Sukses


7 Cara Ampuh Menyembuhkan Flu tanpa Harus Pergi ke Dokter

Bola.com, Jakarta - Flu menjadi satu di antara gangguan kesehatan yang bisa membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman. Pasalnya, ketika seseorang mengalami flu, badan menjadi terasa nyeri, kepala pusing, maupun hidung tersumbat.

Flu juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit dan biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti batuk, bersin, serta sakit tenggorokan.

Flu biasa menjadi penyakit yang paling umum diderita rata-rata orang terutama di musim yang tak menentu, seperti pancaroba.

Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh virus yang menyerang metabolisme tubuh. Virus akan lebih mudah memasuki tubuh apabila kondisi metabolisme sedang lemah sehingga cara paling mudah mencegah flu adalah dengan menguatkan metabolisme tubuh.

Namun, apabila Anda sudah terkena flu, jangan khawatir. Jika flu yang diderita belum terlalu parah, Anda bisa mengobatinya di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Berikut 7 cara ampuh menyembuhkan flu tanpa harus pergi ke dokter, disadur dari Merdeka, Senin (27/3/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu tanpa Harus Pergi ke Dokter

1. Minum kaldu hangat

Minum kaldu ayam atau tulang sapi hangat menjadi cara menyembuhkan flu yang baik untuk membantu tetap terhidrasi. Ini juga membantu melonggarkan dan memecah hidung dan sinus tersumbat.

Kaldu tulang secara alami tinggi protein dan mineral seperti natrium dan kalium. Minum kaldu merupakan cara yang baik untuk mengisi kembali nutrisi ini saat Anda sedang flu. Ditambah, protein penting untuk membangun kembali sel-sel kekebalan.

Anda dapat membeli sup ayam yang sudah jadi, tetapi pastikan untuk mencari yang rendah sodium (garam). Anda juga bisa membuat kaldu sendiri dengan merebus tulang ayam atau sapi. 

2. Berkumur dengan air garam

Air hangat dan garam dapat meredakan sakit tenggorokan. Ini juga dapat membantu membersihkan lendir. Berikut cara berkumur dengan air garam:

  • Rebus atau panaskan air dan biarkan dingin sampai hangat atau pada suhu kamar. Campurkan 1/2 sdt garam dengan 8 ons air hangat.
  • Tarik air garam ke bagian belakang tenggorokan Anda dan kumurlah selama sekitar 10 hingga 30 detik untuk membilas mulut dan tenggorokan Anda.
  • Ludahkan air ke wastafel dan ulangi dua hingga empat kali.

Jangan menelan air garam. Sebagai catatan, jangan biarkan anak-anak berkumur sampai mereka dapat berkumur dengan air biasa dengan aman.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu tanpa Harus Pergi ke Dokter

3. Minum air dan cairan

Minum air dan cairan lain bahkan lebih penting ketika sedang flu. Ini cara menyembuhkan flu di rumah yang benar dan harus dilakukan, entah Anda menderita flu pernapasan atau flu perut.

Air membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan tetap lembab. Ini membantu tubuh menyingkirkan lendir dan dahak yang menumpuk.

Anda juga bisa mengalami dehidrasi jika tidak makan atau minum secara normal. Diare dan demam (dua gejala umum flu), juga dapat menyebabkan kehilangan air.

4. Beristirahat yang banyak

Penting untuk beristirahat dan tidur lebih banyak ketika sedang flu. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi cara menyembuhkan flu di rumah. 

Ini membantu tubuh Anda melawan virus flu. Batalkan rutinitas  yang biasa dan jadikan tidur sebagai prioritas untuk membantu Anda bangkit kembali.

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu tanpa Harus Pergi ke Dokter

 5. Menghirup uap

Menghirup uap dari panci berisi air hangat dapat membantu menenangkan hidung, sinus, tenggorokan, dan paru-paru Anda. Inhalasi uap atau terapi uap menggunakan uap air untuk membantu melonggarkan kemacetan lendir.

Udara lembap yang hangat juga dapat meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru. Menghirup uap dapat membantu meredakan batuk kering, hidung teriritasi, dan sesak dada.

Cara Anda dapat memanaskan air untuk uap:

  • dalam panci di atas kompor
  • dalam mangkuk atau mug yang aman untuk microwave di dalam microwave
  • dalam alat penguap

Hindari uap dari air mendidih. Berhati-hatilah untuk menguji suhu uap sebelum menghirupnya. Jauhkan wajah dan tangan Anda cukup jauh untuk menghindari panas atau terbakar. 

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial atau obat gosok uap ke dalam air untuk menambahkan manfaat antivirus dan antioksidan.

6. Minum teh herbal

Beberapa herbal memiliki sifat antivirus dan antibakteri alami. Oseltamivir fosfat (lebih dikenal sebagai Tamiflu) adalah obat resep yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari atau untuk mencegah terkena flu. Sifat antivirusnya efektif melawan beberapa jenis virus flu. 

Herbal lain dan teh berdaun hijau juga memiliki manfaat melawan kuman dan antioksidan. Teh herbal dapat membantu tubuh Anda melawan virus flu. Minuman herbal panas juga menenangkan tenggorokan dan sinus .

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh Menyembuhkan Flu tanpa Harus Pergi ke Dokter

7. Madu

Madu merupakan obat rumah yang populer untuk batuk dan pilek di banyak budaya. Sebuah studi baru di Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine memberikan bukti pertama yang menunjukkan bahwa madu dapat membantu menenangkan batuk anak-anak dan membantu mereka tidur lebih nyenyak. 

Peneliti memberi 105 anak pilek baik madu, obat batuk rasa madu, atau tanpa pengobatan. Semua anak menjadi lebih baik, tetapi madu secara konsisten mendapat nilai terbaik dalam penilaian orang tua tentang gejala batuk anak-anak mereka.

Para peneliti mengatakan bahwa madu dapat bekerja dengan melapisi dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan diyakini memiliki efek antioksidan dan antibakteri. 

Madu berwarna gelap, seperti madu soba yang digunakan dalam penelitian ini, sangat tinggi antioksidannya.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 21/12/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer