Sukses


PB Djarum Lanjutkan Perburuan Bibit Muda Bulutangkis Indonesia Melalui Audisi Umum 2023

Bola.com, Kudus - PB Djarum terus melanjutkan perburuan atlet masa depan Indonesia melalui Audisi Umum 2023. Edisi tahun ini akan digelar terpusat di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 2-6 Juli 2023.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, menyebut Audisi Umum PB Djarum 2023 merupakan komitmen untuk memperkuat roda ekosistem bulutangkis di Indonesia. Yoppy berharap, melalui audisi ini akan melahirkan pahlawan bulutangkis Indonesia pada masa depan.

"Penyelenggaraan Audisi Umum yang diadakan setiap tahun bukan hanya rutinitas menjaring bibit-bibit berkualitas semata, akan tetapi lebih kepada upaya mendorong agar ekosistem bulutangkis terus berputar," ucap Yoppy Rosimin dalam rilis yang terima Bola.com.

"Dengan selalu diselenggarakannya Audisi Umum, kami berharap menghasilkan efek positif bagi seluruh stakeholder yang ada di dunia bulutangkis. Mulai dari atlet, pelaksana event, hingga klub-klub bulutangkis,” ucap Yoppy yang juga menjabat sebagai Ketua PB Djarum.

Audisi Umum PB Djarum 2023 menyasar dua kelompok usia yakni U-11 dan U-13. Untuk U-11 akan diikuti peserta berusia 8-10 tahun atau kelahiran 2013-2015, sedangkan U-13 akan diikuti peserta dengan usia 11-12 tahun atau kelahiran 2011-2012. Untuk kedua kelompok usia itu akan dibagi menjadi sektor putra dan putri.

2 dari 5 halaman

Memotivasi Atlet Muda

Yoppy Rosimin menambahkan, Audisi Umum PB Djarum 2023 tak sekadar pencarian banyaknya bibit muda. Namun, melalui ajang ini diharapkan bisa memotivasi dan memfasilitasi perjuangan atlet muda dalam meraih mimpi sebagai pebulutangkis.

"Audisi Umum tidak selalu tentang berapa banyak atlet yang akan bergabung dengan PB Djarum. Tujuan Audisi Umum lebih besar daripada hal tersebut, yaitu memberi dorongan kepada atlet-atlet muda di seluruh Indonesia, inilah waktunya untuk membela Indonesia melalui bulutangkis," ujar Yoppy.

"PB Djarum siap memfasilitasi perjuangan mereka. Untuk itu, melalui Audisi Umum kami memanggil bibit-bibit berbakat dari Sabang hingga Merauke untuk berpartisipasi dalam proses seleksi ini," tegas Yoppy.

3 dari 5 halaman

Resmi Dibuka

Pendaftaran peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 telah resmi dibuka. Yoppy Rosimin berpesan, agar para calon peserta untuk betul-betul mempersiapkan diri dalam mengikuti ajang tersebut.

"Pendaftaran sudah resmi dibuka mulai hari ini, Rabu 15 Maret 2023. Jadi masih ada waktu sekitar empat bulan lagi sebelum Audisi Umum dimulai. Artinya masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan diri," ucap Yoppy.

"Asah lagi tekniknya, tingkatkan stamina, kecepatan dan power. Kuatkan juga mental dan daya juang, agar kalian bisa tampil maksimal nanti di Audisi Umum. Karena atlet yang punya peluang besar di Audisi Umum adalah mereka yang punya kualitas di atas rata-rata," pesan Yoppy.

4 dari 5 halaman

Kriteria yang Diburu

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, menyebut Audisi Umum tahun kembali ini menerapkan sistem penilaian yang cukup ketat.

Sistem itu demi mendapatkan bibit pebulutangkis berkarakter dan berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum. Selain penguasaan teknik dasar, jajaran tim pencari bakat juga memantau dari semangat juang para peserta di atas lapangan.

"Kriteria akan tetap sama ya, artinya kami lihat talentanya, kemudian teknik dasar para peserta sudah bagus atau belum, serta daya juangnya di atas lapangan," tegas Sigit.

"Untuk detail teknis penilaiannya dari segi tahap screening maupun turnamen, hingga tahap karantina masih dalam proses penggodokan tim pencari bakat. Kami sedang mengevaluasi apa yang harus dibenahi dan diperbaiki agar penerapannya tepat untuk Audisi Umum tahun ini," ucap Sigit.

5 dari 5 halaman

Sosok Berpengalaman

Untuk mencari atlet berkualitas tersebut, Tim Pencari Bakat diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum yang akan dikomandoi oleh Fung Permadi sebagai Koordinator Atlet Putra Tim Pencari Bakat. Sementara itu, Yuni Kartika diplot sebagai Koordinator Atlet Putri Tim Pencari Bakat.

Selain itu tak ketinggalan pula sederet legenda bulutangkis Indonesia yang turut serta memantau bakat para peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 sejak hari pertama.

Untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023, para calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://pbdjarum.org/klub/beasiswa-bulutangkis/ yang telah dibuka mulai 15 Maret 2023.

Video Populer

Foto Populer