Sukses


Macam-Macam Peralatan Kantor yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Peralatan kantor merupakan fasilitas yang berguna dalam proses penyelesaian pekerjaan. Di kantor ada banyak perlengkapan dan peralatan kantor dengan fungsi yang berbeda-beda.

Hanya, banyak dari kita belum mengetahui secara detail apa itu perlengkapan dan peralatan kantor, jenis-jenis peralatan kantor, dan manfaat peralatan kantor.

Maka itu, pemahaman tentang perlengkapan dan peralatan kantor menjadi penting bagi setiap orang yang hendak bekerja di kantor atau bagi mereka yang punya bisnis yang menggunakan kantor sebagai tempat bekerja.

Alat kantor terbagi menjadi dua bagian, yaitu peralatan kantor dan perlengkapan kantor.

Yang dimaksud dengan peralatan kantor adalah segala peralatan atau benda yang tidak habis pakai dan terhitung menjadi aset perusahaan, seperti komputer, laptop, hingga perabotan kantor seperti meja, kursi dan lemari.

Sementara, perlengkapan kantor merupakan benda yang habis pakai. Barang yang masuk perlengkapan kantor biasanya memiliki bentuk yang cenderung kecil dan tujuannya untuk melengkapi keperluan perusahaan, seperti kertas, pulpen, pensil, dan penghapus atau biasa disebut dengan Alat Tulis Kantor (ATK).

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam peralatan kantor beserta fungsinya, dilansir dari lamanĀ Lalamove, Senin (29/5/2023)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Peralatan Kantor

Meja Kerja

Meja kerja merupakan furnitur dengan permukaan datar yang biasanya digunakan sebagai sarana utama saat bekerja. Meja kerja biasanya dilengkapi dengan laci untuk menyimpan berbagai dokumen.

Kursi Kerja

Biasanya, pekerja akan berada di kursi kerja mereka dalam waktu lama. Oleh karena itu, kursi kantor dibuat sebaik mungkin agar karyawan bisa nyaman selama bekerja di kantor. Kursi yang nyaman biasanya adalah kursi yang empuk.

Laptop

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang memiliki ukuran relatif kecil dan ringan. Biasanya laptop disediakan oleh kantor untuk memudahkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Peralatan Kantor

Setelah memahami tentang apa saja peralatan kantor, kamu juga perlu tahu jenis-jenis perlengkapan kantor dan fungsinya. Berikut jenis perlengkapan kantor dan fungsinya:

Alat tulis

Sesuai namanya, alat tulis kantor adalah barang yang dipakai untuk mengerjakan pekerjaan tulis-menulis. Yang termasuk alat tulis kantor adalah kertas, tinta, pensil, karet penghapus, hingga jepitan kertas.

Stopmap

Stopmap adalah kertas tempat menyimpan dokumen atau file. Tujuannya adalah saat dokumen diperlukan, file yang terdiri dari beberapa kertas kecil atau pun kertas besar tidak hilang atau tercecer.

Pelubang Kertas

Pelubang kertas atau yang biasa disebut dengan paper punch, termasuk kategori perlengkapan kantor. Alat ini dibutuhkan untuk melubangi file-file dokumen yang akan dimasukkan ke stopmap atau folder.

Ā 

Sumber:Ā Lalamove

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer