Sukses


9 Cara Diet tanpa Olahraga, Cocok Sobat Mager Coba

Bola.com, Jakarta - Diet merupakan langkah yang banyak digunakan oleh orang untuk mendapatkan berat badan dan tubuh yang diinginkan.

Cara terbaik membantu memaksimalkan program diet yang sedang dijalani saat ini ialah dengan memperbanyak aktivitas olahraga.

Namun, beberapa orang menganggap cara tersebut cukup sulit untuk dilakukan karena berbagai alasan. Misalnya, karena aktivitas yang begitu padat atau keterbatasan fasilitas.

Meski demikian, ada cara diet yang bisa dilakukan tanpa perlu olahraga, bahkan sudah terbukti secara ilmiah.

Cara ini sangat cocok bagi kaum rebahan yang suka "mager" atau malas gerak. Jika kamu tertarik mencobanya, silakan menyimak artikel di bawah ini.

Berikut ini sembilan cara diet tanpa olahraga, yang dapat membantu mendapatkan berat badan dan tubuh yang diinginkan, dikutip dari laman WebMD dan Parade, Jumat (17/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Diet tanpa Olahraga

1. Mengonsumsi Makanan dalam Porsi Kecil

Porsi makan yang besar dapat mendorong orang untuk makan lebih banyak serta berisiko mengalami peningkatan berat badan dan obesitas.

Sebaliknya, menyajikan makanan sendiri dengan porsi yang lebih sedikit bisa membantu kamu makan lebih sedikit kalori dan berat badan pun bisa berkurang. Selain itu, hindari kebiasaan makan sambil menonton TV, yang bisa memicu makan secara berlebihan.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan dengan Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup, penting dilakukan sebagai bagian dari diet tanpa olahraga. Kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan, terutama jika kamu minum air putih sebelum makan karena dapat memberikan efek kenyang lebih cepat.

Kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman manis saat makan agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

3. Mengunyah Makanan secara Perlahan

Agar diet tanpa olahraga bisa berjalan dengan optimal, kamu perlu perhatikan cara mengunyah makanan. Penting bagi kamu untuk mengunyah makanan secara perlahan.

Jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan di dalam mulut. Mengunyah makanan secara pelan bisa membantu tubuh untuk memproses nutrisi makanan dengan lebih baik sehingga setiap makanan yang masuk ke tubuh bisa diurai secara optimal dan menjaga perut tetap terasa kenyang.

3 dari 4 halaman

Cara Diet tanpa Olahraga

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Cara berikutnya yang dapat dilakukan, yaitu memperbanyak makanan dengan kandungan protein. Protein adalah nutrisi makro yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menunda rasa lapar.

Melansir The American Journal of Clinical Nutrition, meningkatkan konsumsi protein sebanyak 15-30 persen membuat orang mengonsumsi lebih sedikit kalori dalam sehari, otomatis makanan yang dimakan pun tidak sebanyak biasanya.

5. Menghindari Makan Junk Food

Junk food termasuk makanan yang rendah kandungan serat dan tinggi kalori serta lemak jenuhnya. Menghindari junk food termasuk satu di antara cara diet sehat tanpa olahraga.

6. Perbanyak Asupan Serat

Tidak diragukan lagi bahwa serat makanan yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan sereal dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Penelitian dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2001 menunjukkan bahwa orang yang makan 14 gram ekstra serat per hari secara alami makan sekitar 10 persen lebih sedikit kalori per hari, bisa mengurangi sekitar 1,8 kilogram dalam waktu kurang dari empat bulan.

4 dari 4 halaman

Cara Diet tanpa Olahraga

7. Tidur yang Cukup

Kurang tidur membuat hormon yang memicu rasa lapar terganggu. Hal ini bisa meningkatkan nafsu makan sehingga kamu mengonsumsi makanan berlebihan.

Jika ingin diet tanpa olahraga setidaknya perhatikan rutinitas tidur. Pastikan tidur sekitar 7-8 jam setiap hari. Tidur yang cukup juga bisa mengurangi stres.

8. Kurang Mengonsumsi Asupan Manis

Jika ingin diet tanpa olahraga, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Kandungan glukosa dan kalori dalam asupan manis cenderung tinggi yang bisa menggagalkan diet.

9. Batasi Karbohidrat

Sebagai masyarakat Indonesia, membatasi karbohidrat dalam mengonsumsi makanan sehari-hari jadi hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, nasi merupakan satu di antara jenis makanan pokok yang tinggi akan karbohidrat dan mudah didapatkan di mana saja.

Namun, jika kamu ingin menjalankan diet tanpa olahraga dengan tepat, perlu mengurangi makanan tinggi karbohidrat. Alangkah baiknya kamu mengganti konsumsi karbohidrat dengan makanan yang tinggi protein dan lemak untuk mengurangi nafsu makan sehingga kadar kalori per hari pun bisa terjaga dengan baik.

 

Sumber: WebMD, Parade

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer