Sukses


36 Kata-Kata Nasihat Bijak agar Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

Bola.com, Jakarta - Kata-kata nasihat bijak agar tidak terlalu keras kepada diri sendiri bisa menambah pemahamanmu tentang bagaimana memperlakukan diri sendiri dengan lebih baik.

Di dunia yang bisa jadi keras, kamu adalah pengkritik terberat dirimu sendiri. Kita menilai diri kita sendiri dengan tindakan masa lalu kita dan percaya bahwa kita adalah jumlah dari kesalahan kita.

Kita menyalahkan diri kita sendiri atas kesalahan yang telah kita buat, merasa tidak enak tentang hal-hal yang telah dilakukan kepada kita, dan sering diliputi oleh rasa bersalah.

Kamu bahkan mungkin tidak menyadari betapa kerasnya kamu kepada diri sendiri karena itu menjadi reaksi yang wajar.

Kamu bahkan mungkin berpikir bahwa jika kamu tidak keras kepada diri sendiri, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang benar… Namun, sebenarnya tidak perlu terlalu keras kepada diri sendiri.

Alih-alih menyalahkan diri sendiri, cobalah menjadi sahabat dirimu sendiri. Belajar berbicara kepada diri sendiri dengan cara yang baik dan lembut.

Rayakan kesuksesanmu dan belajarlah dari kegagalanmu. Bersikaplah lebih baik kepada diri sendiri dan jangan menyalahkan diri sendiri tentang hal-hal yang belum dapat kamu capai atau kesalahan yang telah kamy buat di masa lalu.

Pelajari cara memaafkan diri sendiri karena menjadi manusia dan membuat kesalahan seperti yang dilakukan orang lain. Berusahalah untuk menerima kekuranganmu sehingga kamu dapat menyingkirkannya dan menjadi versi terbaik dari dirimu.

Saat kamu merasa sedih, ingatlah bahwa setiap orang membuat kesalahan dan kita semua memiliki kelemahan, dan kita semua bisa meningkat dalam beberapa cara. Faktanya, kita tidak harus sempurna untuk menjadi berharga. Sering kali hanya melakukan yang terbaik yang kita bisa, sudah cukup.

Bacalah kata-kata nasihat bijak agar jangan terlalu keras kepada diri sendiri untuk mengingatkan kamu bahwa tidak apa-apa membuat beberapa kesalahan di sepanjang perjalanan hidupmu.

Berikut kumpulan kata-kata nasihat bijak agar jangan terlalu keras kepada diri sendiri, dinukil dari Motivationandlove, Kamis (16/3/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak agar Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

1. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri karena pada akhirnya, yang terpenting adalah kamu mencoba yang terbaik. Berkembanglah untuk menjadi lebih baik lain kali."

2. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Tidak ada yang mencapai kesempurnaan, jadi tidak ada alasan untuk mengharapkannya dari dirimu sendiri. Jalani hidup sepenuhnya, dan fokus pada hal positif."

3. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Kita semua membuat kesalahan, berjuang, dan bahkan menyesali hal-hal di masa lalu kita. Namun, kamu bukanlah kesalahanmu, kamu bukanlah perjuanganmu, dan kamu berada di sini sekarang dengan kekuatan untuk membentuk hari dan masa depanmu."

4. "Terkadang, hidup itu sulit. Tidak ada yang sempurna, dan itu tidak masalah. Saat kamu membuat kesalahan atau mengacaukan sesuatu, jangan terlalu keras kepada diri sendiri."

5. "Saya tahu bahwa kamu sudah lama bersikap keras kepada diri sendiri, dan saya ingin kamu tahu bahwa kamu tidak perlu seperti itu. Kamu telah membuat kesalahan, tetapi itu hanyalah kesalahan. Dunia masih mencintaimu."

6. "Tantangan terbesar adalah menjadi diri sendiri di dunia yang mencoba menjadikanmu seperti orang lain. Jangan kehilangan dirimu saat mencoba mempertahankan seseorang yang tidak peduli kehilanganmu."

7. "Jadilah kuat saat kamu lemah, berani saat kamu takut dan rendah hati saat kamu menang. Kamu tidak selalu dapat mengontrol apa yang terjadi di luar, tetapi kamu selalu dapat mengontrol apa yang terjadi di dalam."

8. "Lupakan penyesalan masa lalu dan sebaliknya, tataplah masa depan dengan cinta. Kamu luar biasa apa adanya."

9. "Kamu bukanlah orang yang sempurna, begitu pula orang lain. Tidak ada orang yang selalu tepat dan sempurna dalam segala hal, jadi jangan kecewa jika kamu membuat kesalahan dan menyadari bahwa ada cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak agar Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

10. "Kamu tidak harus ditentukan oleh kesalahanmu. Berfokuslah pada hal-hal baik yang telah kamu capai hari ini, ingatlah bahwa besok akan membawa lebih banyak peluang baru untuk berkembang selama kamu ingat untuk tetap positif, rendah hati, dan bersyukur sepanjang jalan!"

11. "Ketika kamu membuat kesalahan, tuliskan dan kemudian lupakan, lepaskan. Akan selalu ada lebih banyak kesalahan yang harus dilakukan, jadi jangan keras kepada diri sendiri."

12. "Penting untuk diingat bahwa, meski kamu telah melakukan kesalahan, kamu bukanlah orang yang gagal. Lagipula tidak ada orang yang sempurna. Jangan menyalahkan diri sendiri karenanya."

13. "Kita selalu membuat kesalahan. Itu tidak bisa dihindari. Namun, kamu bisa belajar dari mereka. Dan jika kamu mengalami masa sulit, ingatlah bahwa tidak akan selalu seperti ini. Ini akan menjadi lebih baik."

14. "Jika kamu mengalami kesulitan, ingatlah bahwa tidak apa-apa. Kita semua pernah membuat kesalahan. Ini bukan akhir dari dunia."

15. "Kamu adalah manusia, dan manusia terkadang membuat kesalahan. Itu manusiawi. Terus bekerja menuju tujuanmu. Tetaplah percaya kepada dirimu sendiri."

16. "Banyak hal terjadi. Itu semua adalah bagian dari hidup. Ada pasang surut. Satu-satunya hal yang dapat kamu kendalikan adalah bergerak maju, dan untuk maju, kamu harus melepaskan masa lalu."

17. "Jangan menyalahkan diri sendiri. Kita semua adalah manusia. Alih-alih berfokus pada apa yang salah, pikirkan tentang bagaimana kamu dapat melakukannya dengan lebih baik lain kali."

18. "Saya tahu bahwa kamu sudah lama bersikap keras kepada diri sendiri, dan saya ingin kamu tahu bahwa kamu tidak perlu seperti itu. Saya percaya bahwa kamu bisa melewati ini dan menjadi bahagia lagi."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak agar Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

19. "Berhentilah menyalahkan dirimu sendiri. Kamu adalah anak yang hebat dan ada begitu banyak potensi di dalam dirimu. Hal baik masih akan datang."

20. "Jangan terlalu keras pada diri sendiri, kamu tidak harus sempurna. Menjadi manusia yang baik berarti memiliki semacam keterbukaan terhadap dunia, kemampuan untuk memercayai yang tidak diketahui dan orang yang tidak dikenal."

21. "Saat melakukan kesalahan, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri karena itu bisa menguras energi dan mengorbankan kebahagiaan."

22. "Kita mungkin takut akan hal yang tidak diketahui, atau mungkin kita hanya takut membiarkan orang lain melihat kerentanan kita. Penting untuk diingat bahwa keberanian datang dari dalam."

23. "Kamu perlu mengingatkan diri sendiri bahwa menjadi berani akan membantumu mencapai tujuanmu, mengubah hidupmu, dan mendorongmu lebih jauh dari yang pernah kamu bayangkan."

24. "Jangan terlalu khawatir tentang peluang yang kamu lewatkan atau jalan yang tidak kamu ambil. Kamu akan melakukannya lebih baik lain kali."

25. "Kesalahan adalah bagian dari hidup dan itu membuat kita menjadi diri kita sendiri. Kita belajar, kita beradaptasi, dan kita menjadi orang yang lebih baik."

26. "Tidak ada orang yang sempurna, tapi semua orang bisa belajar dari kesalahannya. Terkadang bagus untuk berpura-pura bahwa kamu sudah berhasil dan mulai mengerjakan masalah apa pun yang ingin kamu fokuskan."

27. "Menjadi sempurna tidak berarti selalu melakukan hal yang benar; itu berarti tidak pernah puas dengan apa pun yang kurang dari upaya terbaikmu."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Bijak agar Jangan Terlalu Keras kepada Diri Sendiri

28. "Keberanian tidak selalu mengaum. Terkadang keberanian adalah suara kecil di pengujung hari yang mengatakan, 'saya akan mencoba lagi besok'."

29. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Jangan biarkan kesalahanmu menentukan siapa kamu. Belajar dari itu dan terus bergerak maju."

30. "Terimalah hal-hal yang tidak dapat kamu ubah, miliki keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kamu ubah, dan miliki kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya."

31. "Tidak ada kesalahan dalam hidup, hanya ada pelajaran. Tidak ada yang namanya pengalaman negatif; setiap pengalaman mengajarkan kita sesuatu yang baru dan membantu kita tumbuh menjadi orang yang benar-benar kita inginkan."

32. "Hidup tidak akan selalu mudah. Kamu akan gagal, kamu akan mengecewakan orang lain, dan kamu akan mengecewakan diri sendiri. Perjuanganmu adalah bagian normal dari kehidupan. Lepaskan gagasan bahwa kamu harus sempurna. Rangkullah perjalanannya."

33. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri. Itu akan menyakiti harga dirimu lebih dari yang bisa menyakiti orang yang melakukan kesalahan kepadamu."

34. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri jika kamu telah melakukan kesalahan dalam hidup; semua orang membuat kesalahan, tetapi perlu diingat bahwa satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengakuinya, belajar darinya, dan bergerak maju dengan semangat dan komitmen yang diperbarui."

35. "Kamu seharusnya tidak terlalu keras pada diri sendiri. Tidak ada yang sempurna dan ada lebih banyak cara untuk gagal daripada berhasil."

36. "Jangan terlalu keras kepada diri sendiri ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Sadarilah bahwa terkadang hal-hal harus berantakan agar hal-hal yang lebih baik dapat bersatu. Kuncinya adalah percaya bahwa semuanya akan berhasil pada akhirnya dan biarkan hidup mengejutkanmu sekali saja."

 

Sumber: Motivationandlove

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kata-kata nasihat bijak dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer