Sukses


Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin yang Perlu Diketahui Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Dalam agama Islam bukan hanya ibadah salat dan puasa saja yang memiliki manfaat atau keutamaan. Membaca Al-Qur'an secara rutin juga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi umat muslim.

BACA JUGA: Makna Surat Al Kahfi Yang Wajib Diketahui Umat Islam

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin membaca surah yang ada di dalam Al-Qur'an. Satu di antara yang bisa umat muslim baca setiap saat adalah surat Al-Kahfi.

Bahkan dalam sebuah sunah dikatakan bahwa mereka yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat Allah Swt. akan memberikan banyak kebaikan.

Surah Al-Kahfi termasuk golongan surat Makiyyah. Sebab, diturunkan di Kota Makkah. Manfaat membaca surat Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah saw. yang sangat menganjurkannya.

Tidak hanya dikhususkan pada hari Jumat semata, umat Islam bisa membaca surat Al-Kahfi secara rutin setiap hari dan akan lebih menambah manfaat yang akan didapatkan.

Berikut manfaat membaca surah Al-Kahfi secara rutin yang perlu diketahui umat Islam, disadur dari Kapanlagi, Jumat (14/4/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin

Diampuni Segala Dosa Oleh Allah Swt.

Manfaat membaca surah Al-Kahfi yang pertama yaitu, diampuni segala dosa oleh Allah Swt. Segala sesuatu hal yang baik dalam urusan agama, dan dengan memohon ampun maka Allah Swt. akan mengampuni segala dosa setiap hamba-Nya.

Satu di antara ibadah baik dalam memohon ampunan dari Allah Swt. adalah dengan membaca surah Al-Kahfi.

Dengan membaca surah Al-Kahfi maka seseorang akan diampuni segala dosanya oleh Allah Swt., sebab setiap manusia pasti memiliki dosa.

Setan akan selalu berusaha merusak iman dan mengajak manusia ke jalan kesesatan sehingga selalu memohon ampunan pada Allah Swt. maka orang tersebut akan mendapatkan ampunan dan rida dari Allah Swt.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat".

Dalam hadis tersebut kita bisa mengetahui bahwa dengan membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, dosanya akan diampuni oleh Allah Swt. hingga Jumat selanjutnya dan membuat kita terjauh dari perbuatan dosa yang bisa menyesatkan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin

Dipenuhi dengan Cahaya Kebaikan  

Manfaat surah Al-Kahfi yang selanjutnya yaitu, dapat membuat seseorang yang membacanya dipenuhi dengan cahaya kebaikan.

Hal ini menjadi satu di antara keutamaan seseorang yang membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat ataupun hari-hari lainnya.

Seorang muslim yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari yang lain, akan disinari cahaya kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan.

Sama seperti ketika seorang muslim membaca surah Ar-Rahman. Manfaat membaca surah Al Kahfi ini akan diberikan Allah Swt. pada hari kiamat.

Cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam surah Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi.

"(Yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka): "Pada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar."

4 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin

Dijauhkan dari Fitnah Dajjal 

Dajjal merupakan satu di antara fitnah luar biasa yang Allah Swt. turunkan di muka bumi ini. Bahkan sudah banyak pesan-pesan dari Rasulullah saw. yang membuat kita berhati-hati dengan fitnah dajjal, bahkan menjauhkan diri dari fitnah ini.

Satu di antara menjauhkan diri dari fitnah, yaitu dengan membaca surah Al-Kahfi.

Rasulullah saw. juga bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya di hari Jumat saja, dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah Swt. sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

"Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir."

5 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin

Dijauhkan dari Godaan Setan

Tak hanya mampu menjauhkan seorang muslim dari fitnah dajjal saja, surah Al-Kahfi menjauhkan kita dari godaan setan yang terkutuk. Setan akan selalu merusak iman dan mengajak manusia ke jalan kesesatan.

Setan adalah musuh terbesar manusia, terutama dalam melakukan perbuatan baik dan beribadah. Namun, membaca surah Al-Kahfi dapat membuat seseorang terhindar dari godaan setan.

Sebuah hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal bahwa, "Sebuah rumah yang selalu dibacakan surah Al-Khafi dan surah Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surah Al-Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk".

6 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi Secara Rutin

Mendapatkan Rida Allah Swt. 

Bagi umat muslim, tidak ada hal yang penting di dunia ini selain mencari rida dari Allah Swt. Dengan rida tersebut maka hidup akan terus dalam kebaikan dan tertuntun.

Bahkan dengan mendapatkan berkah, rida, dan rahmat Allah Swt. maka hidup manusia akan makin tenteram dan damai.

Ketika seseorang membaca surah Al-Kahfi maka itu dapat mendekatkan kita pada rida Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta menghilangkan penyebab hati gelisah. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Siapa yang membaca surah Al-Kahfi maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR Ahmad).

Cahaya ini adalah sebuah tanda kebaikan yang diberikan oleh Allah Swt. terhadap umat-Nya. Cahaya kebaikan ini akan menuntun seseorang tersebut pada kebaikan, bahkan akan dipertemukan pada kebaikan pula dan kebaikan ini merupakan rida dari Allah Swt. kepada umat-Nya.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira. Published: 7/12/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer