Sukses


Daftar Makanan yang Perlu Dihindari sebelum Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga adalah kegiatan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, sering kali kita tidak menyadari bahwa apa yang kita konsumsi sebelum olahraga memiliki dampak yang signifikan terhadap performa dan kenyamanan selama beraktivitas fisik.

Makanan yang kita pilih sebelum olahraga dapat memengaruhi energi, pencernaan, dan fokus kita saat beraktivitas atau melakukan olahraga.

Mereka yang rajin berolahraga memiliki imun yang kuat dan terjaga dengan baik sehingga jauh dari risiko terkena berbagai macam jenis penyakit.

Aktivitas olahraga membutuhkan volume darah yang cukup banyak untuk dipompa demi menunjang kerja otot sehingga kamu menjadi lebih kuat dan bersemangat.

Untuk mendukung kekuatan tubuh, sebelum melakukan olahraga kebanyakan orang biasanya mengonsumsi makanan tertentu. Namun, ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan untuk dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Hal ini dikarenakan ada makanan tertentu yang akan merusak usahamu untuk sehat dengan melakukan olahraga. Apa saja makanan yang harus dihindari?

Berikut daftar makanan yang perlu kamu hindari sebelum olahraga, disadur dari Merdeka, Jumat (19/5/2023).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Anda Hindari sebelum Olahraga

1. Makanan Berlemak

Makanan berlemak harus dihindari sebelum olahraga. Tidak semua makanan berlemak buruk bagi tubuh, tetapi konsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak sebelum olahraga akan menyebabkan kondisi tubuh yang tidak nyaman saat aktif bergerak.

Satu di antara makanan berlemak yang harus dihindari ialah daging merah. Konsumsi daging merah membuat tubuhmu bekerja keras untuk mengubah lemak menjadi energi.

Hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk mencerna dengan baik. Dengan begitu, sebaiknya hindari konsumsi daging merah sebelum kamu memulai aktivitas olahraga harian.

2. Yoghurt

Yoghurt termasuk satu di antara jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga. Seperti protein bar, sebaiknya memperhatikan label yoghurt dengan cermat sebelum mengonsumsinya.

Pada beberapa merek, yoghurt dibuat dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi. Kandungan ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum latihan fisik. Sebab, tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna kedua kandungan tersebut dengan baik.

Jika tetap mengonsumsinya, bisa jadi tubuh kamu tidak kuat berlama-lama latihan dan ingin segera beristirahat.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari sebelum Olahraga

3. Makanan Cepat Saji

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga juga termasuk makanan cepat saji. Dalam hal ini jelas, berbagai makanan cepat saji mempunyai kandungan lemak yang tinggi.

Dengan begitu, ketika kamu mengonsumsi makanan cepat saji sebelum olahraga, yang ada perut akan terasa kenyang dan tidak nyaman saat mulai melakukan latihan olahraga.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula sebelum berolahraga tidak akan memberikan hasil yang maksimal dari latihan fisik yang dilakukan. Dengan begitu, aktivitas olahraga yang kamu lakukan menjadi sia-sia.

4. Minuman Berenergi

Selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga, ada pula jenis minuman yang sebaiknya dihindari, yaitu minuman berenergi.

Hingga kini banyak produk minuman berenergi yang mengklaim bahwa konsumsi minuman berenergi dapat mengoptimalkan latihan yang akan dilakukan. Namun, perlu diketahui, minuman berenergi ini justru dapat membuatmu gelisah, detak jantung dan tekanan darah yang makin meningkat.

Hal tersebut merupakan kondisi buruk yang sebaiknya dihindari ketika ingin membangun kebiasaan olahraga secara rutin.

Dengan begitu, sebaiknya hindari konsumsi minuman berenergi sebelum olahraga dan pilihlah jenis minuman lain yang lebih sehat dan aman.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Perlu Dihindari sebelum Olahraga

5. Granola atau Protein Bar

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga berikutnya adalah granola atau protein bar. Mungkin kamu sering mendengar bahwa protein bar atau granola merupakan makanan berenergi yang efektif untuk mengisi perut kosong dengan rasa kenyang yang dihasilkan.

Namun, perlu diketahui, bahwa sebenarnya konsumsi granola atau protein bar sebelum olahraga bukan ide yang bagus.

Baik granola maupun protein bar, keduanya mungkin dibuat dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula yang tinggi dapat mendorong tubuh membakar kalori begitu cepat sehingga ini dinilai tidak akan memberikan hasil yang maksimal setelah berolahraga.

6. Sayuran Berserat Tinggi

Tubuh memang membutuhkan asupan serat setiap harinya, tetapi tidak mengonsumsi sayur sebelum berolahraga. Sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, atau kembang kol bisa sulit dicerna oleh tubuh.

Ketika kamu mengonsumsi beberapa jenis sayuran ini, tubuh akan terasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas olahraga.

Sebagai alternatif, pilihlah jenis sayuran yang lebih mudah dicerna oleh tubuh seperti asparagus atau kentang yang dimasak dengan baik.

7. Soda

Di samping beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga, ada satu jenis minuman yang juga perlu dihindari, yaitu minuman bersoda.

Minuman bersoda mempunyai kandungan gula dan kafein yang tinggi. Minuman ini akan mengalirkan energi lebih dan banyak kalori akan menghilang dengan begitu cepat.

Ini merupakan satu di antara kondisi tidak ideal yang perlu dihindari. Selain menimbulkan pembakaran kalori yang lebih ekstrem, minuman ini dapat memberikan berbagai efek buruk dari kafein. Pilihlah jenis minuman yang sehat dan dapat menghidrasi dengan baik sebelum berolahraga.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Publsihed: 7/10/2021)

Yuk, baca juga artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer