Sukses


Contoh Sikap Nasionalisme yang Harus Dimiliki Warga Indonesia

Bola.com, Jakarta - Sikap nasionalisme harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali. Adanya sikap nasionalisme yang tumbuh dalam diri setiap warga turut berperan kuat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan suatu negara.

Nasionalisme adalah suatu sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan dan wilayah, serta kesamaan cita-cita dan tujuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Dengan demikian, setiap warga negara merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap negara dan bangsanya sendiri. Hal tersebut dibuktikan dengan sikap atau tingkah laku masyarakat kepada negara.

Hal itu berarti, setiap warga negara harus mempunyai dan menanamkan rasa serta jiwa nasionalisme kepada bangsanya sendiri.

Dengan memiliki sikap nasionalisme, diharapkan Indonesia akan makin maju dan menjadi bangsa yang lebih kuat dan bermartabat di mata dunia.

Ada beberapa contoh sikap nasionalisme yang harus dimiliki setiap warga negara. Apa saja contoh sikap nasionalisme tersebut?

Berikut ini contoh sikap nasionalisme yang harus dimiliki warga negara Indonesia, dilansir dari laman bnp.jambiprov.go.id, Kamis (11/5/2023).

2 dari 6 halaman

Menghargai Keanekaragaman Budaya

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, dari bahasa, adat istiadat, makanan, pakaian tradisional, hingga seni dan sastra.

Keanekaragaman budaya ini menjadi satu di antara identitas bangsa Indonesia yang harus dipertahankan dan dijaga dengan baik.

Menjaga keanekaragaman budaya tidak hanya berarti menghargai keberadaannya, tetapi juga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ketika setiap warga Indonesia menghargai keanekaragaman budaya yang ada maka akan tercipta rasa saling menghormati dan menghargai di antara sesama. Hal ini penting untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa yang kukuh sehingga Indonesia tetap menjadi negara yang berdaulat dan mandiri.

Menghargai keanekaragaman budaya juga dapat meningkatkan pemahaman dan toleransi terhadap perbedaan. Untuk menghargai keanekaragaman budaya, kita dapat melakukan beberapa hal, antara lain:

  • Mempelajari budaya orang lain
  • Menghargai upacara adat
  • Mencoba makanan atau pakaian tradisional
3 dari 6 halaman

Mengunjungi Tempat Wisata Budaya

Indonesia memiliki banyak tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata ini, kita dapat belajar tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia, serta menghargai keberadaannya.

Dengan menghargai keanekaragaman budaya, kita dapat membangun sikap nasionalisme yang positif dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini penting untuk menjaga keberadaan bangsa Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan mandiri.

4 dari 6 halaman

Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan menjadi penting untuk mempertahankan keutuhan negara Indonesia.

Dalam memperkuat persatuan dan kesatuan, satu di antara hal yang perlu dilakukan adalah menghargai perbedaan.

Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia memiliki beragam perbedaan, seperti perbedaan suku, agama, dan budaya.

Namun, perbedaan ini seharusnya tidak menjadi hambatan dalam membangun persatuan dan kesatuan. Sebaliknya, perbedaan ini harus dijadikan sebagai sumber kekuatan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kualitas Hidup

Dalam konteks ini, meningkatkan kualitas hidup berarti meningkatkan kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dan kebahagiaan masyarakat Indonesia.

Untuk meningkatkan kualitas hidup, satu di antara hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan potensi sumber daya manusia yang ada. 

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, kesehatan juga merupakan hal penting. Oleh karena itu, pemerintah harus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada. 

Perlu juga ditingkatkan kualitas infrastruktur di Indonesia, seperti jalan, jembatan, dan jaringan listrik. Hal ini akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai layanan dan membuka peluang untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. 

Pemerintah juga perlu meningkatkan kualitas hidup dengan cara memperbaiki kebijakan sosial. Misalnya, memberikan bantuan sosial kepada keluarga miskin, meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah-daerah terpencil, dan memberikan akses yang lebih baik terhadap layanan publik bagi masyarakat yang berada di wilayah perbatasan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup, seluruh warga negara Indonesia juga harus memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan plastik dan sampah, mendaur ulang limbah, serta mengembangkan sistem transportasi yang ramah lingkungan.

6 dari 6 halaman

Menghormati Simbol-Simbol Negara

Simbol-simbol negara yang dimaksud di sini adalah lambang negara, bendera, lagu kebangsaan, dan motto negara.

Lambang negara merupakan simbol yang menggambarkan jati diri bangsa Indonesia. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila yang melambangkan kekuatan, keberanian, keadilan, dan kebijaksanaan. 

Selain lambang negara, bendera juga merupakan simbol penting yang harus dihormati oleh seluruh warga negara Indonesia. Bendera Merah Putih melambangkan semangat dan tekad untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

Lagu kebangsaan Indonesia Raya juga menjadi simbol penting yang harus dihormati oleh seluruh warga negara Indonesia.

Lagu kebangsaan ini mempunyai lirik dan melodi yang memiliki makna filosofis yang dalam. Maka itu, seluruh warga negara Indonesia harus menghormati dan menjunjung tinggi lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta menyanyikannya dengan penuh semangat dan kebanggaan.

 

Sumber: bnp.jambiprov.go.id

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer