Sukses


Ambisi Perbasi Jadikan Medali Emas sebagai Tradisi di SEA Games Setelah Timnas Bola Basket Putri Catat Sejarah

Bola.com, Jakarta - Timnas Bola Basket Putri mendapatkan pengakuan setelah meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja. Tradisi medali emas dalam dua edisi SEA Games terakhir pun tidak putus.

Timnas Bola Basket Putri dominan di SEA Games 2023. Priscilla Karen dkk. mengalahkan Vietnam 67-62, melibas Thailand 69-70, menaklukkan Malaysia 85-57, menghancurkan Filipina 68-89, menghajar Kamboja 100-54, dan terakhir menumbangkan Singapura 39-86.

"Tahun ini, kami mendapatkan medali emas SEA Games 2023 dari Timnas Bola Basket Putri. Tahun lalu, kami juga mendapatkan satu medali emas dari Timnas Bola Basket Putra," ujar Ketua Perbasi, Danny Kosasi.

"Kami optimistis raihan medali emas SEA Games akan menjadi tradisi di tahun-tahun mendatang. Kami juga mengapresiasi prestasi Timnas Basket Putri 3x3 yang berhasil meraih perunggu serta kerja keras Timnas Bola Basket Putra baik 5x5 maupun 3x3," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Makin Termotivasi

Sementara itu, Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi mengatakan bahwa pihaknya makin termotivasi untuk mengembangkan bola basket nasional berkat dua raihan medali emas SEA Games secara berturut-turut.

"Ini capaian yang luar biasa. Tinta emas ini semakin memacu kami untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya. Menyiapkan timnas yang lebih kuat serta sistem pembinaan yang solid tidak hanya di cabang 5x5 maupun juga 3x3," ungkap Nirmala Dewi.

Manajer Timnas Bola Basket Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja sangat senang dengan pencapaian timnya. Apalagi, Timnas Bola Basket Putri Indonesia sebelumnya belum pernah mendapatkan medali emas di SEA Games.

3 dari 4 halaman

Menunggu 64 Tahun

"Selama 64 tahun kami harus menunggu medali emas untuk basket putri sejak SEA Games pertama kali digelar pada 1959 di Thailand. Saya takjub dengan perjuangan teman-teman di lapangan," imbuh Tanuwidjaja.

"Saya hanya siapkan mereka, kerja keras mereka apa yang mereka lakukan selama latihan sejak bulan Agustus tahun lalu sampai saat ini tidak berhenti. Itu semua terbayarkan," katanya.

4 dari 4 halaman

Bersyukur

Seorang pemain Timnas Bola Basket Putri Indonesia, Agustina Gretong, juga begitu bersyukur timnya bisa meraih medali emas di SEA Games 2023. Sebab, ia dan rekan-rekannya selama ini sudah bekerja keras untuk mendapatkannya.

"Saya senang, bersyukur dapat emas tahun ini. Untuk bisa sampai di sini, harus mau kerja keras, pantang menyerah dan jangan ragu bermimpi," imbuh Agustin.

Video Populer

Foto Populer