Sukses


Arti Workout beserta Jenis dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Workout adalah latihan fisik yang biasa dilakukan di dalam rumah. Aktivitas ini juga bisa disebut sebagai pengganti olahraga di luar ruangan.

Workout bisa menjadi solusi untuk orang yang tidak sempat melakukan olahraga di luar karena kesibukan sehari-hari.

Secara umum, workout adalah latihan fisik berupa aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh.

Jika dilakukan secara konsisten, aktivitas ini sama efektifnya dengan olahraga di gym.

Selain mudah dilakukan di rumah, workout juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan dengan cara melakukan workout secara rutin dan teratur.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan tentang workout, disadur dari Merdeka, Rabu (17/5/2023).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Workout

Forearm Plank

Forearm plank merupakan gerakan workout dengan memposisikan kamu melakukan plank, di mana kedua lengan dan kedua jari-jari menempel pada lantai untuk menopang tubuh. Tubuh pun harus membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki.

Setelah itu, tekuk kedua lutut sampai menyentuh lantai. Namun, pastikan punggung bagian bawah dan pinggul tidak turun. Tahan posisi ini sekitar 30 detik sampai 1 menit. Lakukan gerakan ini secara berulang.

Squat

Squat adalah gerakan workout yang paling populer. Saat melakukan latihan ini, kamu hanya perlu berada pada posisi berdiri dengan jarak selebar bahu dan lengan lurus ke depan.

Selanjutnya, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi. Kembalilah pada posisi awal, lalu ulangi gerakan ini beberapa kali. Melakukan latihan ini akan membuat otot-otot di tubuh bawah akan bekerja.

Latihan Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otot lengan, seperti melakukan olahraga dengan dumbbell. Caranya cukup mudah, angkat dan turunkan secara berulang, hingga otot terbentuk secara maksimal. Kamu juga bisa melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi.

Gerakan bertumpu pada kursi dapat membuat latihan menjadi lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot lengan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sehingga akan memberikan reaksi otot lengan dengan baik.

Back Lift

Aktivitas workout selanjutnya yaitu back lift. Jenis olahraga ini berfungsi untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris.

Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, lalu perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Ada beragam manfaat dari jenis bentuk latihan kebugaran jasmani ini, seperti meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah cedera. Selain itu, back lift juga berfungsi untuk membentuk atau memperbaiki postur tubuh.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Workout

Side Plank

Gerakan workout selanjutnya adalah slide plank. Latihan ini sebenarnya mirip seperti plank biasa. Namun, lengan yang bertumpu hanya satu. Jika lengan yang bertumpu sebelah kiri maka badan menghadap ke kanan dan sebaliknya.

Slide pank ini bisa meningkatkan stabilitas tulang belakang serta tubuh bagian atas. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan seluruh tubuh. Gerakan ini juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Push-up

Salah satu gerakan workout yang biasa dilakukan banyak orang adalah push-up. Caranya mudah, kamu tinggal meletakkan kedua telapak tangan dan jari-jari pada lantai agar bisa menopang tubuh sehingga membentuk garis lurus dari kepala sampai kaki.

Kemudian tekuklah siku untuk menurunkan tubuh ke lantai, lalu dorong kembali ke atas. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Pastikan gerakan push-up tidak goyah, gemetaran atau terjatuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Workout untuk Kesehatan

Menguatkan Otot Dada

Satu di antara manfaat workout adalah menguatkan otot dada, bahu, maupun trisep. Gerakan ini juga berperan penting untuk membentuk otot punggung bawah dan otot perut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan push up, seperti memperhatikan posisi tangan, selalu menghadap ke depan, dan gerakan naik turun tetap.

Push up efektif untuk memperkuat otot-otot di sekitar bahu, meningkatkan kekuatan massa otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Mengencangkan Perut

Manfaat latihan kebugaran jasmani berikutnya, yaitu mengencangkan otot perut. Adapun bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa mengencangkan perut adalah sit up. Tidak hanya otot perut, sit up juga bisa memperkuat otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher.

Banyak manfaat latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia, seperti memperbaiki keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh, dan memperbaiki bentuk perut. Bagi kamu yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan indah, sebaiknya melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Mencegah Stres dan Depresi

Manfaat workout selanjutnya adalah mencegah stres dan depresi. Gangguan stres jika tidak segera bisa mengakibatkan depresi, yang bisa membuat suasana hati terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat hidup.

Kondisi traumatis ini dapat bersifat objektif maupun subjektif, baik itu karena kekerasan fisik, emosional, hingga kejadian yang bisa mengancam nyawa.

Satu di antara cara mencegah stres dan depresi ialah latihan kebugaran jasmani. Jenis olahraga ini bisa meningkatkan kadar serotonin dalam darah sehingga bisa menurunkan tingkat stres. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara melakukan latihan kebugaran jasmani selama 30 menit setiap hari.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 29/12/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer