Sukses


Contoh-Contoh Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin

Bola.com, Jakarta - Di sekolah baik itu SD, SMP, dan SMA, setiap hari Senin diadakan upacara bendera. Secara umum, upacara bendera hari Senin digelar di lapangan atau halaman sekolah.

Adapun tujuan dari upacara bendera hari Senin yaitu untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab.

Selain itu dengan adanya upacara bendera hari Senin diharapkan dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta Tanah Air di kalangan peserta didik.

Biasanya, pada akhir kegiatan tersebut terdapat pembacaan doa yang dilakukan oleh petugas upacara.

Pembacaan doa biasanya berisi permohonan agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Jika kamu membutuhkannya, berikut ini contoh-contoh teks doa upacara bendera hari Senin, singkat, tetapi sarat makna, dikutip dari kemdikbud.go.id dan Salamedukasi, Rabu (3/5/2023).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin 1

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Alhamdulillaahirobbil’alamiin,

Wassholaatu wassalaamu’ala asyrofil ambiyaa’i walmursaliin wa’ala aalihi washohbihi ajma’iin.

Ya Allah Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa bapak/ibu guru kami serta dosa para pahlawan bangsa yang telah gugur mendahului kami.

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Anugerahilah rasa kasih sayang dan saling pengertian di antara kami serta berilah kesabaran dan keikhlasan kepada bapak/ibu guru kami dalam mendidik kami.

Ya Allah Yang Maha Pemurah,

Berikanlah kami kesehatan, kecerdasan serta petunjuk dan perlindungan-Mu untuk menuntut ilmu sehingga kelak kami dapat berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Ya Allah Yang Maha Kuasa,

Karuniakanlah kepada kami semua, ilmu yang manfaat lagi berkah serta selamatkanlah kami dari semua marabahaya dan tipu daya.

Ya Allah Yang Maha Bijaksana,

Hanya kepada-Mu lah kami bergantung dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan maka kabulkanlah doa dan permohonan dari hamba-Mu yang lemah ini. "Rabbanaa aatinaa fiddunyaa khasanah wafil aakhirati khasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Subhanaa rabbika rabbil izzati ‘ammaa yashifuun. Wasalamun ‘alal mursalin. Walhamdulillahirabbil’alamiin."

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin 2

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamin, washalatu wassalamu ‘alaa sayyidil mursaliin, wa’alaa aalihi washohbihi ajma’iin.

Dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon, kami berdoa ke hadirat-Mu ya Allah.

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa khasanah wafil aakhirati khasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Subhanaa rabbika rabbil izzati ‘ammaa yashifuun.

Ya Allah, ya Tuhan kami,

Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti upacara bendera hari Senin, untuk itu ya Allah jadikan kegiatan ini, kegiatan yang penuh rahmat, kegiatan yang membawa manfaat, dan kegiatan yang penuh dengan hikmat. Ya Rab, berkati dan ridai acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui,

Bersihkan hati kami dari sifat-sifat yang buruk, semaikan hati kami dengan berbagai sifat-Mu yang mulia, satukan hati dan perbuatan kami dalam membangun negeri yang kami cintai ini, khususnya di bidang pendidikan agar lebih maju dan berkualitas, mampu mengurangi ketertinggalan pendidikan bangsa kami, dan jadikanlah negeri kami, negeri yang berkah, negeri yang rakyatnya makmur dan sejahtera, dalam iman dan takwa serta selalu dalam curahan maghfirah-Mu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Betapa banyak tantangan dalam dunia pendidikan kami saat ini, oleh karena itu ya Allah bimbinglah kami, berilah kekuatan lahir dan batin kepada kami, satukan pandangan kami, bangkitkanlah semangat membangun dunia pendidikan kami agar kami mampu membangun karakter bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan secara komprehensif, dan berbudi pekerti luhur.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim,

Limpahkanlah rahmat dan hidyah-Mu, curahkanlah ilmu dan hikmah-Mu kepada kami agar kami mampu menjadi hamba-hamba-Mu yang selalu amanah dalam menjalani kehidupan ini, lulus dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dari-Mu, serta ikhlas dalam mengabdi kepada-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Pengasih,

Alangkah banyak karunia nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada kami, tetapi terkadang kami suka mengingkari karunia nikmat-Mu itu, untuk itu ya Allah ampunilah segala kekhilafan kami, jauhkanlah kami dari segala murka-Mu, dan jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang pandai bersujud dan bersyukur kepada-Mu.

Ya Allah, ya Tuhan Yang Maha Pengampun,

Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami, dan tetapkanlah hati kami untuk selalu berada di atas jalan-Mu yang benar.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar,

Kabulkanlah doa dan permohonan kami. "Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa ‘azdaabannaar. Washallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi washohbihi ajma’iin. Walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin."

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin 3

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Audzubillah Himinasyaitonirrajim,

Bismillaahirrohmaanirrohiim,

Alhamdulillahirobbil’alamin,

Wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin,

Wassholaatu wassalaamu’ala asyrofil ambiyaa ’iwalmursaliin wa’ala aalihi washohbihi ajma’iin,

Wa’ala aalihi wasahbihii ajma’iin, ammaa ba’du.

Ya Allah ya Tuhan kami,

Atas izin-Mu kami berada di sini, menundukkan kepala untuk berdoa kepada-Mu agar upacara bendera pada hari Senin ini, berjalan dengan baik dan lancar.

Ya Allah yang Maha Pemurah,

Limpahkanlah hidayah-Mu, anugerahilah kepada kami, rasa kasih sayang, saling pengertian, saling menghormati satu sama lain. Berikanlah keikhlasan dan kesabaran kepada bapak/ibu guru untuk mendidik kami.

Ya Allah yang Maha Penyayang,

Karuniakanlah kepada kami, (nama sekolah) ini, keimanan dan ketakwaan, serta ilmu yang bermanfaat sehingga kelak menjadi amal jariah dan berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Jadikanlah kami, sebagai insan yang jujur, memiliki budi pekerti luhur, patuh, dan berbakti kepada orang tua dan bapak/ibu guru.

Ya Allah yang Maha Kuasa,

Angkatlah derajat kami, tempatkan pada derajat yang lebih tinggi, lebih luhur, sebagaimana engkau mengangkat orang-orang yang terdahulu serta jauhkanlah kami dari kebodohan.

Ya Allah Yang Maha Pengampun,

Ampunilah segala dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa bapak/ibu guru kami serta dosa para pahlawan kami.

Ya Allah Yang Maha Bijaksana,

Hanya kepada-Mu kami bergantung, kami memohon pertolongan, tiada kuasa selain atas izin engkau, maka kabulkanlah doa kami. "Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaabannaar. Subhaana rabbikaa rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alal mursaliin, wal hamdulillahi rabbil ‘aalamiin."

 

Sumber: kemdikbud.go.id, Salamedukasi

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer