Sukses


Daftar Peraih Penghargaan Individual Putri PLN Mobile Proliga 2023

Bola.com, Yogyakarta - Tim bola voli putri Bandung Bank bjb Tandamata membuat torehan apik. Tim milik Pemda Jabar itu kembali menjuarai PLN Mobile Proliga 2023. Hasil itu membikin Bank bjb mencatatkan kemenangan back-to-back setelah musim lalu juga menyegel gelar juara.

Bertanding di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023) malam Bank bjb melumat Jakarta Pertamina Fastron. Dalam partai puncak PLN Mobile Proliga 2023, mereka menang dengan skor 3-2 (27-25, 25-22, 24-26, 20-25, 15-8).

Prestasi Bank bjb menyamai capaian Surabaya Bank Jatim pada 2007 dan 2008, Jakarta Popsivo Polwan (2012, 2013). Juga Jakarta Elektrik PLN sebagai tim yang dua kali beruntun kampiun Proliga. Elektrik PLN bahkan menjadi satu-satunya tim yang mencatat hattrick juara pada 2015, 2016, dan 2017.

Duel Bandung bjb versus Jakarta Pertamina Fastron menjadi final ideal. Sebab, kedua tim sejak awal musim sama-sama dijagokan merebut juara.

Jakarta Pertamina sebenarnya bermain lebih solid pada set pertama, bahkan nyaris menang saat unggul jauh 23-18. Namun, Bank bjb tidak menyerah dan berhasil menahan gempuran lawan untuk merebut lima angka beruntun hingga menyamakan skor 23-23. Tim besutan Alim Suseno itu menyelesaikan set pertama dengan 27-25.

Set kedua kembali berlangsung sengit. Tetapi Bank bjb yang mengandalkan serangan pada Medeline Jazmin dan Ceren Kapucu berhasil unggul 25-22.

2 dari 4 halaman

Pertarungan Sengit

Tertinggal dua set, Jakarta Pertamina Fastron tidak menyerah. Megawati Hangestri cs. bangkit dan bermain dengan pertahanan lebih solid untuk memperpanjang napas saat mengambil set ketiga 26-24.

Permainan agresif Pertamina Fastron berlanjut pada set keempat. Mereka kembali menang 25-20 sekaligus memaksa Bandung bjb memainkan set kelima.

Laga set penentuan berlangsung menegangkan. Pertamina Fastron sempat memimpin 4-1, namun juara bertahan Bandung bjb mengejar dan menyamakan kedudukan 4-4. Medeline Jazmin menjadi motor serangan bjb saat smes-smes tajamnya memberikan keunggulan 8-4.

Laju Bank bjb untuk merebut gelar tidak lagi terbendung. Mereka pun sukses menyudahi perlawanan Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 15-8.

3 dari 4 halaman

Tidak Mudah

Pelatih Bank bjb, Alim Suseno senang dengan hasil yang didapat. Meski begitu, Alim menyebut kemenangan tidak didapat dengan mudah.

"Di pertandingan ini saya sudah yakin tidak akan mudah, tapi Alhamdulillah Allah memberi kami rejeki untuk menjadi juara kali ini," ujar Alim Suseno

Alim yang terpilih sebagai pelatih terbaik mengakui euforia gelaran final kali ini sangat terasa. Dia berujar, antusiasme penonton di GOR Amongrogo membuat atmosfer yang baik untuk pertandingan.

Selain mendapatkan piala dan medali, Bank bjb memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 350 juta. Peringkat kedua yang diraih Pertamina Fastron mendapatkan Rp 150 juta.

Sedangkan peringkat ketiga yang ditempati Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia mendapat Rp 125 juta dan keempat Jakarta BIN Rp 100 juta.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Terbaik

Sejumlah pemain mendapatkan predikat pemain terbaik individual. Pemain Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Mediol Stiovanny Yoku meraih gelar most valuable player (MVP) atau pemain terbaik di Proliga musim ini. Sebagai best server diraih Medeline Jazmin Guillen (bjb), best spiker, Bohdana Anisova (Petrokimia).

Kemudian best bloker, Myrasuci Indriani (BIN), best setter, Arneta Putri Amelian (Fastron), best libero, Yulis Indahyani (bjb), best scorrer, Fenanda Davis Tome (BIN). Pelatih terbaik Alim Suseno (bjb).

Pemain terbaik (MVP) memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 25 juta. Sementara untuk penghargaan terbaik lainnya rata-rata menerima Rp 10 juta. Begitu pula untuk pelatih terbaik.

Video Populer

Foto Populer