Sukses


32 Kata-Kata Nasihat Islami untuk Diri Sendiri, Penenang hati

Bola.com, Jakarta - Kata-kata nasihat Islami untuk diri sendiri bisa memperkuat iman dan memberimu pelajaran yang bisa diterapkan dalam setiap aspek kehidupan.

Dalam hidup ini, sebagai umat Islam, kita harus senantiasa berpegang teguh pada ajaran agama. Adakalanya ketika permasalahan datang, kita dianjurkan untuk berhenti sejenak, merenungkan segala hal yang telah kita lalui agar menjadi pelajaran yang diterima dan diserap oleh hati.

Sebagai muslim yang baik, sudah sepatutnya juga kamu mencari pertolongan dan berkah hanya kepada Allah Swt. karena Allah mengharap hamba-Nya hanya meminta dari-Nya.

Dia akan selalu membantumu dan berada di sampingmu saat susah maupun senang. Dengan itu, jika senang selalu ucapkan syukur kepada-Nya dan saat sedih, bersujudlah di hadapan-Nya.

Perkuat iman yang kamu miliki sehingga apa pun permasalahan yang sedang kamu hadapi, hanya Allah yang akan menjadi tempat pelarianmu.

Selain bisa kamu jadikan sebagai bahan perenungan untuk diri sendiri, kata-kata nasihat Islami ini juga bisa kamu bagikan untuk orang-orang yang ada di sekitarmu.

Berikut 32 kata-kata nasihat Islami untuk diri sendiri, yang bisa dijadikan penenang hati, dikutip dari Mvslim, Minggu (9/4/2023).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Islami untuk Diri Sendiri

1. "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Allah bersama kita." (Q.S At-Taubah: 40)

2. "Allah Maha Tahu atas segala perkataan yang tak terucap olehmu, kesedihanmu yang tak seorang pun melihatnya, dan penderitaanmu yang tak seorang pun tahu."

3. "Satu di antara tujuan setan adalah untuk membuat orang-orang beriman merasa depresi dan bersedih hati karena depresi membuat seseorang tidak berdaya."

4. "Saat hatimu hancur dan derita yang kamu rasakan membuatmu jatuh, ingat dan hanya ingatlah bahwa Allah melihat semua itu."

5. "Terkadang kita dikuasai oleh kesedihan hingga sampai pada tingkatan di mana kita lupa bahwa ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita bahagia." - Mufti Ismail Menk

6. "Aku merasa malu saat larut dalam kesedihan, sementara aku tahu bahwa segala kejadian yang aku alami ada di tangan Allah."

7. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah." - Dr. Bilal Philips

8. "Allah memberimu kehidupan yang indah maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu. Allah selalu punya rencana yang menakjubkan."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Islami untuk Diri Sendiri

9. "Kesedihan pasti akan mendatangimu. Abaikan saja ketika kesedihan itu datang."

10. "Terkadang, alasan yang membuat kita sulit untuk bahagia adalah karena kita masih sulit melepaskan sesuatu yang membuat kita sedih."

11. "Jangan pernah berpikir bahwa permintaan apa pun yang kamu miliki terlalu banyak untuk Allah. Dia berkata, "Jadilah", dan maka akan benar-benar terjadi."

12. "Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya, hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya."

13. "Perhitungkan dirimu sendiri sebelum kamu diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang." - Umar ibn Al-Khattab

14. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

15. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

16. "Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Islami untuk Diri Sendiri

17. "Keberhasilan dan kegagalan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika Dia bersamamu, tidak ada yang bisa menyakitimu."

18. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, tapi kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

19. "Betapa indahnya bahwa Allah dengan penuh semangat akan mengampunimu untuk hal-hal yang bahkan tidak dapat kamu ampuni."

20. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah, walaupun sudah lelah."

21. "Kerjakanlah salat, membayar zakat, dan sujud di hadapan-Nya bersama dengan mereka yang sujud."

22. "Dan tegakkanlah doa di kedua ujung siang hari dan menjelang malam. Sungguh, perbuatan baik menyingkirkan perbuatan salah. Itu adalah pengingat bagi mereka yang mengingat." (Al-Qur'an 11: 114)

23. "Dan ketika salat telah selesai, bubarlah di tanah dan cari dari karunia Allah, dan ingatlah Allah sesering mungkin agar kamu berhasil." (Al-Qur'an 62:10)

24. "Dan jika kamu takut pada musuh maka berdoalah dengan berjalan kaki atau berkuda. Namun, ketika kamu merasa aman maka ingatlah Allah dalam doa karena Dia telah mengajarimu apa yang tidak kamu sebelumnya ketahui." (Al-Qur'an 2: 239)

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat Islami untuk Diri Sendiri

25. "Salat adalah rukun Islam, bukan hanya bagian dari kegiatan keagamaan."

26. "Jadilah muslim sepanjang hari. Bukan hanya lima kali sehari."

27. "Doa bukan untuk Allah, itu untuk dirimu sendiri. Allah tidak membutuhkan doa, tapi kita membutuhkannya."

28. "Jarak terpendek antara masalahmu dan solusinya adalah jarak antara lutut dan lantai."

29. "Yang maha kuasa dan maha besar adalah Allah Yang Maha Kuasa. Carilah hanya Allah dan tidak ada orang lain."

30. "Semua orang menginginkan doanya dikabulkan tepat waktu, tapi masalahnya tidak ada yang mau mengerjakan salat tepat waktu."

31. "Janganlah patah hati jika doamu tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

32. "Allah menciptakan Al-Qur'an untuk membantu kita melewati segala kesedihan yang kita alami."

 

Sumber: Theislamicquotes, Mvslim

Yuk, baca artikel kata-kata nasihat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer