Sukses


Cara Membersihkan Ikan Segar yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Ikan merupakan satu di antara sumber makanan hewani yang sering dikonsumsi oleh banyak kalangan. Beragam masakan bisa dihasilkan menggunakan ikan sebagai bahan baku utama.

Ikan memiliki berbagai macam jenis, kita biasa menjumpai ikan kakap, kembung, hingga pari yang merupakan jenis ikan air laut.

Ikan dari air tawar juga tidak kalah banyak ragamnya, seperti ikan nila, lele, dan gurame. Sementara ada pula ikan air payau, seperti bandeng.

Bagi sebagian orang, membersihkan ikan segar merupakan kegiatan yang dirasa sulit dilakukan. Itulah mengapa banyak orang yang memilih membeli ikan dalam bentuk masakan.

Padahal, membersihkan ikan segar tidak begitu sulit jika kita mengikuti cara yang benar. Bahkan hal ini bisa dilakukan oleh kalangan pemula.

Berikut beberapa cara membersihkan ikan segera yang mudah dilakukan, dikutip dari Masakapahariini, Selasa (21/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Ikan Segar yang Mudah Dilakukan

1. Keluarkan insang dari dalam kepala ikan

Buka kepala bagian penutup insang dan keluarkan insang dari dalamnya dengan cara menarik menggunakan jari tangan. Buang, kemudian cuci bagian dalamnya di bawah air mengalir.

2. Buang sisik ikan dengan satu di antara tangan menahan di bagian ekor ikan

Kikis sirip menggunakan pisau dari bagian bawah atau dekat ekor ke arah kepala ikan. Miringkan pisau agar lebih mudah menjangkau sisik ikan.

Kikis dengan ujung pisau bila masih ada sisik yang menempel di bagian pinggiran badan ikan.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Ikan Segar yang Mudah Dilakukan

3. Siapkan pisau tajam dan talenan plastik

Pisau yang tajam akan memudahkan Anda untuk menyiangi ikan sekaligus memotong bagian badannya. Terutama saat memotong sirip dan bagian tulangnya.

Pilih jenis pisau yang bentuk bilahnya memanjang yang memudahkan Anda mengikis sisik, membelah perut ikan, dan memotong sirip.

Sementara fish fillet knife membantu kamu lebih mudah bila hanya ingin mengambil bagian dagingnya saja. Bersihkan ikan di atas talenan berbahan plastik yang cenderung mudah dibersihkan.

4. Potong sirip ekor, sirip dada, dan sirip punggung

Hati-hati dalam memotong bagian tersebut karena dapat melukai tangan. Potong di bagian paling ujung atau bagian paling dekat dengan bagian badan ikan.

Lakukan hal ini lebih dulu sebelum yang lain supaya sirip tak melukai tangan saat Anda menyisik atau membelah bagian perut ikan.

Bisa juga menggunakan gunting dapur yang memudahkan Anda menggunting sirip di bagian dada dan punggung.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Ikan Segar yang Mudah Dilakukan

5. Buang isi perut ikan dan cuci bersih

Belah memanjang bagian bawah perut ikan kemudian keluarkan isi perutnya. Pastikan mengeluarkannya sekaligus agar kantong empedu tidak pecah dan justru membuat bagian perutnya jadi pahit.

Cuci bersih di bawah air mengalir hingga ke bagian dalam perut ikan sambil dibersihkan sisa-sisa perut ikan yang masih menempel.

6. Lumuri ikan dengan air jeruk lemon atau air jeruk nipis

Bukan hanya untuk menyamarkan aroma khas ikan, melumuri dengan jeruk lemon atau jeruk nipis juga membuat cita rasa daging jadi lebih segar.

Tambahkan garam, bawang putih halus, dan ketumbar bubuk bila ikan tersebut akan dikukus, digoreng, atau dibakar.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer