Sukses


6 Cara Menghindari Cedera saat Olahraga yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Olahraga memang baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, jika kamu kurang berhati-hati atau tidak fokus saat melakukannnya, cedera dapat saja terjadi.

Cedera saat olahraga dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli apakah kamu olahragawan atau orang yang berpengalaman.

Sederhananya, cedera adalah satu di antara risiko yang dialami oleh seseorang yang gemar berolahraga.

Ada sejumlah hal yang membuat seseorang bisa mengalami cedera saat olahraga. Paling umum adalah terlalu memaksakan tubuh melewati batas toleransi atau berlebihan berolahraga tanpa jeda.

Cedera saat olahraga dapat menyebabkan nyeri, yang derajatnya bervariasi, dari nyeri ringan hingga berat.

Lokasi cedera biasanya terkait dengan bagian tubuh yang paling banyak bergerak dan paling banyak jenis gerakannya.

Untuk menghindarinya, kamu perlu memahami cara tepat untuk menghindari cedera saat olahraga.

Berikut ini enam cara menghindari cedera saat olahraga, dikutip dari laman bantenprov.go.id, Rabu (17/5/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Menghindari Cedera saat Olahraga

1. Memilih Jenis Olahraga yang Sesuai

Pencegahan cedera olahraga dapat dimulai dari hal kecil, misal memilih jenis olahraga yang sesuai. Sebelum latihan, sebaiknya kamu membuat perencanaan dan eksekusi yang cermat.

Pertama, mulailah menemukan olahraga atau latihan terbaik sesuai kemampuanmu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter karena dapat memberikan saran olahraga apa yang cocok kamu lakukan dan arahan untuk melakukannya dengan aman.

2. Gunakan Peralatan Olahraga yang Tepat

Setiap jenis olahraga memiliki peralatan yang berbeda. Pastikan peralatan olahragamu sesuai jenis olahraga yang dilakukan. Pastikan peralatan pendukung olahragamu masih dalam kondisi baik dan memahami benar cara penggunaannya yang tepat.

3 dari 4 halaman

Cara Menghindari Cedera saat Olahraga

 

3. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum berolahraga membuat darahmu mengalir lancar dan melemaskan otot-otot tubuh. Setelah selesai, jangan lupa melakukan pendinginan untuk menormalkan kembali otot dan tubuh.

4. Beristirahat

Saat melakukan olahraga, tubuhmu perlu beristirahat. Begitu juga dengan pengaturan waktumu berolahraga, seberapa intens dan berapa lama durasinya.

Jangan memaksakan diri terlalu berlebihan untuk berolahraga. Istirahat penting untuk menghindari cedera karena tubuh juga butuh waktu untuk proses pemulihan. Setidaknya, gunakan 1-2 kali dalam seminggu untuk beristirahat.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Cedera saat Olahraga

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih pada sebelum dan setelah berolahraga juga direkomendasikan untuk menghindari cedera. Kamu juga diperbolehkan untuk minum pada waktu jeda latihan.

Bila intensitas olahragamu tinggi selama lebih dari satu jam, sediakan juga minuman isotonik agar kamu tidak kelelahan dan tetap bugar. Minuman isotonik dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

6. Mendapat Bimbingan dari Ahlinya

Khususnya bila kamu seorang pemula, sebaiknya minta panduan dari orang yang lebih ahli atau dapatkan pelatih pribadi yang profesional. Pengawasan dari ahlinya dapat mencegah cedera saat berolahraga karena mereka bisa membenarkan postur tubuh yang berantakan dan memandu cara pakai alat-alat olahraga supaya lebih efektif.

 

Sumber: bantenprov.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer