Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Bola.com, Jakarta - Energi yang cukup dan stabil merupakan kunci penting bagi keberhasilan aktivitas sehari-hari kita. Banyak faktor yang dapat memengaruhi tingkat energi kita, seperti pola makan, gaya hidup, dan olahraga.

Berbicara mengenai olahraga, ternyata ada banyak jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan energi dan menjaga tubuh agar tetap prima.

Beberapa olahraga tersebut yakni jalan kaki, yoga, tai chi, dan renang dengan intensitas ringan. Jenis olahraga itu cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Kendati melibatkan gerakan yang ringan, latihan ini terbilang efektif untuk meningkatkan energi tubuh dengan baik.

Berikut macam-macam olahraga unutk meningkatkan energi, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (9/5/2023).

2 dari 6 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Jalan Kaki

Tidak memerlukan peralatan khusus, kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang efektif hanya dengan latihan jalan kaki selama 30 menit dengan intensitas kecepatan sedang.

Latihan ini bisa membantumu meningkatkan energi dan vitalitas dengan melepaskan hormon mirip dengan endorfin dalam tubuh. Ini bisa menjadi satu di antara cara untuk mengatasi tubuh yang sering kelelahan atau lesu setelah beraktivitas.

Cukup kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, cobalah untuk keluar rumah dan berjalan kaki selama 30 menit secara rutin untuk mendapatkan manfaat ini.

3 dari 6 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Yoga

Luangkan waktu selama 30 menit untuk melakukan gerakan peregangan yoga seperti vinyasa dengan beberapa pose meliputi plank, lutut, dada, dagu, cobra, dan downward-facing dog.

Pose vinyasa ini biasanya dikenal dengan salam matahari yang bermanfaat untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Dengan melakukan latihan yoga secara rutin, bukan hanya tubuh yang sehat dan bugar, tetapi kamu juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional yang lebih baik.

Meski hanya melibatkan gerakan yang ringan, latihan ini efektif untuk mengatasi tubuh yang berenergi rendah dan sering kelelahan.

4 dari 6 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Tai Chi

Tai Chi adalah latihan berdampak rendah dengan menggabungkan gerakan lambat dan pola pernapasan dalam. Olahraga ini juga disebut dengan gerakan seni bela diri yang berguna untuk meningkatkan energi tubuh dengan baik.

Saat kamu melakukan Tai Chi, berikan fokus pada napas dalam yang masuk dan keluar dari tubuh, lalu rasakan sensasi yang terjadi. Gerakan melingkar Tai Chi juga baik untuk membuat otot-otot tubuh lebih rileks.

Untuk memulai latihan Tai Chi, lakukan pemanasan dengan lingkaran bahu, goyang ke depan dan ke belakang untuk mengendurkan otot. Kemudian pindah ke Tai Chi bentuk pendek, ini adalah gerakan yang lebih kecil, lebih lambat dan bagus untuk pemula.

Kamu bisa melakukan latihan ini selama 30 hingga 45 menit setiap hari.

5 dari 6 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Berenang dan Berjalan Ringan

Berenang dan berjalan ringan termasuk satu di antara jenis olahraga untuk meningkatkan energi secara efektif yang bisa menjadi pilihan.

Berenang dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental yang baik bagi pria maupun wanita. Selain itu, olahraga ini dapat membantumu mendapatkan energi yang cukup sehingga tubuh lebih sehat dan bugar untuk menjalani aktivitas keseharian.

Kamu bisa melakukan latihan ini dengan berenang dua kali sepanjang kolam untuk pemanasan. Kemudian berjalanlah di dalam air sepanjang kolam selama 10 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan berenang selama 10 menit.

Terakhir, lakukan pendinginan dengan berenang dua kali panjang kolam yang lambat. Sebelum melakukan latihan ini, ahli menyarankan untuk mandi atau membilas tubuh terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum masuk kolam.

6 dari 6 halaman

Olahraga untuk Meningkatkan Energi

Mendayung

Jenis olahraga untuk meningkatkan energi yang tidak kalah efektif adalah mesin dayung. Mendayung adalah aktivitas berdampak rendah yang baik untuk melatih persendian. Latihan ini juga memungkinkan kamu untuk mengontrol kecepatan, tingkat energi dan output atau hasil yang diinginkan.

Selain berguna untuk kesehatan sendi, latihan ini efektif untuk meningkatkan energi tubuh dengan baik.

Cukup dengan latihan selama 30 menit dengan 22 gerakan dayung per menit, kamu bisa mendapatkan manfaat ini. Saat ini sudah tersedia alat fitness mesin dayung yang memudahkan kamu untuk melakukan latihan ini. Dengan begitu, kamu bisa berolahraga di rumah dengan lebih nyaman dan mudah.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 23/8/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer