Sukses


7 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Kantuk, Bikin Badan Lebih Segar

Bola.com, Jakarta - Rasa kantuk sering dirasakan seseorang setelah beraktivitas dari pagi hingga sore hari. Rasa kantuk yang menyerang tentunya dapat mengganggu produktivitas harianmu.

Kamu mungkin menjadi satu di antara yang sering mengalaminya. Rasa kantuk bisa muncul kapan saja, termasuk saat belajar, bekerja, atau bahkan saat mengendarai kendaraan.

Tidak sedikit orang memilih mengonsumsi kopi sebagai langkah untuk menghilangkan rasa kantuk. Bagi sebagian orang kopi bisa membuat tubuh menjadi lebih segar.

Namun, tidak semua orang suka minum kopi. Selain kopi, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk.

Oleh karena itu, penting mengetahui cara menghilangkan kantuk. Bagaimana caranya?

Berikut ini tujuh cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk, disadur dari Merdeka, Selasa (21/3/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Sebagian orang justru melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal, dengan sarapan tersebut kamu dapat terhindar dari rasa kantuk saat melakukan rutinitas. Maka itu, penting untuk selalu menjaga pola dan intensitas makan setiap hari.

2. Tingkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan kualitas tidur dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat beraktivitas sehari-hari. Kamu dapat melakukan tidur siang atau di malam hari untuk memenuhi kebutuhan istirahat.

Manusia membutuhkan istirahat yang cukup yakni delapan jam per hari. Sebab, saat tubuh kekurangan atau kelebihan jam tidur, akan memberikan reaksi alamiahnya dengan seringkali muncul rasa kantuk berlebih.

Untuk itu, atur waktu kamu sedemikian rupa untuk selalu dapat memiliki tidur yang berkualitas.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

3. Lakukan Teknik Pernapasan

Cara menghilangkan rasa kantuk yang pertama adalah dengan melakukan serangkaian teknik pernapasan. Hal ini dapat kamu lakukan dengan duduk tegak, lalu mulailah mengatur pernapasan melalui perut.

Letakkan tangan kanan pada bagian perut dan tangan kiri pada bagian tengah dada. Setelah itu, kamu dapat menarik napas dalam-dalam melalui hidung hingga biarkan perut yang melakukan dorongan terhadap tangan kanan kamu lalu lepaskan udara melalui mulut.

Lakukan teknik pernapasan tersebut hingga lebih dari 10 kali, rasa kantuk kamu pun akan segera menghilang.

4. Rutin Tidur Siang

Rutin meluangkan waktu untuk istirahat di siang hari tidak lebih dari satu jam akan memberikan pengaruh yang cenderung baik bagi tubuh. Maka itu, luangkan waktu cukup 20 hingga 30 menit untuk tidur siang setiap harinya.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

5. Konsumsi Air Putih

Satu di antara penyebab munculnya rasa kantuk adalah kurangnya kandungan oksigen pada otak manusia. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan dan oksigen di dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari.

Hal tersebut pun akan mengurangi rasa kantuk yang seringkali menghampirimu saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik merupakan satu di antara solusi yang tepat bagi kamu untuk menghindari rasa kantuk.

Caranya, cukup pilih musik favoritmu yang dapat membangkitkan stamina serta konsentrasi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, rasa kantuk akan dapat dihindari.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

7. Berbincang

Cara ini cukup sederhana dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk. Berbincang dengan orang lain dapat membantu otak untuk tetap terjaga dan fokus.

Sebab, saat kamu berbincang dengan orang lain, otak akan selalu waspada untuk menanggapi orang lain saat berbicara dengan kita.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 5/11/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer