Sukses


Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Singkat dan Jelas

Bola.com, Jakarta - Deskripsi diri dalam CV adalah ringkasan profil yang biasanya ditulis hanya dalam beberapa kalimat singkat untuk menggambarkan pendidikan, keterampilan, pengalaman, atau tujuan karier seseorang.

Meski terkesan sederhana, menyusun deskripsi diri tidak semudah yang dibayangkan. Tidak hanya harus membuatnya secara singkat, kamu juga harus membuatnya menarik di mata perekrut.

Informasi deskripsi diri pada CV memiliki peranan penting dalam menarik perhatian HRD. Deskripsi diri biasanya menjadi cara cepat HRD menilai kandidat apakah sesuai dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Maka itu, penulisan informasi contoh deskripsi diri tidak boleh dilakukan secara asal.

Penulisan deskripsi bisa dimulai dengan mendeskripsikan secara singkat pengalaman pekerjaan dan kelebihan yang dimiliki. Namun, akan lebih baik jika pengalaman dan kelebihan diri tersebut sesuai lowongan pekerjaan yang sedang dibuka.

Tulislah secara singkat, padat, dan jelas yang seakan dapat memperlihatkan kontribusimu pada perusahaan apabila mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut kumpulan contoh deskripsi diri dalam CV, dikutip dari laman Ekrut, Jumat (17/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Deskripsi Diri

1. Contoh deskripsi diri fresh graduate

"Lulusan S1 dengan spesialisasi pemasaran digital. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang di dua perusahaan multinasional. Mencari peluang kerja yang memberi kesempatan untuk makin berkembang."

"Lulusan S2 Sastra Inggris dengan pengalaman empat tahun dalam penulisan kreatif, tata bahasa, dan mengajar sastra di tingkat SMA. Memiliki sertifikasi dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan mendidik siswa SMA dengan gangguan mental."

2. Contoh deskripsi diri dengan pengalaman kerja

"Digital marketing specialist dengan track record berhasil mendukung pertumbuhan laba yang konsisten untuk situs bisnis melalui konversi penjualan dan kualitas tinggi."

"Customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari dua tahun. Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 20 persen. Mencari posisi sebagai customer service team supervisor untuk melanjutkan pertumbuhan karier ke manajemen."

3. Contoh deskripsi diri untuk Digital Marketing dalam bahasa Inggris

A Digital Marketer with +5 years of experience in online marketing. Skilled in paid channels optimization: Facebook and Instagram Ads, Google Ads, LinkedIn Ads, and Twitter Ads. I also am able to create creative content for a blog, social media, and marketing campaign activities.

4. Contoh deskripsi diri untuk Senior Software Engineer dalam bahasa Inggris

I am a software engineer with over 8 years’ experience working on complex software development initiatives. I’m passionate about software development and I’m looking forward to getting to work on new projects in the near future.

5. Contoh deskripsi diri untuk Junior Software Developer dalam bahasa Inggris

I am a software developer, specialising in the app development arena. For the last two years, I have been developing games using C++, C#, Python, and Java programming languages.

3 dari 4 halaman

Contoh Deskripsi Diri

6. Contoh deskripsi diri untuk Data Scientist dalam bahasa Inggris

[your name] uses his technical expertise to help companies work on their customer experience and satisfaction. He/She has worked across diverse sectors, helping companies with his/her analytics skills.

7. Contoh deskripsi diri untuk Product Designer dalam bahasa Inggris

I am a product designer creating compelling user interfaces for early-stage B2B tech startups to help them increase acquisition, activation, and de-risk their design investment.

8. Contoh deskripsi diri untuk mahasiswa

"Mahasiswa ekonomi yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, inisiatif, dan mencari tantangan baru. Berpengalaman dalam berbagai organisasi internal maupun eksternal kampus."

9. Contoh deskripsi diri ketika ingin mengubah jalur karier

- "Professional real estate yang berpengalaman selama tiga tahun. Ingin membawa pengalaman ini ke ranah sales. Memiliki keahlian dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan klien. Skill komunikasi yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan. Membuat rekam jejak saya unggul dalam layanan pelanggan."

- "Profesional yang berorientasi pada tujuan untuk mengejar perubahan karier jangka panjang dalam bidang web design. Memiliki pengalaman 10 tahun disertai keterampilan analitis, pemecahan masalah, mahir komputer, dan bisa menindaklanjuti proyek dari awal hingga akhir."

10. Contoh deskripsi diri untuk level manajerial

- "Accounting manager dengan lima tahun pengalaman akuntansi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi."

- "Marketing director dengan pengalaman 20 tahun di bidang pemasaran dan penjualan. Berhasil membuat dan menerapkan kebijakan pemasaran, meningkatkan penjualan sebanyak 40 persen. Memiliki kemampuan manajemen dan interpersonal yang sangat baik."

4 dari 4 halaman

Contoh Deskripsi Diri

11. Contoh deskripsi diri untuk posisi business management

- "Pengalaman profesional selama tiga tahun dalam business management, yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, dan evaluasi pertumbuhan."

- "Tiga tahun pengalaman sebagai koordinator pengembangan bisnis dengan kemampuan berkolaborasi dengan tim penjualan, pemasaran, bisnis, dan produk."

12. Contoh deskripsi diri untuk posisi software engineer

- "Profesional TI yang berorientasi detail dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Terampil dalam mengoperasikan berbagai platform, memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, dan mampu menjelaskan masalah software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami."

- Profesional dengan pengalaman selama tiga tahun lebih dalam pengembangan aplikasi ponsel berbasis Android. Terampil dalam kolaborasi antartim, pemecahan masalah, dan manajemen proyek."

13. Contoh deskripsi diri untuk posisi HR

"HR Generalist dengan pengalaman lebih dari tiga tahun dalam mengelola employee benefit, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kinerja, pelacakan lisensi, dan pendataan SDM. Terampil dalam komunikasi, membangun hubungan dengan karyawan di semua tingkat, HRIS, applicant tracking, dan benefit management."

14. Contoh deskripsi diri untuk posisi sales

"Profesional dalam bidang penjualan dengan 3+ pengalaman dengan spesialisasi dalam manajemen penjualan dan pemasaran. Memiliki kelebihan dalam negosiasi, fokus dalam pencapaian target, dan kemampuan kepemimpinan."

15. Contoh deskripsi diri untuk posisi designer

"Berpengalaman 3+ tahun dalam graphic design, dengan menguasai berbagai software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, visual untuk sosial media, web, dan aset lain untuk kebutuhan pemasaran."

 

Sumber: Ekrut

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer