Sukses


Manfaat Introspeksi Diri beserta Cara Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Introspeksi diri adalah proses melihat ke dalam pikiran dan perasaan diri sendiri, serta mencoba memahaminya.

Dengan begitu, kamu dapat mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku untuk menumbuhkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup.

Introspeksi diri memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Setelah introspeksi diri, cara kita melihat diri sendiri dan orang-orang di sekitar dapat berubah.

Dalam hal ini, jenis introspeksi diri yang dilakukan adalah refleksi diri (self-reflection). Dengan memahami diri sendiri maka kecerdasan emosional bisa lebih kuat sehingga bisa membantu mengatasi tantangan hidup.

Berikut manfaat introspeksi diri beserta cara melakukannya, disadur dari Klikdokter, Kamis (30/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Introspeksi Diri

1. Mengurangi Kecemasan

Saat menyadari kondisi yang terjadi kepada diri kita dan melakukan refleksi diri, hal ini bisa mengurangi rasa cemas. Saat berefleksi diri, kita melihat kembali hal-hal yang menjadi sumber ketakutan dan apa yang membuat kita tidak yakin dengan kemampuan diri.

Saat melihatnya secara objektif, hal ini akan membantu kita melihat sisi lain atau alternatif lain yang bisa dilakukan guna meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi masalah yang ada. Dengan demikian, introspeksi diri dapat membantu menurunkan rasa cemas.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika kita sadar akan kelebihan dan kekurangan diri setelah melakukan introspeksi diri, kita bisa memperbaiki diri lebih baik lagi. Hal ini dapat berujung pada rasa percaya diri yang meningkat.

3. Lebih Mudah Berinteraksi

Ketika kita bisa menyadari kondisi pribadi dan melakukan refleksi diri, hal ini membantu untuk lebih mengenal kembali diri sendiri dan kebutuhan.

Ketika lebih mengenali diri, kita akan lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak memaksa orang lain setuju dengan pemikiran kita saat berinteraksi dengan orang lain.

Kita pun menjadi lebih terbuka terhadap pandangan orang lain. Hal ini akhirnya membantu kita berinteraksi dengan orang lain lebih baik lagi.

4. Mampu Mengembangkan Ide Baru

Manfaat lain setelah melakukan introspeksi diri adalah dapat mengembangkan diri. Ketika kamu memiliki pikiran yang jernih, ide-ide baru yang kreatif cenderung bisa berkembang lebih mudah.

5. Lebih Bahagia

Ketika meluangkan waktu untuk melihat ke dalam diri sendiri, arti kebahagiaan sesuai standar pribadi bisa terlihat. Kamu pun bisa merasa lebih cukup dan bersyukur dalam hidup.

3 dari 3 halaman

Cara Introspeksi Diri

1. Jujur kepada Diri Sendiri

Untuk meningkatkan refleksi diri, cobalah untuk jujur terhadap diri sendiri. Hal ini dapat membantumu untuk introspeksi diri.

2. Perhatikan Pola Perilaku

Sebagai manusia, kita sering melakukan beberapa kebiasaan yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Ada baiknya untuk menyadari beberapa kebiasaan tersebut dan cobalah untuk mengurangi kebiasaan yang kurang baik.

3. Evaluasi Diri

Penting untuk mengetahui apa saja hal penting yang diyakini oleh diri sendiri. Jika belum menemukannya, luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang penting bagi diri dan mulai lakukan evaluasi.

Coba amati apakah kamu telah menjalankan nilai dan prinsip tersebut atau belum.

4. Memaafkan Diri Sendiri

Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk yang selama ini sering dilakukan. Jika melakukan sebuah kesalahan, berbaik hatilah dan maafkan diri sendiri.

Setiap manusia pasti pernah membuat kesalahan. Hal yang penting adalah berusaha tidak mengulanginya lagi.

5. Mencatat Perkembangan Diri

Setelah melakukan introspeksi diri, mulailah untuk mencatat dan memantau perkembangan diri. Hal ini dapat membantu sekaligus mengingatkan kembali tentang apa yang telah dilakukan dan harus dilakukan ke depannya.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 26/8/2022)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer