Sukses


5 Cara Menghadapi Masalah Hidup dengan Baik dan Tenang

Bola.com, Jakarta - Hidup manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. Dalam menjalani kehidupan, masalah hadir secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Contohnya, ada yang memiliki masalah pada keuangan, pendidikan, keluarga, pekerjaan, dan berbagai masalah lainnya.

Ketika masalah dalam hidup datang bertubi-tubi tanpa kenal ampun dan membelit hidupmu, sering kali menyebabkan stres dan kecemasan yang menguras energi.

Namun, perlu diingat, tidak ada masalah yang tanpa solusi. Untuk itu, yang perlu dibutuhkan adalah bagaimana cara menghadapi masalah hidup dengan baik dan tenang.

Hal ini agar beban di pundakmu terasa lebih ringan dan bisa bernapas lebih lega sehingga kondisi menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Berikut ini lima cara menghadapi masalah hidup dengan baik dan tenang yang bisa diterapkan, dikutip dari laman kemenag.go.id dan smkn1binuang.sch.id, Jumat (26/5/2023).

2 dari 6 halaman

Berdoa

Doa adalah satu di antara sarana setiap manusia untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, baik untuk mengucapkan syukur dan atau untuk menyampaikan keluhan serta menyampaikan permohonan.

Jadi, alangkah baiknya jika saat menghadapi suatu masalah, kita mohon untuk dimampukan menghadapi serta menemukan jalan keluar atau solusi bagi masalah yang dihadapi.

3 dari 6 halaman

Berpikir Positif

Selalu miliki prasangka baik dan pemikiran positif dalam segala kondisi, sekalipun saat menghadapi permasalahan hidup.

Miliki pemikiran bahwa setiap masalah atau cobaan yang dialami adalah satu di antara cara Sang Khalik untuk menjadikan kita orang yang lebih baik dari sebelumnya.

4 dari 6 halaman

Berserah Diri

Kamu tidak akan pernah bisa menghadapi dan mengatasi masalah dalam kondisi pikiran dan hati yang gundah. Untuk itu, kondisikan pikiran dan hatimu untuk lebih tenang.

Ketenangan bisa membuka pikiranmu untuk menghadapi masalah secara lebih positif. Satu di antara adalah dengan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan pernah berusaha memikul masalah sendirian karena kekuatan manusia pasti ada batasnya. Berserah diri bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Berserah diri adalah sebuah upaya untuk bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

5 dari 6 halaman

Temukan Akar Permasalahan

Kamu tidak bisa menemukan cara paling tepat dalam mengatasi masalah hidup jika belum menemukan akar permasalahannya.

Ketahui dan pahami dengan jelas apa masalah yang melingkupi hidupmu. Dengan demikian, kamu akan punya arah yang jelas dan tepat dalam menemukan solusinya.

Dengan mengetahui akar permasalan secara jelas, kamu bisa mengetahui dengan benar bahwa upaya yang dilakukan sudah berjalan di trek yang benar.

Jangan sampai kamu berjibaku mencari solusi, ternyata tidak ada sangkut paut dengan masalah yang tengah dihadapi. Coba telisik lebih dalam dan sedikit menoleh ke belakang, bagaimana awal mula masalah tersebut bisa muncul.

Bisa jadi masalah muncul dari hal-hal yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Hal-hal yang selama ini kamu pikir baik-baik saja, ternyata justru menjadi pemicu masalah.

6 dari 6 halaman

Lihat dari Sudut Pandang yang Lain

Ketika masalah menghampiri, kamu hanya terpaku dengan pandangan dan cara berpikirmu sendiri. Ada baiknya, ksmu mencoba keluar dari sudut yang kamu gunakan dan cari sudut pandang lain.

Cara ini akan membuka pikiranmu bahwa masalah tersebut tidaklah seberat yang kamu pikir. Misalnya, saat bertengkar dengan pasangan, pasti ada banyak ego yang muncul.

Saat itu, masing-masing pihak bersikukuh dengan sudut pandang mereka. Itulah yang membuat pertengkaran kerap sulit mencapai perdamaian.

Itulah mengapa, ketika hati dan pikiran sudah lebih tenang, cobalah melihat dari sudut pandang orang lain. Kamu pasti akan menemukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu inilah yang harus kamu pahami sehingga bisa sama-sama menemukan solusi yang paling pas.

 

Sumber: kemenag.go.id, smkn1binuang.sch.id

Dapatkan artikel cara berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer