Sukses


Sertijab Menpora ke Plt Muhadjir Effendy, Zainudin Amali Kenang Perundungan karena Pakai Jersey PSG

Bola.com, Jakarta - Zainudin Amali mengaku punya pengalaman pahit pada awal-awal menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Amali mendapatkan perundungan, karena memakai jersey Paris Saint-Germain.

Perundungan itu diterima Zainudin Amali saat akan melakukan peninjauan pelatnas SEA Games 2019. Ketika itu, Amali baru beberapa hari menerima jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Yang namanya olahraga, salah kostum saja langsung dihajar saya. Waktu itu saya akan meninjau pelatnas SEA Games. Tidak mungkin meninjau pelatnas pakai batik atau jas," kata Zainudin Amali saat serah terima jabatan Menpora, Kamis (16/3/2023).

"Saya ambilah jersey kaos di mobil yang ada. Yang ada jerseynya klub sepak bola luar negeri, PSG. Langsung dihajar saya. Menteri Pemuda dan Olahraga kok pakai jerseynya Paris Saint-Germain," ucap Zainudin Amali.

Perundungan-perundungan semacam itulah yang diterima Zainudin Amali pada saat menjabat sebagai Menpora. Perlakuan itu diterima karena banyak pihak yang meragukan kapasitasnya sebagai Menpora.

2 dari 5 halaman

Borong Jersey

Tak ingin mendapatkan perundungan lagi, Zainudin Amali ketika itu langsung pergi ke toko olahraga untuk membeli jersey. Amali tak hanya membeli satu jersey, melainkan semua yang ada di toko tersebut.

"Setelah itu, saya pergi ke toko olahraga dan saya beli semua jersey yang ada. Betul ini," ucap Zainudin Amali.

Bahkan, Zainudin Amali sempat tak mengganti pakaian saat berkunjung ke pelatnas SEA Games. Busana yang digunakannya adalah setelan formal khas Kemenpora.

"Makanya mengapa begitu jadi menteri beberapa hari saya tidak pernah pakai apa-apa, selalu Kemenpora merah putih dan itu terus yang saya pakai karena saya pernah dibully," ujar Zainudin Amali.

3 dari 5 halaman

Diberi Erick Thohir

Kasus perundungan yang dialami Zainudin Amali ternyata terdengar ke Erick Thohir. Ketika itu, Erick Thohir belum menjadi Ketua Umum PSSI.

"Beliau baca berita itu dan berkata ke saya 'Bang, abang dihajar ya gara-gara salah ini. Nanti saya kirimin bekas-bekas Asian Games deh. Abang pakai itu'," kenang Amali.

"Jadi, saya pakai itu berpindah-pindah dengan ukuran yang berbeda-beda," ujar Amali.

4 dari 5 halaman

Ujung Perjalanan

Zainudin Amali secara resmi telah menyerahkan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sebagai Pelaksana Tugas, Kamis (16/3/2023).

Amali menyebut dengan diserahkan jabatan Menpora pada Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas menjadi ujung perjalanannya di kementerian tersebut. Zainudin Amali juga merasa deja vu saat menyerahkan jabatannya itu.

"Saya menerima jabatan Menpora setelah Pak Hanif Dhakiri. Memang nasib saya kembali menyerahkan jabatan kepada Plt. Saya tidak pernah menerima dan menyerahkan jabatan kepada Menpora definitif," ucap Amali.

"Hari ini saya berakhir di Kemenpora. Ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof. H. Muhadjir Effendy," tegas Amali.

5 dari 5 halaman

Pencapaian Zainudin Amali

Zainudin Amali menjadi Menpora sejak Oktober 2019. Jabatan tersebut diembannya selama tiga tahun lima bulan.

Prestasi olahraga Indonesia terbilang baik bersama Zainudin Amali. Pada SEA Games 2019, Indonesia meraih posisi keempat. Adapun pada 2021 Indonesia sukses menempati peringkat tiga SEA Games.

Sementara itu, prestasi mengesankan juga terjadi pada Olimpiade 2020 di mana Indonesia berhasil meraih satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali.

Video Populer

Foto Populer