Sukses


10 Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

Bola.com, Jakarta - Al-Qur'an adalah kitab suci agama Islam. Dalam Al-Qur'an juga berisi perintah Allah Swt., pedoman hidup, sejarah, hingga kisah Islam yang patut diketahui umat muslim.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dengan perantara malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia.

Sederhananya, Al-Qur'an merupakan wahyu yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pedoman hidup bagi seluruh makhluk di bumi.

Isi Al-Qur'an sangat luas, mencakup berbagai aspek kehidupan, dari syariat, sosial, pemerintahan, ilmu pengetahuan, sejarah, berita hari akhir, dan lain sebagainya.

Selain sebagai pedoman hidup, Al-Qur'an memberikan kebaikan atau memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang senantiasa rutin membaca, mengamalkan, atau bahkan menghafalnya.

Berikut ini 10 manfaat menakjubkan membaca Al-Qur'an setiap hari, sayang jika dilewatkan, dilansir dari laman jabar.kemenag.go.id, Rabu (29/3/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

1. Mendapatkan Pahala dan Kebaikan

Membaca Al-Qur'an dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang, dan penuh dengan keberkahan.

Maka itu, seseorang yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah Swt., seperti hadis riwayat dari Tirmidzi bahwa:

"Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya."

2. Memberikan Derajat dan Wibawa

Membaca Al-Qur'an dapat membuat seseorang terlihat makin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati, dan dihargai banyak orang.

Hal itu seperti dalam hadis yang menyatakan:

"Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur'an akan selalu ditemani para Malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah Swt. dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Qur'an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala." (HR. Bukhari)

3 dari 6 halaman

Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

3. Memperoleh Rahmat dan Lindungan Malaikat

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang tenang dan sabar dapat mendatangkan rahmat dari Allah Swt. dan mendapatkan perlindungan dari para Malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat, seperti hadis yang menyatakan:

"Ketika para kaum muslim berkumpul di masjid-masjid Allah kemudian mereka membaca Al-Qur'an dan memnpelajarinya maka akan datang kepada mereka ketenteraman, rahmat Allah serta dilindungi malaikat dan Allah menyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatnya."

4. Memberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Membaca Al-Qur'an dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Seperti hadis yang menyatakan bahwa:

"Bacalah bait Al-Qur'an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya." (HR. Muslim)

4 dari 6 halaman

Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

5. Membuat Seseorang Berperilaku Mulia

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat mengubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik menjadi lebih baik. Baginda Rasullulah saw. pernah bersabda:

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur'an serta mengajarkannya pada orang lain." (HR. Bukhari)

6. Hati Lebih Tenang dan Tenteram

Membaca Al-Qur'an dapat menenangkan pikiran dan batin serta cara agar hati tenang dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah Swt. semua Nabi dan Rasul serta para malaikat menjadi lebih kuat.

Sesuai Firman Allah Ta'ala yang dinyatakan jelas dalam QS. Ara-ra'd ayat 28:

"Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah Swt. maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah, hatimu menjadi tenteram."

5 dari 6 halaman

Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

7. Selamat Duniat dan Akhirat

Rajin membaca Al-Qur'an dengan hati yang ikhlas dapat menyelamatkan diri dari kejahatan yang terlihat dan tidak terlihat serta kesengsaraan selama di dunia maupun nanti di akhirat, semua itu tewrwujud karena Allah Swt. memberikan perlindungan. Baginda Rasullulah saw. bersabda bahwa:

"Ibadah yang paling berkah dan istimewa adalah membaca dan mempelajari Al-Qur'an serta mengamalkannnya dalam kehidupan sehari hari, bahkan pada tiap satu ayatnya yang telah dibaca mengandung 10 kebaikan dan ajaran kebenaran di dalamnya."

8. Sebagai Penyembuh Penyakit pada Tubuh

Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur'an maka Allah Swt. akan melindunginya dari segala penyakit.

"Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca Al-Qur'an." (HR. Ma'ud)

"Dan makanlah oleh kamu bermacam-macam buah serta tempuhlah jalan-jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar. Ada madu yang bermacam-macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang memikirkan hal itu." (QS. An-Naah 16:69)

6 dari 6 halaman

Manfaat Menakjubkan Membaca Al-Qur'an Setiap Hari

9. Menyembuhkan Penyakit Hati

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang ikhlas dapat menghalau dan menyembuhkan penyakit hati yang mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, dendam, dan lain-lain. Seperti hadis yang menyatkan bahwa:

"Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air." Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat. Rasullulah saw. mengatakan, "Percayalah ... dengan membaca Al-Qur'an".

10. Memberikan Kenikmatan pada Kedua Orang Tua di Hari Kiamat

Bagi seorang anak yang membiasakan diri membaca Al-Qur'an semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah Swt. dan kedua orang tuanya, Allah Swt. akan melindungi kedua orang tuanya dan memberinya kenikmatan termasuk mahkota pada kepala mereka sebagai tanda keberkahan.

Seperti Rasullulah saw. pernah bersabda:

"Barang siapa yang membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya semata-mata karena Allah Swt. maka Allah akan memberikan mahkota di kepala kedua orang tuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan si pembaca Al-Qur'an itu." (HR. Abu Daud)

 

Sumber: jabar.kemenag.go.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer