Sukses


32 Ucapan Permintaan Maaf Tulus untuk Idulfitri

Bola.com, Jakarta - Idulfitri tak bisa dilepaskan dari tradisi saling memaafkan. Maka itu banyak yang mencari ucapan permintaan maaf selama momen Idulfitri.

Hal itu karena tidak semua orang piawai dalam menyusun ucapan maaf yang berkesan dan tulus. 

Ucapan tersebut bisa kamu kirimkan melalui pesan singkat maupun kamu jadikan status di media sosial personalmu untuk menjangkau lebih banyak kenalanmu sebagai ganti tatap muka langsung.

Pasalnya, karena satu dan lain hal, kamu tidak bisa menemui mereka satu per satu untuk melakukan silaturahmi dan bermaaf-maafan secara langsung.

Jika kamu termasuk yang kesulitan merangkai ucapan permintaan maaf, kamu bisa mencermati kata-kata di bawah ini.

Berikut kumpulan ucapan permintaan maaf tulus, disadur dari Brilio, Jumat (21/4/2023).

2 dari 5 halaman

Ucapan Permintaan Maaf Tulus untuk Idulfitri

1. "Jika ada ucap yang membekas lara, ada tingkah merangkai duka, ada kata merangkai dusta, mohon maafkan daku lahir dan batin."

2. "Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, di santunnya sapa ada celanya kata. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idulfitri 1444 H."

3. "Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf. Mari buka hati, julurkan tangan, jabat jemari, saling memberikan maaf di hari nan fitri."

4. "Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan azan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idulfitri 1444 H."

4. "Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

5. "Seiring surya berseri indah di pagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."

6. "Ada tikus makan serabi, dimakannya di pagi hari. Saat semua sudah tersusun rapi, izinkan untuk memohon diri. Sekadar mengucapkan selamat Idulfitri, mohon maaf lahir batin."

7. "Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Maafkan aku yang pernah melukaimu. Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku. Minal aidzin waal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin."

8. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idulfitri 1444 H."

3 dari 5 halaman

Ucapan Permintaan Maaf Tulus untuk Idulfitri

9. "Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Idulfitri."

10. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka."

11. "Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir batin."

12. "Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

13. "Selamat Idulfitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan saling memaafkan. Semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya."

14. "Satukan tangan dan teguhkan hati di hari penuh kemenangan ini untuk saling memaafkan dengan ikhlas. Selamat Hari Raya Idulfitri 1444 H."

15. "Berlalunya bulan Ramadan, datanglah hari kemenangan. Mohon maaf atas kesalahanku. Selamat Idulfitri."

16. "Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idulfitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin."

4 dari 5 halaman

Ucapan Permintaan Maaf Tulus untuk Idulfitri

17. "Taqobbalallaahu minnaa wa minkum shiyaamana washiyaamakum kullu aamiin wa antum fii khoir. Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadan di tahun yang akan datang."

18. "Di hari yang fitri ini, menjadi momen yang pas untuk bertukar maaf dan saling memaafkan. Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin."

19. "Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setiap adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Identitas paling tinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas khilaf dan salah."

20. "Bila salah kata terucap, bila hati tergores sikap, maaf dari hati terdalam."

21. "Tiada teman tanpa salah, tiada sahabat tanpa khilaf, tiada sabar tanpa syukur, tiada kasih sayang tanpa kata maaf. Lebaran telah tiba, jangan lupa bersyukur karena hari ini masih diberikan kesempatan untuk hidup, dan tentunya mohon maaf lahir batin."

22. "Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

23. "Bulan Syawal yang indah dan suci akan segera tiba. Tidak ada kata yang bisa diucapkan untuk menyambutnya. Kecuali sebuah permohonan maaf dan sebuah doa. Agar kita semua senantiasa dijaga kesehatannya. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin."

24. "Jika ada ucap yang membekas lara. Ada tingkah merangkai duka. Ada kata merangkai dusta. Mohon maafkan daku lahir dan batin. Selamat Lebaran."

5 dari 5 halaman

Ucapan Permintaan Maaf Tulus untuk Idulfitri

25. "Terkadang mata salah dalam melihat. Hati salah ketika menggugat. Mulut salah ucap hingga menyayat. Di bulan yang suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya. Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir batin."

26. "Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

27. "Bagi hati yang pernah terluka karena lidah yang tajam, bagi hati yang perih karena buruknya laku, bagi perasaan yang hancur karena ego, mohon maaf lahir dan batin."

28. "Berharap malam segera tiba, berganti pagi penuh doa, menyambut Lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga."

29. "Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan diri, sucikan hati di hari yang fitri ini. Mohon maaf lahir dan batin."

30. "Meski beberapa kata yang pernah membuat luka, semoga tidak membuat tali silaturahmi ini putus. Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin."

31. "Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idulfitri 1444 H."

32. "Bila ada kata merangkai dusta, ada ucap berbunga lara, dan ada langkah berbuah dosa, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya."

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Nur Luthfiana Hardian/Shofia Nida. Published: 26/4/2022)

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel ucapan dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer