Sukses


Arti Pentatonis beserta Jenis Tangga Nada Lainnya

Bola.com, Jakarta - Pentatonis adalah satu di antara jenis tangga nada yang perlu kamu kenali. Apalagi, tangga nada merupakan dasar dari mempelajari musik.

Tangga nada mungkin sudah kamu pahami, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Kamu harus memperlajari tangga nada ini, dari jumlah nada, urutan, hingga ciri khasnya.

Tangga nada merupakan setiap urutan dari notasi, nada, atau interval yang membagi oktaf. Tangga nada merupakan rangkaian notasi musik yang diurutkan berdasarkan pitch atau frekuensi dasar. Tangga nada mewakili pembagian ruang oktaf.

Pentatonis adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada. Skala pentatonik atau tangga nada pentatonis adalah suatu skala dalam musik dengan lima not per oktaf.

Pentatonis biasanya digunakan sebagai dasar dalam memainkan jenis musik blues.

Selain pentatonis, ada juga jenis tangga lainnya yang perlu kamu pahami. Berikut jenis tangga nada selain pentatonis, disadur dari Liputan6, Selasa (28/3/2023).

2 dari 3 halaman

Jenis Tangga Nada

Tangga nada pentatonis merupakan satu di antara dari beberapa jenis tangga nada. Berikut jenis tangga nada lainnya:

- Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatis yaitu tangga nada yang menggunakan 12 macam nada dan semuanya berjarak 1/2. Tangga nada kromatis merupakan kumpulan dari semua nada dalam musik.

Setiap nada dalam tangga nada kromatik adalah interval setengah langkah (semiton) terpisah dari nada lainnya.

- Tangga Nada Oktatonis

Tangga nada Oktatonis adalah tiap delapan notasi tangga nada musik. Pengertian tangga nada oktatonis berkaitan dengan atau menggunakan tangga nada delapan nada yang terdiri dari seminada dan nada keseluruhan secara bergantian. Tangga nada ini kadang-kadang digunakan dalam jazz.

- Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. Untuk setiap oktaf ada lima langkah utuh dan dua setengah langkah.

Dua setengah langkah dipisahkan oleh dua atau tiga langkah utuh. Not-not ini adalah not-not putih pada piano. Tujuh nada dari setiap tangga nada diatonis juga dapat diperoleh dengan menggunakan rantai enam perlima sempurna

- Tangga Nada Heksatonis

Tangga nada heksatonik, juga disebut tangga nada enam nada adalah tangga nada musik yang mengandung enam nada berbeda dalam satu oktaf.

Tangga nada ini memberikan landasan teoretis dan praktis untuk pelatihan penyanyi selama akhir abad pertengahan dan Renaisans.

- Tangga Nada Hepatonik

Tangga nada hepatonik terdiri dari tujuh nada yang berbeda. Tangga nada heptatonik sangat menonjol dalam tradisi seni-musik dunia. Sistem nada India, Iran, dan Barat seluruhnya heptatonik.

Tangga nada yang menyerupai mode abad pertengahan ditemukan di beberapa musik rakyat Eropa. Di Jawa, banyak bentuk tangga nada pelog termasuk hepatonik.

3 dari 3 halaman

Jenis Tangga Nada Lainnya

- Tangga Nada Mayor

Satu di antara jenis tangga nada yang lebih umum adalah tangga nada mayor. Tangga nada mayor ditentukan oleh kombinasi seminada dan nadanya.

Tangga nada mayor adalah salah satu tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not.

- Tangga Nada Minor

Dalam teori musik, tangga nada minor adalah tangga nada tujuh nada yang menampilkan tingkat skala ketiga minor (juga dikenal sebagai sepertiga datar).

Bunyi tangga nada minor dapat membangkitkan kesedihan, kengerian, dan ketegangan. Akord minor dan musik kunci minor menggunakan nada dari tangga nada minor.

- Tangga Nada Modal

Tangga nada modal adalah aturan penamaan sebuah nada berdasarkan urutan di mana nada tersebut dimulai. Tangga nada modal terdiri dari Ionian, Dorian, Phrygian, Lydian, Mixolydian, Aeolian, dan Locrian.

- Tangga Nada Penuh

Skala penuh merupakan tangga nada yang memiliki interval satu not penuh antarnada dalam komposisinya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 29/7/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer