Sukses


32 Contoh Motto Hidup dari Ayat Al-Qur'an, Bikin Semangat Jalani Hidup

Bola.com, Jakarta - Sebagai seorang muslim yang beriman, tidak terlepas dari peran penting Al-Qur'an. Sebab, Al-Qur'an adalah sumber utama ajaran Islam dan jadi pedoman hidup.

Al-Qur'an memberi petunjuk jalan yang lurus dan memberi bimbingan kepada umat muslim dalam menempuh perjalanan hidup agar selamat di dunia dan akhirat.

Dengan keutamaan tersebut, umat bisa bisa merancang motto hidupmu sendiri dari ayat Al-Qur'an. Namun, tidak semua orang bisa menemukan motto hidup dari ayat Al-Qur'an. Kendati begitu, kamu tidak perlu risau.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan motto hidup dari ayat Al-Qur'an, dapat membaca beberapa contohnya pada artikel ini.

Kamu pun bisa membagikan motto hidup ini kepada orang-orang terdekat supaya tetap semangat untuk menjalani hidup.

Berikut ini 32 contoh motto hidup dari ayat Al-Qur'an, yang bisa memberikanmu semangat untuk jalani hidup, disadur dari Brilio, Jumat (5/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Motto Hidup dari Ayat Al-Qur'an

1. "Dan jika setan datang menggodamu maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui." (QS. Al-A’raf: 200)

2. "Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikit pun. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (QS. Al-Qashas: 50)

3. "Andaikan kebenaran itu mengikuti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini." (QS. Al-Mu’minun: 71)

4. "Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah. (QS. Al-Baqarah:165)

5. "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az-Zumar: 10)

6. "Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya." (QS. Al-Zalzalah: 7)

7. "Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih." (QS. Huud: 90)

8. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS. At-Taubah: 40)

3 dari 5 halaman

Contoh Motto Hidup dari Ayat Al-Qur'an

9. "Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkanmu, kendati pun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kukuh." (QS. An-Nisa: 78)

10. "Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati." (QS. Ali Imran: 185)

11. "Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih." (QS. An-Nahl: 66)

12. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (QS. An-Naml: 88)

13. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (QS. Al-An’am: 32)

14. "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena ulah tangan manusia." (QS. Ar-Rum: 41)

15. "Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka." (QS. An-Nazi’at: 40-41)

16. "Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja)." (QS. An-Naba: 11)

4 dari 5 halaman

Contoh Motto Hidup dari Ayat Al-Qur'an

17. "Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?" (QS. Al-Mulk: 3)

18. "Dan barang siapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata." (QS. An-Nisa’: 112)

19. "Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah diciptakan dengan baik." (QS. Al-A'raf: 56)

20. "Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS. An-Nahl: 97)

21. "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan salat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 153)

22. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra'd: 11)

23. "Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya di hadapan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (QS. Ar-Ra’d: 11)

24. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apa pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur." (QS. An-Nahl: 78)

5 dari 5 halaman

Contoh Motto Hidup dari Ayat Al-Qur'an

25. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

26. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS. Al-Hadid: 23)

27."Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi." (QS. Al-Qashas: 77)

28. "Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu." (QS. Al-Hadid: 20)

29. "Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia." (QS. Fusshilat: 34)

30. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. Al-'Ankabut: 2)

31. "Allah akan mencukupi orang yang bertawakal." (QS. At-Thalaq: 3)

32. "Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. Al-'Ankabut: 2)

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 11/11/2021)

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer