Sukses


36 Kata-Kata Sanskerta yang Bermakna

Bola.com, Jakarta - Kata-kata sanskerta yang bermakna bisa menjadi bacaan yang positif dan bermanfaat buatmu. Pasalnya, kata-kata tersebut bisa menambah wawasan serta memperluas pandanganmu.

Melansir laman University of Washington, bahasa Sanskerta merupakan bahasa klasik yang langka karena kuno, tetapi masih hidup hingga sekarang.

Sanskerta adalah satu di antara dariĀ 20 bahasa yang diakui secara resmi di India, dan tetap menjadi bagian sentral dari banyak ritual keagamaan (baik di India maupun di luar India).

Pada tahun-tahun terakhir telah terlihat peningkatan yang nyata dalam jumlah penutur bahasa Sanskerta di seluruh dunia.

Dari bahasa Sanskerta, muncul kata-kata termasuk pula pepatah yang menarik untuk diketahui. Kata-kata tersebut penuh makna, menginspirasi, dan juga mencerahkan.

Berikut kumpulan kata-kata sanskerta yang bermakna, dikutip dari Graciousquotes dan Overallmotivation, Kamis (4/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Sanskerta yang Bermakna

1. "Seorang pengembara (akhirnya) menemukan jalan."

2. "Berbelas kasih dan ramahlah kepada semua makhluk hidup."

3. "Apa pun yang terlihat di antara manusia (apakah kesenangan atau kesakitan) lahir dari Karma (perbuatan). Semua makhluk menikmati atau menderita, sesuai dengan tindakan mereka di masa lalu."

4. "Ada lima tanda orang bodoh; kesombongan, percakapan jahat, kemarahan, argumen keras kepala, dan kurangnya rasa hormat terhadap pendapat orang lain."

5. "Ini juga akan berlalu."

6. "Segala sesuatu yang ada dalam kendali orang lain itu menyakitkan. Semua yang ada dalam pengendalian diri adalah kebahagiaan. Singkatnya, inilah definisi kebahagiaan dan rasa sakit.ā€‹"

7. "Wanita seperti bunga; mereka harus diperlakukan dengan sangat lembut. Tidak boleh ada tindakan yang dipaksakan kecuali keyakinan penuh ditanamkan dalam hati istri terhadap suami."

8. "Sedikit untuk diri sendiri dan segalanya untuk orang lain!"

9. "Orang-orang hebat tidak pernah menunda tugas mereka."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Sanskerta yang Bermakna

10. "Orang bijak harus belajar menerima kebijaksanaan dari siapa pun, bahkan dari seorang anak kecil. Bukankah lampu malam kecil menerangi hal-hal yang tidak bisa dilakukan matahari?ā€‹"

11. "Apa yang dapat kamu lakukan di bagian keempat dari hidupmu, ketika kamu belum mendapatkan pengetahuan di bagian pertama, uang di bagian kedua, dan pahala di bagian ketiga?"

12. "Pertengkaran, hal-hal berkaitan keuangan, memaksa, berbicara berlebihan, meminjam, dan keinginan untuk bersaing ā€“ inilah alasan yang merusak persahabatan.ā€‹"

13. "Seseorang seharusnya tidak menyesali apa yang telah berlalu. Seseorang seharusnya hanya memikirkan masa kini dan masa depan."

14. "Pahlawan terbesar adalah orang yang memiliki kendali atas keinginannya."

15. "Seekor gajah tidak pernah lelah membawa belalainya sendiri."

16. "Yang ikhtiarnya didahului dengan komitmen yang teguh, yang tidak beristirahat lama sebelum tugas selesai, yang tidak menyia-nyiakan waktu dan yang menguasai pikirannya adalah bijaksana."

17. "Tidak ada kebajikan yang lebih besar daripada kasih sayang."

18. "Tidak ada yang begitu tuli seperti mereka yang tidak mau mendengar nasihat."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Sanskerta yang Bermakna

19. "Sebagaimana pikiran, demikian pula ucapan; seperti halnya ucapan, demikian pula tindakannya. Di antara orang-orang baik ada keseragaman dalam pikiran, ucapan, dan tindakan.ā€‹"

20. "Seseorang yang tugasnya tidak pernah terhalang oleh dingin, panas, ketakutan, cinta, kemakmuran atau kekurangannya, sungguh unggul."

21. "Mendidik seseorang adalah amal terbaik."

22. "Orang jahat menggunakan pendidikan mereka untuk konflik, uang untuk mabuk, dan kekuasaan untuk menindas orang lain. Orang yang jujur menggunakannya untuk pengetahuan, amal, dan melindungi orang lain.ā€‹"

23. "Orang yang menghargai diri sendiri lebih suka mati daripada dipermalukan. Api padam, tetapi tidak pernah menjadi dingin."

24. "Usaha kerja keras tidak akan pernah sia-sia."

25. "Mereka tidak mengetahui kekurangan mereka sendiri, yang mencari kekurangan orang lain."

26. "Hidup adalah siklus kebahagiaan yang diikuti oleh penderitaan dan sebaliknya."

27. "Hari ini yang dijalani dengan baik membuat setiap hari kemarin menjadi mimpi masa depan yang baik, dan setiap pagi adalah visi harapan."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Sanskerta yang Bermakna

28. "Perhatikan baik-baik hari ini karena kemarin hanyalah sebuah mimpi dan esok hanyalah sebuah visi."

29. "Pohon yang berbuah membungkuk; Demikian pula, orang yang benar-benar hebat itu rendah hati."

30. "Orang bodoh yang tahu dirinya bodoh memiliki sedikit kecerdasan, tetapi orang bodoh yang mengira dirinya cerdas sebenarnya adalah orang bodoh."

31. "Jika kamu mengabaikan kepastian dan bergantung pada ketakpastian, kamu akan kehilangan kepastian dan ketakpastian."

32. "Keheningan dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai sesuatu."

33. "Membantu orang lain adalah satu langkah lebih dekat kepada Tuhan."

34. "Kebenaran hanya memiliki satu warna, kebohongan memiliki banyak warna."

35. "Kebijaksanaan adalah ukuran yang tepat dari kekuatan seseorang."

36. "Kesedihan atas kematian seorang ayah berlangsung selama enam bulan; kesedihan untuk seorang ibu, setahun; duka istri, sampai istri lain; kesedihan untuk seorang putra, selamanya."

Ā 

Sumber: Overallmotivation, Graciousquotes

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer