Sukses


35 Kata-Kata Inspirasi Islami untuk Selalu Bersedekah di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Kata-kata inspirasi Islami untuk bersedekah di bulan Ramadan bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik kepada sesama di jalan Allah Swt.

Bersedekah merupakan tindakan yang sangat mulia. Sedekah termasuk satu di antara sunah yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Banyak pahala yang bisa didapatkan, terlebih jika melakukannya di bulan Ramadan.

Sedekah merupakan perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma dengan penuh rasa ikhlas, tanpa melihat jumlah serta mengharapkan imbalan.

Untuk melakukan amal dan sedekah, kita dituntut untuk tidak menunggu menjadi kaya terlebih dahulu karena sekecil apa pun yang kamu jadikan amal, akan tetap dihitung pahala oleh Allah Swt.

Satu hal lagi yang terpenting adalah saat memberikan sedekah kepada orang lain kita harus tetap dengan keikhlasan karena hal tersebut dapat dihitung sebagai sebuah amal.

Melalui kata-kata inspirasi Islami untuk bersedekah di bulan Ramadan tersebut kamu juga akan memahami bahwa beramal atau bersedekah tidak hanya dapat dilakukan dengan harta atau uang.

Berikut 35 kata-kata inspirasi Islami untuk bersedekah di bulan Ramadan, dikutip dari Awakenthegreatnesswithin, Jumat (17/3/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami untuk Selalu Bersedekah di Bulan Ramadan

1. "Ketika salah satu dari kamu menanam pohon, yang buahnya dinikmati semua makhluk, biarlah itu tertulis sebagai amal." - Nabi Muhammad saw.

2. "Tidak pernah ada orang yang jatuh miskin karena sedekah."

3. "Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan (di jalan Allah) dari sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." - (Q.S Ali Imran: 92)

4. "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah." - (Q.S Al-Baqarah: 276)

5. "Mengucapkan kata-kata yang baik juga termasuk sedekah." - Hadis

6. "Memberi, bahkan ketika kamu tahu kamu tidak bisa mendapatkan apa-apa kembali." - Yasmin Mogahed

7. "Berikanlah sedekah tanpa menunda-nundanya karena sedekah dapat menghalangi datangnya bencana." - Hadis

8. "Untuk membimbing seseorang di tempat di mana dia bisa tersesat adalah kasih amal." - Bukhari

9. "Berbahagialah orang yang bisa memberi tanpa mengingat-ingat dan orang yang mengambil tanpa melupakan (yang memberinya)."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami untuk Selalu Bersedekah di Bulan Ramadan

10. "Pengeluaran seorang untuk keluarganya adalah perbuatan sedekahl" - Nabi Muhammad saw.

11. "Beri sedekah tanpa penundaan karena itu menghalangi malapetaka." - Tirmidzi

12. "Berinfaklah dan jangan menghitung-hitungnya sehingga Allah juga akan menghitung-hitung rezeki-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu tahan hartamu (enggan bersedekah) sehingga Allah juga akan menahan rezeki-Nya kepadamu." - Hadis

13. "Sebagai seorang beriman, aku tidak boleh lupa bahwa kebutuhanku untuk bersedekah akan selalu jauh lebih besar daripada kebutuhan mereka yang menerima sedekah dariku."- Nouman Ali Khan

14. "Seseorang bukanlah orang beriman yang mengisi perutnya sementara tetangganya lapar." - Nabi Muhammad saw.

15. "Sedekah menghapus dosa seperti air memadamkan api." - Nabi Muhammad saw.

16. "Setiap amal kebaikan bernilai sedekah." - Hadis

17. "Ucapan yang baik dan pengampunan lebih baik daripada kasih amal yang diikuti dengan luka. Dan Allah bebas dari kebutuhan dan kesabaran." (Al-Qur'an 2: 263)

18. "Ketika Allah memberimu nikmat secara finansial, jangan tingkatkan standar hidupmu, akan tetapi tingkatkan standarmu dalam bersedekah."

 

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami untuk Selalu Bersedekah di Bulan Ramadan

19. "Allah bukannya tidak adil dengan membuat beberapa orang kaya dan yang lainnya miskin, itu adalah cara Allah untuk menguji keadilan orang-orang yang Dia beri lebih banyak."

20. "Berikanlah dengan sedekah karena kain kafanmu tidak akan memiliki kantong untuk membawa kekayaanmu." - Syekh Ahmad Musa Jibril 

21. "Kekayaan sejati seseorang adalah kebaikan yang dilakukannya di dunia ini." - Nabi Muhammad saw.

22. "Sedekah secara sembunyi-sembunyi bisa meredam murka Tuhan Yang Maha Kuasa (Allah)." - Hadis

23. "Tersenyum di wajah saudaramu adalah tindakan sedekah." - Nabi Muhammad saw.

24. "Jika kamu berinfak kepada seseorang, berterima kasihlah kepada mereka. Kamu mungkin sudah membantu memperbaiki urusan dunia mereka, tapi mereka juga memperbaiki urusan akhiratmu."

25. "Sedekah tidak menurunkan kekayaan." - Nabi Muhammad saw.

26. "Mereka yang membelanjakan uang untuk sedekah akan mendapatkan pahala yang berlimpah." - (Qur'an 75:10)

27. "Jangan merasa malu jika memberi sedikit untuk sedekah; itu karena selalu ada kebaikan dalam memberi tidak peduli seberapa kecil." - Ali Ibn Abi Thalib

 

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Inspirasi Islami untuk Selalu Bersedekah di Bulan Ramadan

28. "Berikanlah sedekah! Karena sedekah itu ibarat sungai yang mengalir. Kamu hanya akan terus memperoleh manfaat dari air bersihnya."

29. "Yang terbaik di antara kamu adalah mereka yang membawa manfaat terbesar bagi banyak orang." 

30. "Sedekah yang kamu berikan akan menjadi naunganmu pada hari penghakiman." - Nabi Muhammad saw.

31. "Amal terbaik adalah yang diberikan di bulan Ramadan." - Tirmidzi

32. "jika kany melakukan perbuatan sedekah secara terbuka, itu adalah baik; Namun, jika kamu memberikannya kepada yang membutuhkan secara diam-diam, itu akan menjadi lebih baik untukmu." (Al-Qur'an 2: 271)

33. "Jangan berpaling dari orang miskin, meski yang bisa kamu berikan kepadanya hanya setengah kurma. Jika kamu mencintai orang miskin dan membawa mereka di dekatmu maka Tuhan akan membawamu mendekati Dia pada hari kiamat." - Hadis

34. "Jangan menahan uangmu karena jika kamu melakukannya, Allah akan menahan berkahnya darimu." - Nabi Muhammad saw.

35. "Jika kamu ingin berdoa kepada Allah untuk kebutuhan hidup yang lebih baik, maka pertama-tama berikanlah sesuatu dalam sedekah." 

 

Sumber: Awakenthegratnesswithin

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer