Sukses


7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Namun, sering kali kita melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Kebiasaan buruk ini bisa berupa hal yang sederhana, seperti terlalu banyak begadang di malam hari tanpa melakukan suatu hal yang bermanfaat.

Kebiasaan buruk ini jika dibiarkan terus-menerus dapat mengganggu kesehatan tubuh secara bertahap, bahkan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang serius.

Itulah mengapa, penting untuk mengenali kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan mencoba untuk mengubahnya menjadi kebiasaan yang lebih sehat.

Berikut tujuh kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan, seperti disadur dari Merdeka, Senin (15/5/2023).

2 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

1. Menyimpan Dompet di Saku Belakang

Kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan tubuh yang pertama adalah kebiasaan menyimpan dompet di saku celana bagian belakang. Kebiasaan ini sering dilakukan terutama bagi para pria.

Menyimpan dompet di saku belakang tentu memudahkanmu jika tiba-tiba membutuhkan uang atau sesuatu dari dompet. Meksi begitu, kebiasaan ini ternyata tidak sehat.

Duduk di dompet bahkan untuk waktu singkat antara 15 menit dapat menyebabkan tulang belakangmu bergeser. Ligamen tulang belakangmu pun akan mulai berubah.

Hal ini pada akhirnya akan membuat asimetri yang dapat mengganggu kesejajaran normal tulang belakang. Duduk di dompet dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit punggung kronis, linu panggul, dan skoliosis fungsional.

2. Membawa Barang Elektronik di Sekitar Tempat Tidur

Kebiasaan buruk seperti bermain gadget sebelum tidur juga dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Tidak hanya secara teratur menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur merusak kualitas tidur kita, tetapi juga menyebabkan berat badan kita bertambah dan memicu kelelahan di siang hari.

Ini juga memengaruhi tingkat produktivitas, kemampuan belajar, dan tingkat stres. Mengisolasi diri dari perangkat elektronik setidaknya selama satu jam sebelum tidur dapat sangat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

3. Minum dari Botol Plastik

Kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan tubuh yang berikutnya adalah minum dari botol plastik. Masuk akal untuk mengasumsikan bahwa minum dari botol plastik adalah hal yang aman dan sehat untuk dilakukan.

Namun, tidak semua material sama-sama aman dan ramah lingkungan. Botol plastik menimbulkan ancaman dari bahan kimia yang dilepaskannya saat terkena suhu tinggi.

4. Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan buruk yang dapat ganggu kesehatan tubuh yang keempat adalah makan terlalu cepat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan cepat dan mengunyah makanan terlalu cepat dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Makan cepat dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan kecepatan yang dipercepat dan bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

5. Menyikat Gigi Setelah Makan

Meski sebagian dari kita cenderung menyikat gigi segera setelah makan, menurut beberapa penelitian, kamu harus menunggu setidaknya 30 menit setelah makan sebelum menyikatnya.

Gigi kita dilindungi oleh enamel dan asam yang diciptakan oleh makanan yang berbeda dapat mengikis enamel pelindung ini, yang berarti bahwa gigi kita berada pada kondisi terlemahnya setelah makan.

6. Menggunakan Pengering Tangan

Pengering tangan mungkin merupakan solusi yang lebih ramah lingkungan daripada handuk kertas, tetapi tidak lebih sehat bagi kita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengering tangan di toilet umum menyebarkan kuman tinja ke tanganmu.

Mekanisme yang digunakan pengering tangan dengan meniupkan udara biasanya rentan memindahkan bakteri di udara kamar kecil. Maka itu, hindari penggunaan mesin pengering untuk mengeringkan tangan.

5 dari 5 halaman

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan

7. Begadang

Kamu mungkin berpikir mendorong waktu tidur selama 30 menit lagi akan membantu menyelesaikan beberapa tugas sebelum tidur. Dan mungkin kamu berpikir masih akan mendapatkan banyak istirahat karena akan tidur sedikit besok.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur mungkin sama pentingnya dengan seberapa banyak tidur. Begadang dan tidur di pagi hari dapat meningkatkan kemungkinan membuat keputusan kesehatan yang buruk sepanjang hari.

Pergi tidur pada jam yang wajar dan bangun pagi mungkin sulit untuk membiasakan diri pada awalnya jika kamu adalah "burung hantu malam hari". Namun, seiring waktu, kamu akan menyesuaikan dengan jadwal baru dan itu bisa membantu membuat keputusan yang lebih sehat untuk diri sendiri sepanjang hari.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda: 2/10/2020)

Yuk, baca juga artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer