Sukses


6 Cara Khatam Al-Qur'an 30 Juz Selama Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan suci penuh rahmat serta ampunan Allah Swt. Sebaiknya kita memanfaatkan momentum ini untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah.

Sayang sekali rasanya jika tidak memanfaatkan momentum Ramadan untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah yang mendatangkan pahala.

Satu di antara amalan ibadah yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan adalah membaca Al-Qur'an. Hal ini karena Ramadan juga menjadi momentum adanya Nuzulul Qur'an atau turunnya Al-Qur’an.

Itulah mengapa banyak umat muslim berkomitmen dan ingin mengkhatamkan Al-Qur'an 30 juz di bulan Ramadan.

Nyatanya, jangankan mengkhatam Al-Qur'an 30 juz, satu kali saja butuh niat serta usaha yang besar. Terkadang belum bisa terwujud karena ada hambatan.

Mungkin akan sangat sulit bisa mengkhatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa mengkhatam Al-Qur'an 30 juz selama bulan Ramadan.

Berikut ini enam cara khatam Al-Qur'an 30 juz selama Ramadan, disadur dari Liputan6, Selasa (28/3/2023).

2 dari 7 halaman

Membangun Niat

Membangun niat merupakan cara efektif untuk memacu dalam mengkhatamkan membaca Al-Qur'an. Setelah ada niat, ingat untuk sesering mungkin memperbaruinya. Sebab, niat bisa saja berubah sehingga seseorang menjadi malas untuk memulainya.

Niatkan khatam Al-Qur'an hanya untuk mencapai rida Allah semata. Niatkan amalan ini dengan tulus dan ikhlas sepenuh hati agar kemuliaan Ramadan selalu meliputi Anda.

Yakinlah bahwa selama Ramadan bisa khatam membaca Al-Qur'an. Percayalah kepada Allah dengan diimbangi berjuang melalui tindakan nyata.

3 dari 7 halaman

Rencanakan Rutinitas dan Waktu Membaca

Sebelum memulai bacaan, penting untuk merencanakan rutinitas dan waktu agar bisa khatam Al-Qur'an, meski sibuk dengan aktivitas harian.

Buat rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Al-Qur'an dalam waktu sebulan dengan membagi setiap juz per hari.

Susun rencana secara bijaksana dan tinjau terus-menerus. Setelah itu wujudkan ke dalam tindakan. Satu di antara waktu terbaik untuk membaca Al-Qur'an adalah setelah sahur atau satu jam sebelum pergi kerja atau sekolah.

4 dari 7 halaman

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Al-Qur'an selama Ramadan, pastikan untuk membaca satu juz setiap harinya. Namun, jika memiliki banyak waktu luang, bisa membaca Al-Qur'an lebih dari satu juz.

Baca Al-Qur'an bisa dilakukan setelah berbuka puasa sambil menunggu salat tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi. Bisa juga dilakukan dengan membaca Al-Qur'an sedikitnya dua lembar setiap selesai salat lima waktu.

Dengan membaca ayat Al-Qur'an sebanyak dua lembar atau empat halaman, akan bisa mencapai target satu juz dalam satu harinya.

5 dari 7 halaman

Pakai Al-Qur'an Saku atau Aplikasi di Ponsel

Untuk khatam membaca Al-Qur'an selama Ramadan, tidak ada salahnya untuk membeli Al-Qur'an kecil yang bisa dimasukkan ke saku.

Al-Qur'an ini bisa dibawa dan dibaca di mana saja. Saat ada waktu luang, bisa membaca Al-Qur'an agar bisa khatam selama Ramadan.

Mengingat teknologi makin modern dan semua orang memiliki gadget, bisa juga dengan menginstal aplikasi Al-Qur'an di ponselmu.

Gunakan waktu luangmu untuk membaca ayat Al-Qur'an. Dengan rutin membaca Al-Qur'an lewat ponsel, target bisa khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan akan tercapai.

6 dari 7 halaman

Tadarus Bersama

Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Al-Qur'an. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Al-Qur'an.

7 dari 7 halaman

Semangat Membaca di Awal hingga Akhir Ramadan

Banyak orang begitu semangat membaca Al Qur'an dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang.

Jika kamu ingin khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan, semangat ini tidak boleh luntur baik di awal maupun di akhir Ramadan.

Usahakan agar semangatmu justru makin bertambah setiap harinya dan bacaan Al-Qur'an yang dibaca makin bertambah atau kian banyak.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 20/5/20219)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer