Sukses


Hasil Grand Final Proliga 2023: Kandaskan Jakarta Pertamina Fastron, Bandung Bjb Tandamata Back to Back Juara

Bola.com, Yogyakarta - Bandung bjb Tandamata berhasil keluar sebagai juara PLN Mobile Proliga 2023 setelah mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron 3-2 dengan skor 27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023) malam WIB.

Ini merupakan gelar juara Proliga keempat yang dimenangkan oleh Bandung BJB Tandamata. Tiga gelar juara lainnya diraih pada 2003 dan 2006 saat memakai nama Bandung Art Deco Bank Jabar serta 2022.

Melawan Jakarta Pertamina Fastron di Grand Ginal Proliga 2023, Bandung bjb Tandamata tertinggal jauh pada set pertama 17-23. Namun, Wilda Siti Nurfadilah Sugandi dkk. dapat menyamakan skor dan berbalik unggul untuk memenangkan set ini.

Menang di gim pertama, Bandung bjb Tandamata tampil lebih percaya diri pada gim kedua. Mereka selalu unggul dalam perolehan poin untuk kembali mengungguli Jakarta Pertamina Fastron.

2 dari 4 halaman

Laga Seru

Tertinggal 0-2, pelatih Jakarta Pertamina Fastron Eko Waluyo mengambil keputusan berani. Ajeng Viona Adelea dimainkan dengan mencadangkan pemain asing Marija Zelenovic.

Masuknya Ajeng menambah daya serang Jakarta Pertamina Fastron. Meski sempat kurang fokus di poin kritis, Megawati Hangestri dan kawan-kawan mampu merebut gim ketiga.

Kemenangan di gim ketiga menambah semangat para pemain Jakarta Pertamina Fastron. Mereka tampil begitu lepas di gim keempat sehingga selalu memimpin perolehan poin untuk menang 25-20.

3 dari 4 halaman

Menang 5 Gim

Skor 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan ke gim kelima atau penentuan. Jakarta Pertamina Fastron memulai laga dengan baik dengan memimpin 3-1.

Tetapi, setelah itu Jakarta Pertamina Fastron justru tampil tertekan. Mereka kerap membuat kesalahan.

Selain itu, pemain asing Bandung bjb Tandamata. Madeline Jazmin Guillen Paredes. tampil memukau di gim penentuan. Spike-spike keras pemain asing asal Republik Dominika ini sulit dibendung.

Bandung bjb Tandamata pun akhirnya menang 15-8 setelah spike Ceren Kapucu tak bisa dikembalikan pemain Jakarta Pertamina Fastron.

4 dari 4 halaman

Peringkat ketiga

Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia finis di urutan ketiga PLN Mobile Proliga 2023. Kepastian itu didapat setelah menumbangkan Jakarta BIN 3-0 dengan skor 27-25, 25-20, 25-18 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023).

Hasil bagi Gresik Petrokimia ini sebenarnya merupakan penurunan prestasi dari yang dicapai di Proliga musim lalu. Saat itu, tim asuhan Ayub Hidayat melalu ke grand final tapi kalah dari Bandung bjb Tandamata.

"Syukur Alhamdulillah masih bisa meraih posisi ketiga," kata Ayub setelah pertandingan memperebutkan posisi ketiga PLN Mobile Proliga 2023.

Menurut Ayub, hasil tersebut bisa menjadi sedikit pengobat kecewa untuk timnya setelah gagal lolos ke grand final Proliga 2023.

Sumber: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Bogi Triyadi tayang pada 18 Maret 2023)

Video Populer

Foto Populer