Sukses


Macam-Macam Keluhan yang Biasa Muncul saat Mencoba Berhenti Merokok dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Mencoba berhenti merokok adalah langkah besar dan mulia untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Namun, proses berhenti merokok tidak selalu mudah dan sering kali diiringi dengan berbagai keluhan dan tantangan.

Beberapa keluhan umum yang sering dialami saat mencoba berhenti merokok meliputi gejala fisik, seperti kecemasan, gelisah, sakit kepala, hingga meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, mungkin terjadi perubahan mood, iritabilitas, kesulitan berkonsentrasi, dan keinginan kuat untuk merokok kembali.

Perlu diingat, efek samping yang kamu rasakan hanyalah sementara dan akan segera berlalu seiring waktu. Nikotin umumnya akan hilang dari sistem tubuh dalam 1-10 hari sejak kamu berhenti merokok.  

Pada periode atau momen ini kamu akan merasakan beberapa efek samping seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Berikut macam-macam keluhan yang bisa muncul saat mencoba berhenti merokok dan cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Rabu (7/6/2023).

2 dari 4 halaman

Keluhan yang Biasa Muncul saat Mencoba Berhenti Merokok

1. Nyeri Kepala dan Mual 

Merokok dapat memengaruhi seluruh sistem dalam tubuh. Ketakberadaan nikotin dalam tubuh juga dapat menimbulkan nyeri kepala dan mual.

Untuk mengatasinya, mulailah berolahraga agar lebih banyak oksigen yang masuk ke tubuh. Kebiasaan sehat ini juga dapat meringankan rasa nyeri serta mual.

2. Rasa Kesemutan pada Tangan dan Kaki

Setelah berhenti merokok, peredaran darah akan membaik karena tidak ada lagi nikotin di dalam tubuh. Namun, kamu dapat merasakan rasa mirip kesemutan di ujung tangan dan kaki. Keluhan tersebut juga bisa diperbaiki dengan berolahraga.

3. Batuk dan Nyeri Tenggorokan

Setelah berhenti merokok, keluhan yang juga bisa terjadi adalah batuk dan nyeri tenggorokan. Keduanya mulai muncul karena saluran pernapasan berusaha mengeluarkan dahak dan benda asing akibat komponen tembakau.

Kamu bisa mengurangi gejala ini dengan mengunyah permen karet, atau mengisap permen pelega tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keluhan yang Biasa Muncul saat Mencoba Berhenti Merokok

4. Meningkatnya Nafsu Makan 

Sebagian orang mengganti rokok dengan makan lebih banyak karena berusaha menggantikan apa yang biasa dimasukkan ke mulut. Hal ini terjadi karena tubuh memiliki lebih banyak energi setelah berhenti merokok. Padahal, kombinasi keduanya bisa saja memicu kenaikan berat badan.

Untuk mencegah bobot tubuh melaju lebih tinggi, makanlah camilan sehat. Misalnya, potongan buah atau air perasan jeruk dan lemon agar terasa segar.

5. Rasa Ngidam Akan Nikotin

Ketika merokok, tubuhmu akan bergantung pada nikotin. Nah, saat sudah berhenti merokok, kamu akan merasakan ngidam yang teramat sangat di antara minggu kedua hingga keempat. 

Rasa ngidam yang kuat ini juga bisa dikurangi dengan permen karet atau pelega tenggorokan.

6. Mudah Tersinggung, Frustrasi, dan Marah

Setelah mencoba berhenti merokok, keluhan ini juga bisa kamu rasakan. Kamu mungkin akan mudah marah dan tersinggung. 

Hal ini wajar dirasakan karena tubuhmu sedang melakukan perubahan besar. Jiwa dan raga sedang berusaha melepas sesuatu yang selama ini menjadi bagian dari hari-harimu.

4 dari 4 halaman

Keluhan yang Biasa Muncul saat Mencoba Berhenti Merokok

7. Cemas, Depresi, dan Insomnia

Usai memutuskan berhenti merokok, dapat timbul rasa cemas dan depresi. Hal ini dipicu oleh hilangnya nikotin dalam tubuh.

Selain itu, kamu bisa mengalami insomnia atau kesulitan mempertahankan tidur di malam hari. Hal-hal ini dapat membuat frustrasi hingga kamu ingin kembali merokok lagi.

8. Konstipasi

Adanya nikotin dalam tubuh memengaruhi pergerakan usus kecil dan besar. Begitu juga ketika kamu berhenti merokok, pencernaanmu bisa ikut terpengaruh.

Pada umumnya, ketika kamu menghentikan rokok, akan terjadi konstipasi atau sulit buang air besar, sementara tubuh beradaptasi tanpa nikotin.

Untuk meminimalkan efek samping yang satu ini saat berhenti merokok, perbanyak minum air putih serta konsumsi buah dan sayuran.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 15/11/2022).

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer