Sukses


6 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gusi, Jauhkan dari Penyakit

Bola.com, Jakarta - Kesehatan gusi merupakan hal yang perlu diperhatikan karena bisa menentukan kualitas kesehatan mulut. Pada saat gusi mengalami masalah, kita akan kesulitan makan sehingga bisa menyebabkan masalah-masalah lainnya.

Bila kamu mengabaikan pemeliharaan gusi, hal ini dapat memicu radang gusi. Radang gusi atau dikenal gingivitis merupakan radang yang biasanya ditandai dengan memerahnya gusi yang ada di bagian pangkal gigi.

Gusi memiliki peran yang besar dalam menyokong kesehatan gigi. Kondisi gusi yang sehat dan kuat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Selain itu, merawat gusi dengan baik akan meminimalkan resesi gusi, yaitu kondisi di mana gusi melonggar dan membuat bakteri mudah masuk di sela-sela gigi dan gusi.

Lantas, apa saja cara yang bisa kita gunakan untuk merawat gusi agar tetap terjaga kesehatannya?

Berikut enam cara ampuh menjaga kesehatan gusi, yang bisa menjauhkan kita dari penyakit, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (2/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gusi

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Rajinlah menggosok gigi dua kali sehari. Hal ini membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang terperangkap di antara gigi dan gusi.

Gosok lidahmu juga dengan perlahan karena di sana bisa menjadi sarang bakteri. Pilih bulu sikat gigi yang lembut dan pas di mulut. Ganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan sekali atau setelah bulu sikat mulai menjumbai. 

2. Flossing

Flossing adalah teknik membersihkan gigi dengan benang. Teknik ini membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa.

Plak dan sisa-sisa makanan harus rajin diangkat mengurangi risiko radang gusi. Lakukan teknik ini sehari sekali. Boleh dilakukan di pagi, setelah makan siang, atau pun di malam hari.  

3. Merawat Gigi Secara Teratur 

Demi mencegah masalah gusi yang serius, kamu harus merawat gigi secara teratur. Rutinlah menyikat gigi, flossing gigi, ataupun ke dokter gigi untuk menghilangkan karang gigi.

Jangan sepelekan masalah gigi dan gusi. Segera minta saran dan penanganan dokter gigi jika muncul masalah terkait gigi dan gusi.  

3 dari 3 halaman

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gusi

4. Berhenti Merokok

Merokok memang dapat memicu berbagai macam penyakit,  termasuk penyakit gusi. Hal ini dikarenakan merokok dapat melemahkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi gusi. Selain itu, melansir dari Healthline, merokok dapat membuat gusi sulit sembuh setelah rusak.  

5. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur membantu mengurangi plak dan mengurangi dan mencegah radang gusi. Konsultasikan dengan dokter gigi mengenai obat kumur yang aman dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Perlu diingat, obat kumur hanyalah tambahan saja. Hal paling utama untuk membersihkan gigi dengan menyikat gigi dan flossing. 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury. Editor: Camelia. Published: 5/10/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer