoang kaya kandungan mineral, satu di antaranya adalah kalium, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Kalium merupakan vasodilator, yang memiliki fungsi untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga dapat menurunkan kondisi stres yang terjadi pada sistem kardiovaskular.

Mengonsumsi bengkoang secara rutin dapat menurunkan tekanan darah, dan juga menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

2. Mencegah Kanker

Mengonsumsi bengkoang secara rutin dapat mencegah berbagai macam penyakit, satu di antaranya adalah kanker. Hal ini karena bengkoang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh, yang pada akhirnya dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Konsumsi bengkoang secara rutin, dalam bentuk mentah ataupun dijadikan sebagai campuran jus.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Bengkoang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kadar LDL berkaitan dengan penyakit jantung.

Kamu bisa mengonsumsi bengkoang mentah atau diolah menjadi jus untuk menurunkan kolesterol dalam darah. 

Kandungan air dan serat dalam bengkoang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar mineral yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

4. Melancarkan Pencernaan

Bengkoang merupakan satu di antara sekian banyak sumber makanan yang mengandung serat makanan tinggi, kandungan serat makanan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Bengkoang dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, diare, hingga perut kembung, berkat kandungan serat di dalamnya

Bagi kamu yang ingin selalu lancar saat melakukan buang air besar, disarankan untuk rutin mengonsumsi bengkoang. Selain itu bengkoang mengandung berbagai macam mineral yang dengan efektif dapat menyehatkan sistem pencernaan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bengkoang kaya kandungan serat dan air yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Bengkoang juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, yang dapat menjadi antioksidan yang baik dan membantu dalam penurunan kadar kolesterol.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Semua orang tentu ingin memiliki otak cerdas dan kemampuan kognitif mengesankan. Kamu bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi buah bengkoang secara rutin.

Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B6 pada bengkoang yang dipercaya mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan

7. Mengatasi Diabetes dan Menurunkan Berat Badan

Pasien diabetes biasanya akan dianjurkan oleh dokter untuk mengonsumsi bengkoang karena dapat mengontrol gula dalam darah.

Bengkoang memiliki rasa segar tanpa asam atau manis seperti buah-buahan pada umumnya. Namun, justru di balik rasanya, bengkoang mengandung gula cukup rendah sehingga daat menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, bengkoang mengandung rendah kalori dan serat yang tinggi guna membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Bengkoang mengandung banyak mineral seperti magnesium, magan, dan zat besi. Berbagai macam mineral tersebut dapat memberi efek baik dalam menjaga kesehatan tulang.

Selain itu mengonsumsi bengkoang dapat menjaga kepadatan tulang, khususnya bagi orang lanjut usia, yang pada akhirnya menurunkan risiko terkena penyakit tulang, satu di antaranya adalah osteoporosis.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Bengkoang telah digunakan sebagai obat perawatan kulit semenjak ribuan tahun lalu oleh masyarakat China kuno.

Bengkoang mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit. Sifat antioksidan di dalam bengkoang juga menyehatkan kulit dan menghindarkan dari penuaan dini karena dapat menangkal radikal bebas.

Kamu dapat mengonsumsi bengkoang secara langsung atau menggunakannya sebagai masker.

 

Sumber: Berbagai sumber

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer