Sukses


Pengertian dan Sejarah Olahraga Golf

Bola.com, Jakarta - Dalam masyarakat sehari-hari, golf kerap disebut sebagai "olahraganya orang kaya". Pasalnya, hanya kalangan tertentu saja yang bisa bermain olahraga ini seperti pengusaha kelas atas atau pejabat.

Meski terkenal dengan label olahraga mahal, bermain golf memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tubuh bisa menjadi lebih rileks, ditambah lagi paparan sinar matahari di lapangan, khususnya pada waktu tertentu, bisa menjaga kesehatan tulang.

Golf adalah olahraga yang dilakukan di luar ruangan dengan menggunakan sebuah bola kecil. Tujuan dari olahraga ini adalah memasukkan bola ke lubang yang disebut hole dari daerah yang sudah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Sebelum disebut dengan golf, awalnya olahraga ini dijuluki dengan gouf. Kemudian istilah tersebut berkembang menjadi goulf yang berarti memukul.

Ada pula yang menyebutkan kalau istilah golf berasal dari singkatan Gentlement Only Ladies Forbidden. Fakta ini merujuk pada sejarah yang menyatakan permainan golf hanya dikhususkan untuk pria.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang olahraga golf. Setelah mengetahui pengertian dari golf, kamu perlu mempelajari juga sejarahnya.

Berikut ini rangkuman pengertian dan sejarah olahraga golf yang bisa menambah wawasan, dilansir dari laman Materiolahraga dan Gogolf, Kamis (16/3/2023).

2 dari 5 halaman

Sejarah Golf secara Umum

Golf pertama kali dimainkan pada 1100-an. Olahraga ini terinspirasi dari penggembala Skotlandia yang sering memukul batu kecil dengan tongkat mengarah ke lubang sarang kelinci.

Lokasi permainan penggembala tersebut kemudian berkembang menjadi The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews.

Penelitian sejarah golf lainnya dilakukan oleh Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou, menyebutkan bahwa olahraga ini golf mulai dikenal di China pada era Dinasti Tang Selatan.

Di dalam arsip China, sekitar 500 tahun sebelum permainan ini dimainkan di Skotlandia, golf sudah dimainkan oleh pejabat Dinasti Tang Selatan.

Pejabat ini mengajari putrinya untuk menggali lubang di tanah dan memasukkan bola ke dalamnya. Baru kemudian golf diperkenalkan ke Eropa dan Skotlandia di akhir abad pertengahan oleh orang Mongolia.

Ada juga yang menyebutkan kalau golf sudah dimainkan oleh masyarakat Belanda pada 26 Februari 1297 di Kota Loenen Aan De Vecht. Olahraga ini dimainkan menggunakan bola kulit dan tongkat. Pemain yang berhasil paling banyak mengenai sasaran dengan bola, akan menjadi pemenangnya.

3 dari 5 halaman

Sejarah Golf secara Umum

Golf yang dimainkan di era modern saat ini merupakan olahraga yang ditemukan oleh orang Skotlandia. Hal ini disimpulkan berkat adanya Undang-Undang Parlemen Skotlandia yang menyebutkan larangan memainkan golf di abad ke-15.

Larangan ini diberlakukan oleh Raja James II dari Skotlandia karena dianggap mengganggu latihan memanah pasukannya.

Hal ini didukung oleh fakta adanya lapangan golf permanen pertama di Skotlandia, berikut dengan sistem keanggotaan klub golf pertama dan peraturan tertulis pertama yang mengatur olahraga ini.

Padang golf dengan 18 hole serta turnamen golf resmi yang pertama dipertandingkan juga terdapat di Skotlandia. Dari sinilah kemudian permainan golf modern mulai diperkenalkan ke Inggris dan ke seluruh dunia.

Aawalnya jumlah lubang dalam golf bukanlah 18 melainkan 11 lubang dengan jarak berdekatan. Lalu pada 1767, padang golf dibuat hanya memiliki sembilan lubang atau jika dimainkan bolak-balik menjadi 18 lubang.

Sedangkan stik yang digunakan terbuat dari kayu bukan dari besi baja. Demikian pula dengan bola golf juga terbuat dari kayu dan berkembang menjadi bola dengan inti terbuat dari campuran karet padat dan polimer.

4 dari 5 halaman

Sejarah Golf di Indonesia

Menurut catatan sejarah, Batavia Golf Club adalah klub pertama yang didirikan di Hindia Belanda atau Indonesia pada 1872. Pendirinya adalah Mr. A. Gray dan Mr. T.C Wilson.

Saat itu jumlah anggotanya ada 16 orang dan berasal dari Inggris. Lokasi awal lapangan golf pertama di Indonesia berada di Jakarta, tepatnya di kawasan Gambir, yang dahulu bernama Koningsplein.

Batavia Golf Club sempat vakum selama 20 tahun. Pada bulan Agustus 1894, dalam rapat yang diadakan di rumah seorang konsulat Inggris, Mr. K.A Stevens, Batavia Golf Club kembali bangkit.

Kala itu segala sesuatunya ditata dengan baik hanya dalam waktu 10 hari, jumlah anggota meningkat menjadi 32 orang dan Mr. S.R Lankester dipilih menjadi presiden perkumpulan.

5 dari 5 halaman

Sejarah Golf di Indonesia

Seiring perkembangan Batavia Golf Klub kemudian berpindah tempat. Pada 1911, Batavia Golf Klub pindah ke daerah Bukit Duri, Jakarta, dan kemudian pindah lagi ke daerah Rawamangun sejak tahun 1937 hingga saat ini.

Ketika Jepang datang tahun 1942 dan mulai menguasai Indonesia, Pemerintah Jepang saat itu mengganti semua istilah Belanda dengan istilah lokal. Sejak itu Batavia Golf Club berganti nama menjadi Djakarta Golf Klub.

Seiring banyaknya warga Indonesia yang menjadi anggota perkumpulan, kepengurusannya tidak lagi didominasi warga asal Eropa. Puncaknya tahun 1959, Mr. Senu Abdul Rahman menjadi presiden perkumpulan. Sedangkan orang Indonesia pertama yang menjadi presiden perkumpulan adalah E. Martadinata, pada 1960.

 

Sumber: Materiolahraga, Gogolf

Dapatkan artikel sejarah berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer